Bantuan
Bantuan

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Belakang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

penyebab sakit pinggang belakang

Pernahkah Anda merasakan rasa sakit pinggang belakang? Kondisi ini merupakan keluhan yang umum terjadi pada banyak orang. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu apa penyebab sakit pinggang belakang ini bisa muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi sakit pinggang belakang. 

Penyebab Sakit Pinggang Belakang

Rasa sakit pada pinggang belakang merupakan salah satu masalah yang terjadi pada sistem muskuloskeletal. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya rasa nyeri pada bagian belakang punggung. Penyebab utama kondisi ini yaitu karena otot yang menegang. Akan tetapi, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan kondisi ini juga. Adapun penyebab sakit pinggang belakang di antaranya sebagai berikut. 

  1.  Sering membawa beban berat

Penyebab sakit pinggang belakang yang Anda alami bisa saja disebabkan karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan seperti membawa beban berat terlalu sering. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan otot-otot di dalam tubuh akan tertarik berlebihan sehingga menyebabkan cedera otot. Cedera otot inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada area pinggang belakang. 

  1. Kelebihan berat badan

Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebihan, mungkin saja hal tersebut yang menjadi rasa sakit pada pinggang belakang yang dirasakan. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tekanan pada persendian. Tidak hanya itu, kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan tekanan yang lebih besar pada tulang belakang bagian bawah. 

  1. Tidur yang kurang baik

Salah posisi saat hendak tidur merupakan penyebab rasa sakit pada pinggang belakang yang selanjutnya. Posisi tidur yang baik agar terhindar dari sakit pinggang yaitu telentang dengan punggung lurus di atas kasur. Setelah itu letakkan bantal pada bawah lutut agar ketegangan pada punggung dan leher dapat mereda. Selain itu, Anda juga bisa tidur dengan posisi telungkup untuk mengurangi rasa sakit. 

  1. Masalah pada ginjal

Rasa sakit yang Anda rasakan pada pinggang belakang mungkin saja tidak ada kaitannya dengan rangka manusia. Pasalnya, ginjal yang terletak pada kanan dan kiri tulang belakang juga bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang disebabkan oleh ginjal ini biasanya karena adanya batu ginjal. Pada awalnya, rasa sakit akan terasa pada punggung hingga lama kelamaan akan terasa juga di bagian pinggang. 

  1. Osteoarthritis

Penyebab sakit pinggang belakang yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu karena osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan salah satu jenis pengapuran sendi yang bisa menyebabkan sakit pada pinggang. Jika area tulang belakang Anda mengalami osteoarthritis, maka tulang belakang akan rawan rusak dan menyebabkan sarafnya menjadi iritasi. Kondisi inilah yang menimbulkan rasa nyeri pada area pinggang. 

Mengatasi Sakit Pinggang

Apabila rasa sakit pinggang belakang yang Anda rasakan masih tingkat yang ringan, sebaiknya untuk segera diatasi. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit pada pinggang belakang sebagai berikut.

  1. Kompres area yang sakit

Cara mengatasi sakit pinggang belakang yang bisa Anda lakukan pertama yaitu kompres area yang sakit. Namun sebaiknya gunakan kompres dingin jika ingin mengatasi rasa nyeri. Rasa dingin dari kompres dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. 

  1. Aktif berolahraga

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang belakang yang selanjutnya yaitu dengan aktif berolahraga. Cukup dengan berjalan kaki, maka postur tubuh kan menjadi lebih baik dan meregangkan otot-otot yang tegang. Akan tetapi, hindari berolahraga yang terlalu berat karena menyebabkan rasa sakit semakin parah. 

  1. Konsumsi obat-obatan

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang belakang yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan ini akan disesuaikan dengan penyebab dan gejala yang muncul. Oleh karena itu, untuk mendapatkan obat-obatan ini Anda harus berkonsultasi dengan dokter. 

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit pinggang belakang. Perlu diingat, apabila rasa sakit yang Anda rasakan sudah parah dan tidak kunjung hilang, maka segera untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga:  Mari Kenali Berbagai Kelainan Tulang Belakang yang Bisa Saja Anda Alami

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Martel, Janelle. 2019. What You Should Know About Low Back Pain. https://www.healthline.com/health/low-back-pain-acute

Harvard Health Publishing. 2020. Home remedies for low back pain. https://www.health.harvard.edu/pain/home-remedies-for-low-back-pain 

Vad, Vijay. 2020. 7 Ways to Relieve Back Pain Naturally. https://www.spine-health.com/blog/7-ways-relieve-back-pain-naturally 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang