Bantuan
Free Tele x

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 11 May 2021

Bagikan

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan beberapa hal. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting. Hampir segala kegiatan yang kita lakukan perlu menggunakan mata. Namun, karena terlalu sering digunakan, mata cukup mudah mengalami gangguan. Buktinya, pengguna kacamata kian bertambah. Apalagi, ketika pandemi seperti ini, makin banyak orang-orang yang bekerja di depan layar gadget yang tentu melelahkan mata. Simak tips berikut untuk menjaga mata kamu tetap sehat.


Gangguan pada Mata 

Saat menggunakan gadget, baik smart phone atau pun komputer, kamu perlu memfokuskan mata pada layar. Bila kamu terus-menerus menatap layar, contohnya ketika work from home, lama-kelamaan mata akan menjadi lelah. Mata yang kelelahan dapat ditandai dengan berbagai gejala, seperti mata terasa gatal, kering, pandangan ganda atau kabur, sakit kepala, atau sulit berkonsentrasi.


Mata yang lelah tentu dapat diobati dengan istirahat. Akan tetapi, bila mata kamu terus-menerus kelelahan dan kurang mendapat istirahat, mata dapat mengalami gangguan menetap pada mata, contohnya rabun dekat atau miopi. 


Miopi merupakan gangguan refraksi pada mata, artinya mata kesulitan untuk memfokuskan cahaya yang masuk. Pada miopi, bentuk mata berubah dari bulat menjadi lebih lonjong sehingga titik penangkap cahaya, yang diperankan retina, akan bergeser. Oleh karena itu, cahaya tidak jatuh tepat pada retina.


Bagian belakang mata merupakan otot. Oleh karena itu, sama seperti otot pada bagian tubuh lainnya, ketika digunakan berlebihan, otot dapat menjadi lelah. Pada mata, kelelahan otot berdampak pada perubahan panjang bola mata dan bisa menyebabkan miopi.


Tips Menjaga Mata tetap sehat

Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Makan makanan bergizi dan rutin berolahraga dapat membantu kesehatan mata. Mata juga mendapat manfaat dari nutrisi yang kamu konsumsi. Berolahraga juga menurunkan risiko berbagai penyakit yang dapat merusak mata pula, seperti diabetes. Meskipun kamu bekerja dari rumah, tetap luangkan waktu untuk berolahraga

.

Berhenti merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru dan jantung, melainkan pula pada hampir seluruh organ tubuh. Merokok meningkatkan risiko katarak dan berbagai macam penyakit pada mata lainnya.


Menggunakan kacamata hitam

Selain dapat merusak kulit, cahaya matahari juga dapat merusak mata. Radiasi dari sinar ultraviolet yang dipancarkan dari matahari tidak baik untuk mata. Oleh karena itu, penggunaan kacamata hitam cukup dianjurkan, sekalipun cuaca sedang berawan, bila kamu terpapar matahari secara langsung.


Menggunakan pelindung mata

Berbagai pelindung mata perlu digunakan untuk aktivitas ataupun pekerjaan yang dapat menimbulkan risiko infeksi pada mata. Contohnya ketika berenang, gunakan kacamata renang untuk melindungi mata kamu. Kamu tidak tahu apakah ada mikroorganisme berbahaya pada air. Selain berenang, bila kamu bekerja pada bidang konstruksi, gunakan pelindung mata agar terhindar dari serpihan yang dapat merusak mata.


Hindari Menyentuh Mata

Tangan kamu tidak selalu bersih. Tindakan mengusap mata dapat berbahaya jika tangan kamu kotor. Selain itu, bila kamu menggunakan lensa kontak, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasang atau melepasnya. Jangan lupa rutin mengganti lensa kontak sesuai anjuran.


Lakukan Teknik 20/20

Setiap 20 menit kamu memfokuskan mata atau menatap layar, lihatlah keluar jendela atau benda yang sekurang-kurangnya berjarak 6 meter selama 20 detik. Dengan melakukan teknik ini, mata memiliki waktu istirahat dan tidak mudah cepat lelah. Namun, istirahat bagi mata yang paling baik adalah tidur. Jadi, tetaplah tidur cukup demi kesehatan tubuh dan mata.


Baca Juga: Apakah Membaca dalam Kegelapan Benar Merusak Mata? 

Cukup sekian informasi dari tim Aido, semoga bermanfaat. Simak juga artikel kesehatan lainnya hanya di Aido.

Sumber diambil dari:

Sheppard AL, Wolffsohn JS. Digital eye strain: prevalence, measurement and amelioration. BMJ Open Ophthalmol. 2018;3(1):e000146. Published 2018 Apr 16. doi:10.

https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight

https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/keep-your-eyes-healthy

Bagikan artikel ini