Bantuan
Bantuan

Cara Mencuci dan Mengolah Jamur Enoki agar Bisa Mendapatkan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Feb 2022

Bagikan

Jamur Enoki

Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang cukup familiar dan sering dikonsumsi. Buat Anda yang suka makanan all you can eat seperti Korean grilled dan Japanese grilled pasti akan sering menjumpai jamur ini. Jamur enoki sering sekali dipadukan dengan daging sapi, seperti digulung dengan potongan daging tipis atau dimasak sebagai menu utama. Selain enak, mengonsumsi jamur enoki ada banyak manfaatnya, loh. 

Overview Jamur enoki

Jamur enoki juga dikenal sebagai jamur emas, jamur musim dingin, betis beludru, dan kaki beludru. Termasuk dalam spesies jamur Flammulina velutipes dengan nama umum enoki atau enokitake. Jamur ini berbuah selama Oktober sampai Mei dan merupakan bulan-bulan terdingin. Jamur ini memiliki tangkai yang panjang dengan beludru saat telah matang. Cenderung tumbuh di batang kayu keras atau pohon dan tersebar luas di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. 

Enak bukan satu-satunya alasan yang membuat spesies jamur ini menjadi yang paling populer dan banyak dibudidayakan di seluruh dunia, melainkan juga karena memiliki profil nutrisi yang luar biasa, tinggi protein, dan kaya serat sementara rendah kalori dan lemak.

Cara Mencuci Jamur enoki

Jamur enoki dapat dikonsumsi dengan cara dimasak atau bahkan dimakan mentah. Sebelum mengonsumsinya dengan olahan sup, hidangan, mie, tumis, atau salad, Anda perlu membersihkan jamur enoki terlebih dahulu. Anda tidak perlu mempersiapkan banyak hal saat mencucinya. Caranya, yaitu, pilih batang yang berubah warna dan berlendir, bilas dengan cepat di bawah air mengalir atau menyeka dengan kain lembap untuk membersihkan kotoran, kemudian potong batang kayu yang berada diujung jamur-jamur enoki tersebut. Mudah, bukan?

Cara Mengolah Jamur enoki

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menikmati jamur enoki. Rasanya yang relatif ringan dibandingkan dengan beberapa spesies jamur lain membuat mereka cocok dengan rasa yang kuat seperti bawang putih, capai, dan kecap. Jamur ini menjadi tambahan popular untuk sup dan saus juga karena teksturnya yang kenyal. Berikut beberapa ide cara mengolah jamur enoki:

  • Membuat tumisan jamur enoki dengan tambahan tahu atau protein lainnya.

  • Mengolah enoki menjadi sebuah pancake bisa menjadi cara kreatif dalam pengolahan jamur ini loh.

  • Tambahkan ke mie, nasi, atau cukup tumis dengan bawang putih dan bawang merah untuk lauk lezat yang cocok dengan apa saja.

  • Membuat sup diet dengan quinoa, ubi jalar, dan jamur enoki.

Manfaat Jamur enoki

Jamur enoki dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak membuat tubuh kita mendapatkan banyak manfaat pula saat mengonsumsi jamur tersebut. Vitamin B dan D merupakan dua di antara nutrisi yang terkandung dalam jamur ini. Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa jamur enoki memiliki antioksidan dalam jumlah tinggi yang berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, dan mengurangi tekanan oksidatif. Tekanan oksidatif ini berupa kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

  1. Menurunkan Gula Darah, Kolesterol, dan Hipertensi

Secara ilmiah, serat makanan, polisakarida, dan mycosterol yang menjadi komponen biologis aktif jamur enoki terbukti dapat menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Jamu Enoki yang kaya akan senyawa tersebut membuat mengonsumsinya dapat membantu mempercepat penguraian kolesterol, mengatur gula darah, dan meredakan hipertensi.

  1. Dapat Melawan Tumor dan Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari jamur enoki memiliki aktivitas antitumor dan telah mengurangi penyebaran sel kanker paru-paru, sel kanker perut, dan sel kanker payudara. Hal ini dikarenakan Jamur enoki memiliki senyawa fenolik, beta-glukan, dan glikoprotein yang berperan cukup besar sebagai antikanker dan antitumor.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi jamur enoki. Tentu saja masih banyak manfaat yang bisa didapatkan selain tiga poin di atas, yaitu, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya nutrisi yang didapatkan, jamur enoki juga mudah untuk diolah loh. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan apapun, yang terpenting adalah dengan menjaga kebersihannya. Selamat mencoba!

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Selain Lezat, Ternyata Jamur Shitake Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Saunders, N. 2021. Enoki Mushrooms: What Are They?. https://wayofleaf.com/supplements/mushrooms/enoki-mushrooms

Shields, T. 2019. THE COMPLETE GUIDE TO ENOKI MUSHROOMS. https://learn.freshcap.com/tips/enoki-mushrooms-health/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang