Bantuan

Kecil-Kecil Punya Segudang Khasiat, Ini Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Feb 2022

Bagikan

Kelengkeng

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan? Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang banyak disukai di Indonesia. Walaupun memiliki ukurang yang kecil, namun ternyata kelengkeng menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan Gizi Buah Kelengkeng

Mengapa buah kelengkeng yang kecil memiliki segudang khasiat? Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi yang berlimbah di dalam buah kelengkeng. Setidaknya di dalam 100 gram buah kelengkeng terdapat kandungan seperti berikut ini. 

  • Kalori: 66 kcal

  • Karbohidrat: 15,14 gram

  • Lemak: 0,10 gram

  • Serat: 1,10 gram

  • Protein: 1,31 gram

  • Vitamin C: 84 mg

  • Riboflavin: 0,14 g

  • Thiamin: 0,03 mg

  • Niacin: 0,3 mg

  • Zat besi: 0,13 mg

  • Zinc: 0,05 mg

  • Magnesium: 10 mg

  • Mangan: 0,05 mg

  • Potassium: 266 mg

  • Tembaga: 0,17 mg

  • Fosfor: 21 mg

Manfaat Buah Kelengkeng

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki kelengkeng, bukan hal mustahil lagi jika kelengkeng memiliki segudang manfaat. Lalu apa saja manfaat buah kelengkeng? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan yang pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan zat besi, fosfor, dan kalsium di dalam buah kelengkeng. Dalam sebuah penelitian  dijelaskan bahwa fosfor dapat meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang secara signifikan. Tidak hanya itu, kandungan buah kelengkeng yang lain juga dapat mencegah berbagai masalah pada tulang seperti osteoporosis. 

  1. Menjaga kesehatan otak

Ternyata buah kelengkeng juga dapat menjaga kesehatan otak salah satunya, yaitu mencegah penyakit Parkinson. Hal ini karena buah kelengkeng dapat melindungi otak dari kerusakan. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa kandungan polisakarida yang ada di buah kelengkeng dapat mengurangi kerusakan otak dan meningkatkan enzim antioksidan di dalam otak. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang dimiliki buah kelengkeng ternyata memiliki efek yang menyehatkan bagi katung. Hal ini karena vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri yang menyebabkan penyakit jantung. Bahkan para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah kelengkeng daripada suplemen vitamin C. 

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah kelengkeng yang selanjutnya, yaitu menjaga kesehatan mata. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan yang ada di dalam buah kelengkeng. Antioksidan tersebut mampu mengurangi peradangan, mencegah kerusakan mata serta menurunkan risiko penyakit mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak. 

  1. Menjaga berat badan

Bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal,  mungkin bisa menjadikan buah kelengkeng sebagai menu harian Anda. Pasalnya, buah kelengkeng hanya memiliki kandungan kalori yang rendah,  bahkan dalam 100 gram hanya terdapat 66 kcal. Tidak hanya rendah kalori, ternyata kandungan serat di dalam buah kelengkeng membantu Anda tetap kenyang lebih lama. Hal ini akan membantu Anda dalam mengurangi keinginan untuk makan berlebih. 

  1. Mengatasi insomnia

Buah kelengkeng ternyata juga dapat mengatasi insomnia dan stres. Bahkan mengonsumsi buah kelengkeng dianggap lebih baik daripada mengonsumsi obat insomnia. Cara kerja yang dari buah ini yaitu dengan menenangkan pikiran sehingga mampu membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Akan tetapi, manfaat yang satu ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. 

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah kelengkeng yang terakhir, yaitu dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini karena buah kelengkeng dapat mengurangi bintik hitam, bekas jerawat serta kerutan di kulit. Bahkan, para ahli percaya buah kelengkeng mampu membuat wajah menjadi terlihat lebih cerah. Hal ini berkat kandungan vitamin B, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menyehatkan kulit. 

Nah, itulah beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan. Namun perlu diperhatikan, buah kelengkeng mengandung gula cukup banyak jadi perlu diwaspadai bagi penderita diabetes yang dapat memperparah diabetes. Selain itu, bersihkan terlebih dahulu buah kelengkeng sebelum dikonsumsi agar bakteri dan kuman tidak masuk ke dalam tubuh. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ragam Manfaat Buah Salak yang Tidak Bisa Dilewatkan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Joseph, Michael. 2019. Longan Fruit 101: Nutrition Facts, Benefits, and Drawbacks. https://www.nutritionadvance.com/longan-fruit-nutrition-benefits/

Staughton, John. 2021. 15 Wonderful Benefits Of Longan Fruit. https://www.organicfacts.net/longan-fruit.html

WebMD. Health Benefits of Longan. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-longan

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang