Bingung Apa Saja Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

7 Cemilan Yang Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Sudahkah Anda tahu apa saja cemilan untuk penderita asam lambung? Bagi penderita asam lambung, tentu makanan yang hendak dikonsumsi harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Pasalnya, salah satu penyebab naiknya asam lambung yaitu karena makanan yang dikonsumsi. 

Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

Bagi Anda yang ingin ngemil tetapi khawatir asam lambung akan naik, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cemilan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Apa saja cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi tersebut? Mari temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Biji-Bijian

Cemilan untuk penderita asam lambung yang aman untuk dikonsumsi yang pertama yaitu biji-bijian. Jika Anda ingin menggunakan biji-bijian sebagai cemilan  asam lambung sebaiknya pilih biji-bijian utuh dengan kandungan serat yang tinggi. Beberapa biji-bijian yang baik untuk dijadikan cemilan yaitu beras merah, dan gandum utuh. Walaupun biji-bijian aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung, namun tetap tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. 

  1. Sayuran Hijau

Cemilan untuk penderita asam lambung yang bisa Anda konsumsi selanjutnya yaitu sayuran hijau. Pasalnya, di dalam sayuran hijau terdapat kandungan alkali yang sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan gula dan lemak yang rendah dalam sayuran hijau juga sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko munculnya gejala asam lambung. Beberapa contoh sayuran hijau yang cocok untuk dijadikan cemilan yaitu brokoli, timun, selada, kembang kol dan masih banyak lagi. 

  1. Buah-Buahan

Buah-buah merupakan makanan yang menyehatkan sehingga cocok untuk dijadikan cemilan bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Akan tetapi, tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah yang dapat dikonsumsi yaitu, melon, apel, semangka, dan pepaya. Beberapa buah tersebut memiliki tingkat keasaman yang rendah serta kandungan serat yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk buah yang sebaiknya dihindari yaitu tomat, jeruk, dan lemon. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

  1. Yogurt

Tidak hanya lezat dan menyegarkan, ternyata yogurt juga aman dikonsumsi sebagai cemilan untuk penderita  asam lambung. Hal ini karena, yogurt memiliki kandungan probiotik yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan dari sistem pencernaan.

Namun  sebaiknya Anda memilih yogurt yang polos tanpa kandungan gula serta perasa tambahan agar manfaat yang didapatkan menjadi lebih maksimal. Akan tetapi, mungkin beberapa dari Anda tidak toleran terhadap produk susu, maka sebaiknya cari alternatif lainnya. 

  1. Ubi Jalar

Di dalam ubi jalar terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Tidak hanya itu, ubi jalar juga merupakan sumber lemak anti inflamasi sehingga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Bahkan di dalam ubi jalar juga ditemukan kandungan antioksidan yang dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel yang merusak tubuh seperti sel kanker. Jadi, ubi jalar dapat menjadi cemilan yang baik bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. 

  1. Oatmeal

Makanan yang aman untuk dijadikan cemilan bagi penderita asam lambung yang selanjutnya yaitu oatmeal. Hal ini karena di dalam oatmeal terdapat kandungan serat yang cukup tinggi dan dipercaya efektif dalam mencegah munculnya gejala asam lambung ataupun mencegah memburuknya gejala asam lambung. Untuk mengonsumsi oatmeal, Anda bisa mencampurnya dengan beberapa buah-buahan yang aman dikonsumsi seperti pisang, apel atau pepaya. 

  1. Jahe 

Cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi terakhir yaitu jahe. Pasalnya jahe mampu meredakan gejala asam lambung yang sedang naik. Manfaat ini berkat kandungan anti inflamasi di dalam yang mampu mengatasi berbagai gangguan pada sistem pencernaan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati jahe ini salah satunya yaitu dengan mengolahkan menjadi wedang jahe ataupun memasukkannya ke dalam makanan. 

Demikianlah pembahasan mengenai cemilan untuk penderita asam lambung yang aman untuk dikonsumsi. Perlu diketahui, walaupun beberapa makanan yang telah dijelaskan di atas aman untuk dikonsumsi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Sebaiknya Anda mengonsumsi dalam seusia batas normal untuk menghindari berbagai efek samping yang tidak diinginkan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

 

Sumber:

1. Madell, Robin. 2021. Foods to Help Your Acid Reflux.

2. Everyday Health. 7 Low-Acid Foods to Add to Your Reflux Diet.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi