Bantuan
Bantuan

Baik untuk Kebugaran Tubuh, Ketahui Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Feb 2022

Bagikan

Senam Aerobic untuk Kesehatan

Mungkin banyak di antara Anda yang sudah tidak asing lagi dengan nama senam aerobik. Gerakannya yang mudah membuatnya menjadi populer, terutama bagi pemula. Tidak  hanya itu, manfaatnya yang dipercaya dapat menurunkan berat badan membuatnya menjadi lebih populer. 

Akan tetapi, manfaat dari senam aerobik tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Lalu apa saja manfaat lainnya dari senam aerobik? Simak beberapa manfaat dari senam aerobik di bawah ini. 

Baca juga: Kenali Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukan Senam Kegel Sederhana Pria

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat yang populer dari senam aerobik, yaitu menurunkan berat badan. Hal ini ditunjukkan dari studi yang dilakukan pada 141 partisipan. Dalam studi tersebut, partisipan mengalami pembakaran kalori sebanyak 400 hingga 600 kalori per sesi dalam 5 hari per minggu. Setelah 10 bulan didapatkan hasil penurunan berat badan mulai dari 4,3% hingga 5,6%.

  1. Meningkatkan suasana hati

Manfaat dari senam aerobik yang selanjutnya, yaitu dapat memperbaiki suasana hati. Hal ini karena, pada saat melakukan gerakan senam aerobik tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan suasana hati, yaitu endorfin. Selain itu, senam aerobik juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga membuat tidur menjadi lebih  nyenyak. Manfaat ini bahkan bisa Anda dapatkan dengan satu kali sesi olahraga

  1. Mencegah kanker

Mencegah kanker merupakan salah satu manfaat dari senam aerobik yang bisa Anda dapatkan. Hal ini karena, orang yang sering melakukan kegiatan fisik selama 30 hingga 60 menit sehari dapat menurunkan risiko kanker hingga 40%. Bahkan senam aerobik jua dapat mengobati kanker. Hal ini ditunjukkan dari studi yang dilakukan pada pasien kanker yang mengalami pengurangan kelelahan setelah melakukan senam aerobik

  1.  Mengatur kolesterol 

Senam aerobik juga bermanfaat dalam mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tidak terkontrol merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit kronis. Dalam hal ini, senam aerobik bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada pembuluh darah. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. 

  1. Mengontrol gula darah

Selain dapat mengontrol kolesterol, senam aerobik juga bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini karena tubuh yang rutin melakukan aktivitas fisik akan dapat mengontrol kadar insulin dan menurunkan gula darah. Dalam jangka panjang,  hal ini dapat mencegah munculnya berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas hingga kanker. 

  1. Mencegah pikun

Senam aerobik juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya pikun. Pasalnya senam aerobik dapat meningkatkan kesehatan mental. Tidak hanya itu, senam aerobik juga telah terbukti dapat meminimalkan terjadinya penurunan kemampuan  kognitif yang menyebabkan pikun pada lansia. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari senam aerobik yang selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena rutin berolahraga  dapat membantu meningkatkan imunoglobulin atau antibodi dalam  darah. Peningkatan ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, maka Anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. 

  1. Menurunkan risiko kematian dini

Ternyata senam aerobik juga bermanfaat dalam menurunkan risiko kematian dini. Hal ini dijelaskan dapat sebuah penelitian bahwa orang yang aktif dalam berolahraga memiliki harapan hidup yang lebih lama. Tidak hanya itu, risiko kematian dini pun menjadi lebih rendah akibat terhindar dari penyakit serius seperti penyakit kanker atau penyakit jantung. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi Anda yang menderita insomnia, mungkin bisa mencoba melakukan senam aerobik. Pasalnya senam aerobik bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur. Anda cukup berolahraga baik di pagi hari atau di malam hari minimal 2 jam sebelum Anda bersiap untuk tidur.

  1. Meningkatkan stamina

Manfaaat terakhir dari senam aerobik, yaitu dapat meningkatkan stamina. Pada saat Anda melakukan senam aerobik pada awalnya akan terasa melelahkan. Akan tetapi, apabila telah dilakukan dengan rutin, maka stamina Anda akan meningkat dan membuat Anda menjadi tidak mudah lelah. 

Nah, itulah beberapa manfaat aerobik yang  bisa Anda dapatkan jika rutin melakukannya. Apabila Anda masih pemula, cukup lakukan dengan intensitas ringan terlebih dahulu. Ketika telah mulai biasa, Anda bisa meningkatkan intensitasnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Jangan Males, Ini Macam-Macam Senam Lantai yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah di Rumah

Referensi

Marcin, Ashley. 2020. What Are the Benefits of Aerobic Exercise?. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-aerobic-exercise#benefits

Cleveland Clinic. 2019. Aerobic Exercise. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7050-aerobic-exercise

Mayo Clinic. 2020. Aerobic exercise: Top 10 reasons to get physical. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/aerobic-exercise/art-20045541

Bagikan artikel ini