Jangan Males, Ini Macam-Macam Senam Lantai yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah di Rumah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Jangan Males, Ini Macam-Macam Senam Lantai yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah di Rumah

Senam lantai merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat. Sejak dini, masing-masing dari kita tentu sudah diajarkan tentang macam-macam senam lantai, terutama ketika pelajaran pendidikan jasmani. Meskipun begitu, karena sudah lama tidak dipraktikkan, banyak dari kita yang lupa mengenai apa saja macam-macam senam lantai ini, dan bagaimana cara melakukannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini adalah penjelasan macam-macam senam lantai yang bisa Anda coba di rumah. Namun sebelum itu, agar lebih semangat lagi dalam melakukan olahraga yang satu ini, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu manfaat senam lantai berikut ini. 

Manfaat Senam Lantai

Selain menyenangkan, mempraktikkan macam-macam senam lantai ternyata dapat mendatangkan banyak dampak positif bagi kesehatan Anda. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin melakukan macam-macam senam lantai adalah sebagai berikut. 

  1. Menyehatkan dan menguatkan tulang 

Mendapatkan tulang yang kuat dan sehat tentu merupakan impian semua orang. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba melakukan senam lantai demi mendapatkan tulang yang lebih sehat dan kuat. Dengan melakukan senam yang satu ini, kepadatan tulang dapat meningkat, kapasitasnya pun akan menyentuh angka maksimal. Pada akhirnya, Anda akan terhindar dari risiko osteoporosis di masa tua nanti. 

  1. Membakar lemak

Sebagai salah satu jenis olahraga, tentu tidak mengherankan jika senam lantai dapat mendatangkan manfaat dalam hubungannya dengan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Dengan rutin melakukan senam lantai, lemak dalam tubuh Anda akan berkurang.

  1. Meningkatkan fleksibilitas dan menguatkan otot

Selain kedua hal sebelumnya, senam lantai juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, serta menguatkan otot. Dengan melakukan senam lantai ini, otot Anda perlahan akan menjadi lebih kencang dan lentur, yang pada akhirnya akan membuat Anda terhindar dari risiko cedera. 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ingin mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat selama masa pandemi? Cobalah untuk melakukan senam lantai secara teratur. Efek meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan senam lantai ini pada dasarnya sama dengan ketika Anda melakukan latihan kardio. 

 

Baca Juga: Penting Dilakukan Sebelum Olahraga, Ini Gerakan dan Manfaat Pemanasan Yang Perlu Anda Ketahui

 

Macam macam Senam Lantai

  1. Plank

Jenis senam lantai yang pertama yaitu plank yang termasuk ke dalam latihan kekuatan. Plank ini dapat memberikan manfaat seperti memperbaiki otot tubuh, meratakan perut dan memperkuat otot. Gerakan plank sangatlah mudah, namun sulit untuk menahannya dalam waktu yang lama. Cara melakukan plank yaitu dengan berbaring menghadap bawah di matras atau lantai. Setelah itu, letakan siku Anda di matras atau lantai dengan pergelangan tangan lurus ke depan. Pastikan posisi kaki lurus ke belakang dengan ujung kaki sebagai tumpuan. 

  1. Push up

Jenis senam lantai yang selanjutnya yaitu push up yang bertujuan untuk memperkuat otot tubuh bagian atas. Tidak hanya itu, push up juga dapat membantu Anda dapat mengurangi berat badan. Cara melakukan gerakan ini yaitu memposisikan tubuh menghadap lantai dengan bertumpu pada kaki dan tangan. Lebarkan telapak tangan selebar bahu dan kaki berdekatan serta punggung harus dalam keadaan lurus. Setelah itu, mulai turunkan tubuh dengan menekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian angkat kembali tubuh ke posisi awal. 

  1. Bridge

Bridge merupakan salah satu dari macam-macam senam lantai yang bisa Anda lakukan untuk tujuan meningkatkan kelenturan tubuh. Gerakan yang satu ini cukup mudah yaitu, membentuk posisi tubuh seperti jembatan. Pertama-tama Anda harus berbaring telentang dengan posisi lutut ditekuk. Anda juga perlu meletakkan lengan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap lantai. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 15 kali atau semampu Anda. 

  1. Sikap lilin

Jenis senam lantai yang terakhir yaitu sikap lilin atau shoulder stand. Gerakan ini memiliki manfaat dalam menjaga keseimbangan hormon, pernapasan, menguatkan jantung dan juga mengurangi varises. Cara melakukannya yaitu dengan  berbaring telentang di atas matras. Setelah itu, angkatlah kaki dan pinggul secara perlahan ke atas. Selain itu, Anda perlu meletakkan telapak tangan di belakang punggung agar bisa menopang tubuh Anda. 

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam senam lilin serta manfaatnya. Setelah mengetahui hal tersebut, pastikan Anda tidak lupa untuk mempraktekkannya di rumah. Anda juga bisa mengajak keluarga untuk melakukannya bersama-sama. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga:  Bagaimana cara menghitung denyut nadi setelah olahraga?

 

Sumber:

Khushboo Jagran. 10 Types Of Floor Exercises And Their Benefits For The Perfect You. 

Saanvi. 2021. 18 Different Floor Exercises Names List and Its Benefits.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi