Bantuan

Bagaimana Mencegah Naiknya Asam Lambung Saat Puasa? Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Apr 2022

Bagikan

cara mengatasi asam lambung naik

Apakah Anda tahu bagaimana cara mencegah naiknya asam lambung saat puasa? Asam lambung naik saat puasa merupakan hal yang tidak diinginkan siapa pun. Bagaimana tidak, saat asam lambung naik hingga ke kerongkongan akan menimbulkan beberapa gejala yang mengganggu puasa seperti nyeri dada, mual dan muntah serta pusing. Oleh karena itu, tidak jarang orang dengan masalah asam lambung khawatir saat puasa.

Sebenarnya, Anda bisa menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan aman walaupun memiliki masalah asam lambung. Caranya yaitu dengan menerapkan beberapa cara mencegah naiknya asam lambung saat puasa. Lantas apa saja cara mencegah naiknya asam lambung saat puasa tersebut? Mari ketahui jawabnya melalui penjelasan yang ada di bawah ini. 

Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung Saat Puasa

  1. Tidak melewatkan sahur

Cara mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan saat puasa yang pertama yaitu tidak melewatkan waktu sahur. Meskipun beberapa dari Anda mungkin sulit harus bangun di pagi buta untuk makan, namun sahur tetap perlu dilakukan. Pasalnya, jika Anda melewatkan sahur maka tidak ada bekal energi untuk Anda beraktivitas sehari-hari. Ditambah lagi, tidak sahur akan membuat perut benar-benar kosong di siang hari sehingga memicu naiknya asam lambung. 

  1. Jaga porsi makan

Walaupun merasa lapar karena berpuasa dari pagi hingga petang, tidak seharusnya Anda makan berlebih saat berbuka. Hal ini merupakan salah satu tindakan yang tidak benar. Pasalnya, makan dengan porsi yang berlebih hanya akan membuat sistem pencernaan terbebani sehingga memicu naiknya asam lambung. Sebaiknya Anda makan dalam porsi yang kecil saja, agar pencernaan tidak kaget. Jika Anda masih lapar, maka bisa makan beberapa saat lagi. 

  1. Kunyah makanan hingga lembut

Tidak hanya menjaga porsi makan, kecepatan Anda makan pun sebaiknya diperhatikan. Hal ini karena,  makan dengan cepat akan memicu naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk makan dengan perlahan dan pastikan mengunyah makanan hingga lembut. Makanan yang lembut akan membuat enzim pencernaan lebih mudah mencerna makanan tersebut sehingga mengurangi risiko naiknya asam lambung. 

  1. Atur waktu makan

Mengatur waktu makan merupakan salah satu cara yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari naiknya asam lambung saat puasa. Pastikan, Anda tidak makan mendekati waktu tidur. Setidaknya Anda memberi jarak 2-3 jam antar waktu makan dengan tidur. Pasalnya, jika waktu makan dan tidur terlalu dekat, maka bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

  1. Hindari makanan pemicu

Cara mencegah naiknya asam lambung saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu menghindari beberapa makanan pemicunya. Makanan yang sebaiknya Anda hindari yaitu makanan pedas, berminyak dan juga asam. Makanan-makanan ini sangat mudah ditemukan saat berbuka puasa seperti gorengan dan cocolan sambal. Jadi, Anda harus bisa menahan agar tidak memakannya terlebih dahulu agar terhindar dari naiknya asam lambung. 

  1. Berhenti merokok

Tahukah Anda, ternyata rokok tidak hanya membahayakan kesehatan paru-paru. Rokok juga dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindar dari masalah asam lambung selama puasa, sebaiknya hindari rokok terlebih dahulu. Jika Anda tetap ingin merokok, sebaiknya kuantitasnya dikurangi dan hisaplah jika sudah makan. Namun, alangkah lebih baik jika Anda berhenti merokok. 

  1. Gunakan pakaian yang longgar

Salah satu penyebab naiknya asam lambung yaitu pakaian yang ketat. Pasalnya, pakaian yang ketat akan membuat bagian perut tertekan sehingga asam lambung bisa naik. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan pakaian-pakaian yang longgar. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai cara mencegah naiknya asam lambung saat puasa yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki masalah asam lambung yang cukup serius, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tanpa Perlu Batal, Ini Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa yang Mudah dan Efektif

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kerr, Michael. 2018. How to Prevent Acid Reflux and Heartburn. https://www.healthline.com/health/gerd/preventing-heartburn

Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940 

Thompson, Dennis. 2016. 10 Ways to Prevent GERD. https://www.everydayhealth.com/gerd/preventing.aspx

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang