Bantuan
Free Tele x

Gunakan Obat untuk Tenggorokan Gatal ini agar Kembali Lega

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Apr 2022

Bagikan

obat untuk tenggorokan gatal

Apakah Anda sedang mencari obat untuk tenggorokan gatal? Pada dasarnya, gatal tenggorokan ini tidaklah berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Akan tetapi, rasa gatal pada tenggorokan ini menimbulkan perasaan tidak nyaman membuat. Oleh karena itu, tenggorokan gatal perlu segera ditangani. 

Ada banyak penyebab mengapa tenggorokan terasa gatal diantaranya yaitu sakit tenggorokan, alergi, iritasi polutan hingga penyakit asam lambung. Dengan mengetahui penyebab pasti Anda merasakan gatal tenggorakan, maka mengatasinya pun dapat dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

Obat untuk Tenggorokan Gatal

Apabila rasa gatal tenggorokan yang Anda rasakan masih tergolong ringan, maka Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah. Adapun beberapa obat-obatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi tenggorokan gatal di rumah yaitu sebagai berikut. 

  1. Air putih

Obat untuk tenggorokan gatal yang bisa Anda gunakan pertama adalah air putih. Walaupun sangat sederhana, air putih ini cukup efektif untuk mengatasi tenggorokan gatal. Pasalnya, salah satu penyebab tenggorokan gatal yaitu kekurangan cairan atau dehidrasi. Jadi, untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Oleh karena itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan harian sebanyak 7-8 gelas. 

  1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum, madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mengatasi gatal pada tenggorokan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi madu sebanyak satu sendok makan setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan ke dalam minuman seperti teh hangat. 

  1. Garam

Obat yang satu ini berasal dari bahan alami yang sangat mudah didapatkan, dan mungkin sudah ada di dapur Anda. Garam dipercaya memiliki banyak kandungan yang mampu mengatasi gatal pada tenggorokan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan setengah sendok garam dengan segelas air. Setelah itu, gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur dan jangan di telan. 

  1. Kunyit

Rempah yang sering digunakan untuk menyedapkan makanan ini, ternyata bisa menjadi obat untuk mengatasi tenggorokan gatal. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menambahkan ke dalam secangkir susu. Pertama-tama panaskan terlebih dahulu susu, lalu masukkan  satu sendok kunyit bubuk atau kunyit segar. Setelah itu, tunggu hingga dingin lalu minumlah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsinya setiap malam sebelum tidur. 

  1. Jahe 

Tidak hanya kunyit, rempah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati tenggorokan lainya yaitu jahe. Sensasi panas yang diberikan jahe mampu membuat tenggorokan terasa lebih lega. Cara mengonsumsinya bisa dibuat menjadi berbagai minuman seperti wedang jahe. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan jahe dengan madu dan lemon untuk mengatasi gatal tenggorokan. 

  1. Antihistamin

Tidak hanya obat dari bahan alami, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan medis salah satunya yaitu antihistamin. Obat yang satu ini kerap digunakan untuk mengatasi gatal tenggorokan yang disebabkan oleh alergi. Cara kerja dari obat ini yaitu dengan menghentikan proses peradangan yang terjadi di dalam tubuh dengan begitu reaksi alergi  yang terjadi akan mereda dan gatal pun hilang.

  1. Dekongestan

Obat tenggorokan gatal yang terakhir yaitu dekongestan. Obat yang satu ini digunakan untuk mengatasi berbagai gejala seperti pilek, flu hingga tenggorokan gatal. Cara kerja dari obat yang satu ini yaitu dengan mengurangi pembengkakan yang terjadi di jalur pernapasan. Dengan begitu, aliran udara akan kembali menjadi lancar sehingga tenggorokan gatal dapat mereda. 

Beberapa obat-obatan di atas, mungkin bisa Anda gunakan jika tenggorokan gatal yang dirasakan masih ringan dan tidak disertai gejala lainnya. Namun, jika tenggorokan gatal yang Anda rasakan disertai gejala seperti sakit saat menelan, sulit bernapas dan napas berbunyi, sebaiknya segera menghubungi dokter. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai obat untuk tenggorokan gatal yang bisa Anda gunakan. Agar Anda terhindar dari tenggorokan gatal ini, lakukan pola hidup sehat seperti mengonsumsi  makanan bergizi, mencukupi cairan tubuh dan menghindari rokok.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Gunakan Obat Luka Tradisional Ini agar Cepat Sembuh

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Fletcher, Jenna. 2018. Everything you need to know about itchy throat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317066#home-remedies

Frothingham, Scott. 2018. Itchy Throat Remedy. https://www.healthline.com/health/itchy-throat-remedy#treatment 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami