Bantuan
Bantuan

Apakah Suntik Putih Benar-Benar Efektif? Ketahui Manfaat dan Bahayanya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jan 2022

Bagikan

Apakah Suntik Putih Benar-Benar Efektif? Ketahui Manfaat dan Bahayanya di Sini

Sejumlah wanita mengambil langkah suntik putih demi mendapat kulit putih dan bersih. Dengan cara ini, wanita merasa lebih puas karena dapat memutihkan kulit secara cepat dan instan dibandingkan dengan beberapa cara lainnya. Namun apakah suntik putih benar-benar efektif? Mari cari tahu manfaat dan bahayanya melalui pembahasan di bawah ini.

Baca Juga: Fakta Seputar Infus Whitening, Amankah untuk Kesehatan?

Apa Itu Suntik Putih?

Suntik putih merupakan suatu langkah perawatan kulit dengan cara memasukkan cairan glutathione, kolagen, vitamin C, dan bahan lainnya ke dalam kulit. Kombinasi larutan ini cenderung tidak menimbulkan warna namun beberapa di antaranya memiliki sedikit warna kekuningan.

Efektivitas Suntik Putih dan Manfaatnya

Suntik putih terbilang efektif untuk memutihkan kulit dengan cepat, akan tetapi jika tidak dilakukan secara rutin dan teratur, kulit dapat kembali ke warna aslinya. Selain itu kandungan vitamin C yang disuntikan ke dalam tubuh harus sesuai dosis yang tepat untuk mendapat hasil maksimal. Adapun beberapa manfaat suntik putih yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Baca Juga: Seluk Beluk Infus Vitamin C yang Perlu diketahui

  1.  Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam metode suntik putih mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga dipercaya efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, mengurangi tanda penuaan, mencerahkan kulit hingga memperbaiki tekstur kulit. Untuk mendapat hasil yang maksimal, vitamin C yang disuntikkan harus teratur dan sesuai dosis yang ditentukan. 

  1.  Membantu Pembentukan Kolagen

Suntik putih bermanfaat untuk pembentukan kolagen dan memperbaiki jaringan tubuh. Kolagen merupakan protein yang cukup berperan penting dalam menunjang kekuatan struktur jaringan tubuh seperti otot, jaringan ikat, kulit, tendon, dan tulang. Kekurangan kolagen di dalam tubuh dapat menyebabkan kuli kusam, kering, dan cepat menua.

  1.  Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Manfaat suntik putih selanjutnya adalah mengatasi kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C di dalam tubuh dapat menyebabkan gusi berdarah, nyeri sendi, mudah lelah, luka sulit sembuh, memar, dan bintik-bintik kemerahan. Suntik putih bisa diberikan kepada penderita yang kekurangan vitamin C akibat kanker, batuk rejan, pneumonia, tuberkulosis, dan lainnya.

  1.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Suntik putih sudah umum dilakukan, salah satunya untuk memperkuat daya tahan tubuh. Faktanya kandungan vitamin C di dalamnya memberi peran besar dalam menjaga kekuatan imun tubuh serta menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit. Walaupun sebetulnya vitamin C bisa Anda dapatkan dari suplemen vitamin C.

Bahaya Suntik Putih Bagi Tubuh

Meski banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari suntik putih, bahan glutathione yang tercampur di dalamnya memiliki sejumlah bahaya yang perlu Anda pertimbangkan. Terlebih jika digunakan secara berlebihan atau tidak sesuai dengan prosedur. Berikut beberapa bahaya suntik putih di antaranya:

  1.  Gangguan Hati dan Ginjal 

Suntik putih dapat mengakibatkan gangguan fungsi hati dan ginjal. Hal ini dibenarkan oleh seorang dokter kulit dari Rumah Sakit Kuala Lumpur yaitu dr. Azura Moh Affandi menjelaskan suntik putih yang dilakukan secara berkelanjutan ke dalam tubuh bisa mengakibatkan hati berhenti memproduksi zat secara alami karena kandungan glutathione di dalamnya.

  1.  Penyakit Menular

Suntik putih dapat menyebabkan penyakit menular jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat dan aman. Maka dari itu sebelum Anda memutuskan metode ini, sebaiknya mengetahui latar belakang tempat praktik terlebih dahulu agar aman dari penyakit menular. Sebab banyak tempat kecantikan yang tidak ahli dan tidak menggunakan peralatan yang steril.

  1.  Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Risiko paling buruk dari suntik putih ialah dapat menyebabkan kematian, bisa Anda lihat dari beberapa kasus yang terjadi di luar bahkan di dalam negeri seseorang meninggal karena suntik putih. Hal ini dikarenakan penggunaan glutathione yang tidak tepat sehingga menimbulkan emboli masuk ke pembuluh darah dan arteri yang mampu mengakibatkan sesak napas.

Suntik putih memang dapat memutihkan kulit secara cepat dan instan. Selain itu sejumlah manfaat bisa Anda rasakan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Namun perlu Anda pertimbangkan beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan jika digunakan secara berlebihan dan dengan cara yang tidak aman.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Kukreja, Kushneet. What is Glutathione Injections: Benefits, Cost And Side Effects. 2020. Available at: https://www.olivaclinic.com/blog/side-effects-glutathione-injection-skin-whitening/ (Accessed: 30 Desember 2021).
  2. Ahmed, Zafar. 11 Side Effects Of Skin Whitening Injections You Need to Know. 2021. Available at: https://oladoc.com/health-zone/side-effects-of-skin-whitening-injections/ (Accessed: 30 Desember 2021).
Bagikan artikel ini