Bantuan

Fakta Seputar Infus Whitening, Amankah untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Mengetahui Fakta Seputar Infus Whitening

Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah infus whitening. Dalam hal ini, infus whitening kerap dipilih sebagai salah satu prosedur yang perlu dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih cerah tanpa harus melakukan prosedur pembedahan. 

Apabila Anda termasuk salah satu pihak yang juga sedang mencari tahu mengenai infus whitening ini, berikut adalah beberapa fakta mengenainya yang perlu Anda ketahui.

Fakta mengenai infus whitening

  1. Cara kerja

Infus whitening pada dasarnya bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase dalam membentuk melanosit, di mana melanosit dalam hal ini adalah pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Apabila melanosit atau melanin ini terkena cahaya matahari, maka kulit akan tampak lebih gelap. Dengan infus whitening ini, enzim tirosinase akan terhambat dalam memproduksi pigmen tersebut. 

  1. Komposisi

Terdapat beberapa komposisi yang terkandung dalam cairan infus whitening itu sendiri. Adapun komposisinya di antaranya adalah vitamin C, kolagen, dan juga glutation. Vitamin C dalam hal ini akan membantu membuat kulit lebih cerah dan terhindar dari kerutan. Kolagen berfungsi membuat kulit lebih elastis, sedangkan glutation dapat menghambat produksi melanin serta melindungi kulit dari radikal bebas. Selain ketiga komposisi tersebut, cairan infus whitening juga dapat dicampurkan dengan beberapa zat lainnya. 

  1. Tidak permanen

Satu hal terpenting yang perlu diketahui sebelum menjalankan prosedur ini adalah bahwa hasil dari infus whitening tidaklah permanen. Mengapa demikian? Hal ini karena tubuh pada dasarnya selalu memproduksi zat pewarna kulit. Selama itu pula, zat pewarna kulit ini akan terus terkena matahari dan pada akhirnya menggumpal pada bagian bawah kulit. Untuk itu, perawatan infus whitening ini tidak serta merta dapat memutihkan secara instan dan permanen, melainkan harus secara bertahap dan membutuhkan beberapa kali perawatan secara rutin. 

  1. Berbeda dengan suntik whitening

Perawatan infus whitening kerap kali disamakan dengan suntik whitening karena penyebutannya yang terdengar mirip. Meskipun begitu, kedua hal ini sejatinya adalah dua hal yang berbeda, di mana pada infus whitening, dosis yang diberikan terbilang cukup besar dan diberikan secara berkala. Adapun pada suntik whitening, pemberian dosis hanya dilakukan satu kali saja, dengan kandungan komposisi berupa vitamin C serta kolagen. 

  1. Manfaat

Walaupun dinamai infus whitening, namun manfaatnya tidak hanya dapat mencerahkan kulit. Dengan berbagai kandungan di dalamnya, infus whitening dapat bermanfaat untuk keseluruhan tubuh. Berikut ini manfaat dari infus whitening yang perlu Anda ketahui. 

  • Menangkal radikal bebas. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dalam vitamin yang dapat mencegah berbagai penyakit. 

  • Menghilangkan jerawat.  kandungan senyawa BHA bisa mengecilkan pori-pori serta mengatasi kulit berminyak dan jerawat. 

  • Melindungi kulit dari sinar UV.  Kandungan vitamin C dapat melindungi berbagai masalah kulit yang disebabkan sinar UV.  

  • Mencegah penuaan dini.  Kandungan kolagen dan vitamin C dapat membuat kulit menjadi elastis dan menjaganya tetap sehat. 

  • Mencerahkan kulit.  Kandungan glutation dapat membuat kulit menjadi putih, bersih dan halus. 

  1. Efek samping

Selain bermanfaat, tentunya setiap tindakan medis memiliki kemungkinan munculnya efek samping tidak terkecuali infus whitening. Beberapa kemungkinan efek samping yang muncul yaitu alergi, sakit kepala, shock anafilaktik, diare, gangguan ginjal, gangguan tidur, hingga gangguan penyerapan zat tertentu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan skin test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda memiliki reaksi terhadap kandungan di dalam infus whitening atau tidak.

Baca Juga: Seluk Beluk Infus Vitamin C yang Perlu diketahui

  1. Izin BPOM

Perawatan menggunakan infus whitening sejatinya bisa Anda peroleh di berbagai kecantikan dan akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman. Adapun soal izin dari BPOM-nya sendiri, saat ini sudah banyak berbagai alternatif yang telah mengantongi izin BPOM. Namun, sebagian lagi belum terdaftar BPOM. Biasanya, yang telah terdaftar BPOM dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal. Pada akhirnya, Anda tetap harus lebih berhati-hati dan waspada dalam memilih tempat perawatan. 

Nah, itulah beberapa informasi dari fakta seputar infus whitening. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Sebelum Anda memutuskan untuk memperoleh infus whitening, ada baiknya Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu untuk mengantisipasi reaksi yang mungkin timbul. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Jenis Cairan Infus Beserta Fungsinya!

 

Sumber:

Seoul Guide Medical. Whitening Injection in Korea: Quick Facts Towards Snow White and Glowing Skin

FDA. Injectable Skin Lightening and Skin Bleaching Products May Be Unsafe.

Bagikan artikel ini