Bantuan
Bantuan

Apa Saja Jenis Vitamin Yang Larut Dalam Air?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Jenis Vitamin Yang Larut Dalam Air?

Tahukah Anda ternyata vitamin dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Namun, sebagian besar vitamin termasuk kedalam jenis vitamin larut dalam air. Vitamin yang larut dalam air ini merupakan vitamin yang tidak akan disimpan dalam tubuh, ketika setelah diproses dan diserap akan dikeluarkan kembali melalui urine. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin larut dalam air harus dipenuhi setiap harinya. 

Lantas, apa saja vitamin yang larut dalam air tersebut? Simak terus penjelasan berikut.

  1. Thiamine atau Vitamin B1

Vitamin larut dalam air yang pertama yaitu vitamin B1 yang berfungsi sebagai koenzim. Koenzim itu sendiri merupakan senyawa yang akan membantu enzim untuk memacu reaksi kimia, seperti membantu mengubah nutrisi menjadi energi. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan sindrom Wernicke-Korsakoff. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan vitamin B1 dengan mengonsumsi biji-bijian dan juga sereal gandum. 

  1. Riboflavin atau Vitamin B2

Vitamin larut dalam air yang selanjutnya yaitu vitamin B2 yang memiliki fungsi mirip dengan vitamin B1. Akan tetapi, vitamin B2 memiliki fungsi lainnya yaitu mengubah triptofan menjadi vitamin B3. kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan munculnya gejala seperti anemia, lidah meradang dan sakit tenggorokan. Anda dapat memenuhi asupan vitamin B2 dari produk susu, kacang polong, kacang almon, dan juga daging. 

  1. Niacin atau Vitamin B3

Vitamin B3 juga memiliki fungsi sebagai koenzim untuk mengubah nutrisi menjadi energi. Akan tetapi, vitamin B3 juga berperan sebagai antioksidan. Tidak hanya itu, vitamin B3 juga membantu proses metabolisme ekstraksi glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin B3 dari kacang tanah, ikan, telur, produk susu, dan biji bunga matahari. 

  1. Pantothenic Acid atau Vitamin B5

Vitamin larut dalam air yang selanjutnya yaitu vitamin B5 yang memiliki peran penting dalam metabolisme. Vitamin B5 ini sangat diperlukan untuk pembentukan sintesis asam lemak, pembentukan koenzim, asam amino dan lainnya. Anda bisa menemukan vitamin B5 dari jamur, biji-bijian dan juga sayur-sayuran. 

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 juga memiliki fungsi sebagai koenzim. Fungsi lainnya dari vitamin B6 adalah membantu terbentuknya sel darah putih. Anda bisa mendapatkan vitamin B6 dari ikan salmon dan juga kacang pistachio. Namun Anda juga bisa menemukan vitamin B6 dalam buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran atau suplemen. 

  1. Biotin atau Vitamin B7

Vitamin larut dalam air yang selanjutnya yaitu vitamin B7 yang berfungsi sebagai koenzim. Akan tetapi, vitamin B7 juga memiliki fungsi lainnya seperti menjaga kesehatan rambut, kesehatan kulit dan juga kesehatan kuku. Untuk mendapatkan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi daging, jamur, kuning telur dan juga kacang-kacangan. 

  1. Vitamin B9

Sama seperti sebagian besar vitamin lainnya, vitamin B9 juga berfungsi sebagai koenzim. Namun vitamin B9 juga memiliki fungsi lainnya seperti membantu pertumbuhan, metabolisme tubuh dan juga formasi DNA. apabila wanita hamil mengalami kekurangan vitamin B9, maka meningkatkan risiko cacat lahir. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9, Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau dan juga kacang-kacangan. 

  1. Vitamin B12

Vitamin yang larut dalam air selanjutnya yaitu vitamin B12. vitamin B12 ini memiliki fungsi seperti membantu proses metabolisme, menjaga fungsi neurologis dan juga membantu pembentukan sel darah merah. Sebagian besar vitamin B12 ini bisa Anda temukan di dalam makanan hewani. 

  1. Vitamin C

Vitamin yang larut dalam air terakhir yaitu vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan dan juga menjaga fungsi kekebalan tubuh. Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin C dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya itu, saat ini sudah banyak produk-produk suplemen vitamin C yang bisa Anda konsumsi.

Itulah beberapa vitamin yang larut dalam air. Selain yang disebutkan diatas, merupakan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin K. Selain itu, perlu diingat kembali, bahwa vitamin ini tidak dapat disimpan oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda harus terus memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya agar kesehatan Anda selalu terjaga. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

The Water-Soluble Vitamins: C and B Complex. (2017) 

Water-Soluble Vitamins. 

Bagikan artikel ini