Bantuan

Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

sayuran

Tahukah Anda, ternyata asam folat untuk ibu hamil itu sangatlah penting. Apa alasan asam folat ini penting untuk ibu hamil dan bagaimana cara mendapatkan asam folat ini? Jika Anda ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, maka simak terus penjelasan yang ada di artikel ini. 

Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat merupakan salah satu nutrisi dari sekian banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan yaitu 600 mikrogram setiap harinya. Namun, untuk ibu hamil yang sebelumnya mengalami masalah dalam kehamilan seperti melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, maka dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 4000 mikrogram. 

Lalu mengapa ibu hamil harus mengonsumsi asam folat sebanyak itu? Hal ini karena, asam folat dapat mencegah berbagai kondisi berbahaya yang bisa saja terjadi selama kehamilan atau persalinan. Berikut ini beberapa asalan, yang membuat asam folat menjadi penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

  1. Mencegah keguguran

Keguguran merupakan kondisi di mana janin yang ada di dalam kandungan mati. Dengan mengonsumsi asam folat, maka kondisi ini dapat dicegah. Tidak hanya itu, asam folat ini juga dipercaya mampu mencegah terjadinya kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin. 

  1. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi di mana terjadi kekurangan darah di dalam tubuh. Ibu hamil merupakan orang yang rentan mengalami kondisi ini. Apabila ibu  hamil mengalami anemia, maka bisa menyebabkan komplikasi kehamilan hingga terancamnya nyawa ibu dan janini. Namun, dengan mencukupi asupan asam folat maka kondisi ini dapat dicegah.

  1. Mencegah cacat tabung saraf 

Alasan mengapa asam folat untuk ibu hamil menjadi penting yang terakhir, yaitu mampu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa kondisi cacat tabung saraf yang bisa saja terjadi jika ibu hamil kekurangan asupan asam folat, yaitu anensefali dan spina bifida. Anensefali merupakan kondisi di mana bayi dilahirkan tanpa tulang tengkorak dan spina bifida adalah kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang. 

Sumber Asam Folat untuk Ibu Hamil

Lantas, bagaimanakah cara untuk memenuhi kecukupan asam folat selama kehamilan? Cara yang bisa Anda lakukan, yaitu mengonsumsi makan-makanan yang memiliki kandungan asam folat. Berikut ini beberapa makanan bisa Anda konsumsi karena memiliki kandungan asam folat. 

  1. Buah-buahan

Makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan asam folat yang pertama, yaitu buah-buahan. Beberapa buah yang memiliki asam folat cukup tinggi, yaitu jeruk, pepaya, pisang, melon, dan alpukat. Anda bisa menjadikan buah-buahannya ini sebagai cemilan selama kehamilan. 

  1. Sayuran hijau

Selain dari buah-buahan, Anda juga bisa mendapatkan asupan asam folat dari sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang kaya akan asam folat yaitu brokoli, lobak, dan bayam. Namun, pastikan Anda mengonsumsi sayuran hijau dalam kondisi bersih dan sudah matang. 

  1. Kacang-kacangan

Kelompok kacang-kacangan seperti, kacang merah, kacang tanah, kacang polong, kacang hijau, dan lainnya juga bisa menjadi makanan selama kehamilan selanjutnya. Hal ini beberapa kacang-kacangan yang disebutkan sebelumnya memiliki kandungan asam folat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

  1. Makanan tinggi protein

Anda juga bisa mendapatkan asupan asam folat dari beberapa makanan dengan protein yang tinggi. Beberapa diantaranya, yaitu, daging, unggas, telur, hati sapi, daging merah hingga makanan laut bebas merkuri. Bahkan, Anda bisa mencukupi setengah kebutuhan asam folat harian dengan mengonsumsi 1 porsi hati sapi. 

  1. Suplemen asam folat 

Sumber asam folat yang terakhir, yaitu spleen asam folat.  Bagi Anda yang masih ragu dan merasa asupan asam folat harianya belum tercukupi, maka suplemen asam folat ini bisa jadi pilihan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memutuskan apakah Anda memerlukan suplemen ataukah tidak. 

Mungkin informasi mengenai asam folat untuk ibu hamil cukup sekian. Perlu diingat, makanan yang masuk ke dalam tubuh selama kehamilan  sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan janin Jadi, pastikan makanan yang Anda konsumsi semuanya baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang