Manfaat Kacang Hijau Jika Dikonsumsi dengan Rutin!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Manfaat Kacang Hijau Jika Dikonsumsi dengan Rutin!

Apa sebenarnya manfaat kacang hijau bila dikonsumsi dengan rutin? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya manfaat si hijau kecil ini. Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung gizi seimbang dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Termasuk jenis kacang-kacangan, yang mana berarti kacang hijau ialah benih yang dapat dimakan dari keluarga tanaman kacang-kacangan. Sama seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau memiliki nutrisi yang seimbang. Di mana kacang hijau mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang bermanfaat, sehingga menjadikannya bagian yang sangat baik dari diet sehat. Kacang ini memiliki rasa yang sedikit manis, dan dapat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan seperti sup, tumis, dan salad. Berikut ini manfaat kacang hijau :

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis, kacang hijau mengandung banyak antioksidan seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan banyak lagi. Antioksidan berfungsi untuk menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya bagi tubuh, biasa dikenal sebagai radikal bebas. Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan komponen seluler, lalu menyebabkan bahaya. Hal ini terkait dengan peradangan kronis seperti, kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya. Dari studi yang telah dilakukan, ditemukan bahwa antioksidan dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan penyakit kronis kanker pada sel paru-paru dan perut.

  2. Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol buruk, seperti yang sudah diketahui bahwa kolesterol tinggi terutama kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah. Dari 10 penelitian lain, diketahui bahwa diet kaya kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 5 persen. Namun, tidak termasuk kacang kedelai. 

  3. Membantu kesehatan pencernaan adalah salah satu manfaat kacang hijau, berbagai kandungan nutrisi dalam kacang hijau baik untuk kesehatan pencernaan. Kacang hijau mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menjaga usus tetap teratur dengan mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Adanya kandungan pati juga membantu menyehatkan bakteri usus sehat. Bakteri akan mencerna dan mengubah menjadi asam lemak rantai pendek khusunsya butirat, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dalam banyak cara. Salah satunya dengan meningkatkan pertahanan kekebalan usus dan menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, karbohidrat dalam kacang hijau lebih mudah dicerna daripada jenis kacang lainnya, sehingga tidak menyebabkan perut kembung. 


Baca Juga: Berbagai Manfaat Kacang Kedelai yang Perlu Anda Ketahui


Selain manfaat di atas, kacang hijau juga memiliki potensi manfaat kacang hijau yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini  :

  1. Efek antioksidan, di mana penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa pada kacang hijau menunjukkan aktivitas antioksidan. Antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas yaitu senyawa yang dapat mengakibatkan kanker.

  2. Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah sebagai antijamur dan antimikroba, termasuk beberapa melawan bakteri Helicobacter pylori yang menjadi penyebab sakit maag.

  3. Sebagai anti inflamasi, manfaat kacang hijau ini diketahui karena adanya studi tabung reaksi yang menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau memiliki potensi untuk memperbaiki gejala kondisi peradangan, misalnya seperti alergi.

  4. Diabetes, di mana kacang hijau dapat menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini diketahui dari adanya studi yang dilakukan pada tikus.

  5. Hipertensi atau tekanan darah tinggi, manfaat kacang hijau ini diketahui juga karena adanya penelitian yang dilakukan pada tikus dengan menggunakan ekstrak kacang hijau.

  6. Kanker, studi yang dilakukan dengan tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa dalam kacang hijau mungkin memiliki sifat anti tumor. 

Perlu digaris bawahi bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia. Hal ini untuk mengonfirmasi dan lebih memahami sifat-sifat ini. Kacang hijau kaya akan antioksidan dan nutrisi, yang mana memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui beragam manfaat yang diberikan oleh kacang hijau, maka Anda dapat menjadikan kacang hijau sebagai menu makanan. Kacang hijau dapat Anda temukan di supermarket atau toko daring.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Referensi : 

https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans#TOC_TITLE_HDR_12 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324156

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi