Bantuan
Bantuan

Mudah Dilakukan, Berikut Ini Beberapa Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut

Apakah Anda tahu bagaimana cara agar rambut tidak mengembang dan kusut? Mungkin beberapa diantara Anda ada yang belum mengetahuinya. Padahal, rambut yang mudah diatur dan disisir merupakan impian setiap orang.

Lantas, bagaimana cara agar rambut tidak mengembang dan kusut? Anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang mudah untuk mengatasi hal tersebut. Simak terus penjelasan berikut ini.

  1. Sisir Rambut Menggunakan Tangan yang Basah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rambut tidak mengembang yaitu menyisir rambut menggunakan tangan yang basah. Hindari menyisir rambut yang mengembang dalam keadaan kering karena dapat mengganggu kutikula rambut.

Apabila kutikula rambut telah rusak, maka dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Jadi, basahi tangan Anda ketika ingin menyisir rambut agar tidak mengembang.

  1. Hindari Produk Perawatan Rambut yang Mengandung Alkohol

Cara agar rambut tidak mengembang dan kusut selanjutnya yaitu menghindari produk perawatan rambut yang mengandung alkohol. Hal ini karena produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang. Jadi, pastikan produk perawatan rambut yang akan Anda gunakan bebas dari kandungan alkohol. 

  1. Batasi Penggunaan Alat Perawatan Rambut

Penggunaan alat perawatan rambut juga dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan mengembang. Alat perawatan rambut yang dimaksud yaitu hair dryer dan catokan. Kedua alat tersebut menghasilkan panas dalam mengeringkan ataupun meluruskan rambut.

Akan tetapi, rambut yang terpapar panas secara terus menerus dapat mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan produk yang dapat melindungi rambut dari panas. 

  1. Melindungi Rambut Dari Paparan Sinar Matahari

Cara agar rambut tidak mengembang dan kusut yang selanjutnya yaitu melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa paparan sinar UV yang berasal dari matahari dapat mengganggu kondisi rambut.

Beberapa gangguan yang mungkin terjadi yaitu menghilangkan protein rambut yang menyebabkannya menjadi kering dan mengembang serta warna rambut yang memudar. 

Baca Juga: Sayangi Kesehatan Rambut, Yuk!

  1. Gunakan Masker Rambut

Anda juga dapat menggunakan masker rambut untuk mengatasi rambut mengembang dan kusut. Masker rambut berguna untuk menjaga kelembaban dan juga menutrisi rambut sehingga rambut terbebas dari kusut. Setidaknya, Anda perlu menggunakan masker rambut sekali dalam seminggu.

Anda bisa mendapatkan berbagai produk masker rambut di pasaran. Apabila tidak menemukannya, Anda dapat menggantikannya dengan bahan-bahan alami.  

  1. Gunakan Sarung Bantal yang Berbahan Satin

Cara agar rambut tidak mengembang dan kusut yang dapat Anda lakukan selanjutnya yaitu menggunakan sarung bantal yang berbahan satin.

Hal ini karena kain satin dapat mencegah terjadinya gesekan pada batang rambut yang dapat menyebabkan rambut kusut. Apabila Anda tidak memiliki sarung bantal yang berbahan satin, maka Anda dapat menggunakan gaya rambut kepang yang longgar. 

  1. Jangan Keramas Terlalu Sering

Hindari berkeramas terlalu sering karena hanya akan membuat rambut Anda menjadi kering dan juga sulit untuk diatur. Hal ini karena keramas dapat menurunkan minyak alami kepala.

Padahal, minyak ini berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut. Ketika kelembapan rambut hilang, maka menyebabkan rambut menjadi kaku dan juga mengembang. 

  1. Gunakan Handuk Microfiber Untuk Mengeringkan Rambut

Menggunakan handuk microfiber untuk mengeringkan rambut merupakan salah satu cara agar rambut tidak mengembang dan juga kusut.

Hal ini karena kain microfiber jauh lebih halus dan juga lembut sehingga dapat menghindari terjadinya gesekan antar batang rambut. Selain itu, menggunakan handuk microfiber juga dapat mengatasi rambut kusam dan bercabang. 

  1. Gunakan Cuka Apel

Cara terakhir agar rambut tidak mengembang dan kusut yaitu mengoleskan cuka apel ke rambut. Hal ini karena rambut yang sehat umumnya bersifat lebih asam, sehingga ketika kondisi menjadi terlalu basa, maka kutikula akan terbuka dan rambut tidak mengembang.

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mencampur cuka apel dengan segelas air dan mengoleskan ke rambut selama 1-3 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air sejuk dan keringkan.

Nah, itulah beberapa cara agar rambut tidak mengembang dan kusut yang mudah untuk Anda lakukan. Semoga dengan informasi ini, dapat membantu Anda mengatasi dan mencegah rambut mengembang dan kusut. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Alami Atasi Rambut Rontok

 

Sumber:

1. Sara Spruch-Feiner. How To Get Rid Of Frizzy Hair: 14 Tricks To Fight Frizz Fast. (2020).

2. Whelan, Corey. 5 Home Remedies for Frizzy Hair, Plus Tips for Prevention. (2019)

3. Fries, Wendy C. How to Tame Frizzy Hair.

Tag :
Bagikan artikel ini