Jangan Sampai Salah, Berapa CT Kondisi Bahaya pada Pasien COVID?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Jangan Sampai Salah, Berapa CT Kondisi Bahaya pada Pasien COVID?

Berapa CT kondisi bahaya pada pasien covid? Hal tersebut sering dipertanyakan akhir-akhir ini. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) telah menjadi ancaman besar dalam kesehatan masyarakat. Hari ke hari, masyarakat di seluruh dunia menjadi semakin akrab dengan istilah-istilah ilmiah karena adanya pandemi Covid 19. Cycle Threshold Value atau yang biasa disebut nilai CT ini adalah salah satu dari istilah yang menjadi kosa kata publik.

Nilai CT membantu dalam menentukan apakah seseorang positif Covid 19 atau tidak dalam tes RT-PCR. Peneliti Covid 19 yang didukung oleh Yayasan Heising-Simons dan Pulitzer Center mengatakan bahwa pusat pengujian juga harus melaporkan nilai CT karena menunjukkan berapa banyak virus yang ada di tubuh orang yang terinfeksi, bukan hanya melaporkan apakah seorang positif atau tidak.

Apa Itu Nilai CT?

Pada tes RT-PCR, RNA virus diekstraksi dari swab yang dikumpulkan dari tenggorokan dan hidung pasien. Kemudian RNA yang terkumpul diubah menjadi DNA yang diamplifikasi. Banyak salinan DNA dibuat untuk meningkatkan kemungkinan mendeteksi keberadaan virus dalam proses amplifikasi ini. Proses tersebut berlangsung dalam beberapa virus kemudian jumlah virus yang terdeteksi diproduksi. Nah, nilai CT ini mengacu pada jumlah siklus dapat dideteksi karena sinyal fluoresen produk PCR melewati ambang batas.

Semakin tinggi nilai CT, semakin rendah viral load dan sebaliknya. Nilai CT yang rendah berarti bahwa jumlah virus yang tinggi ada di hidung dan tenggorokan pasien yang dapat dengan mudah menular ke orang lain.

Nilai CT Kondisi Bahaya pada Pasien Covid

Peneliti di Weill Cornell Medicine menemukan bahwa mereka dengan nilai CT 25 atau di bawahnya lebih mungkin menderita penyakit parah atau meninggal. Hal sama juga dikatakan oleh para peneliti di Brasil. Hal ini menunjukkan bahwa nilai CT dapat membantu dokter menandai pasien yang paling berisiko untuk penyakit parah dan kematian. Jadi, dapat dikatakan pasien dengan nilai CT 25 atau lebih rendah banyak yang mengalami kondisi bahaya.

Peneliti di India yang telah menyarankan bahwa semua pasien dengan nilai CT lebih dari 35 dapat dianggap negatif dan mereka dengan nilai CT kurang dari 35 dapat dianggap positif Covid 19. Selain laporan dari peneliti di atas, ada juga yang mengatakan bahwa tidak ada korelasi atau kaitan antara nilai CT dengan kondisi bahaya pada kasus pasien Covid. Namun demikian, nilai CT yang tinggi tidak selalu menyebabkan penyakit, sekitar 40% pasien Covid 19 yang diteliti tetap sehat meskipun mereka memiliki jumlah virus yang sama dengan pasien yang sakit parah.

Keterbatasan Nilai CT

Nilai CT mungkin memiliki beberapa keterbatasan di samping dianggap sebagai parameter untuk menentukan penularan dan viral load pada sebagian besar kasus virus corona. Nilai CT dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti metode pengumpulan spesimen, sumber, transportasi, dan kesenjangan waktu dalam tertular infeksi, pengumpulan, dan analisis.

Nah, itulah penjelasan mengenai berapa nilai CT kondisi bahaya pasien Covid? Nilai CT 25 atau kurang mungkin saja biasanya ada pada hasil tes pasien Covid dengan kondisi berbahaya, namun tidak menutup kemungkinan juga pada pasien Covid dengan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala.

Banyak penelitian yang melaporkan bahwa nilai CT tidak memiliki korelasi dengan suatu kondisi berbahaya atau parah. Nilai CT hanya berkorelasi dengan infektivitas yang mungkin terjadi pada tubuh manusia. Dan dalam sudut pandang infektivitas, hal ini bisa menjadi masalah, namun bukan kondisi bahaya.

Penting juga untuk mempertimbangkan bahwa beberapa faktor lainnya dalam menafsirkan tes RT-PCR. Selain itu, hasil tes RT-PCR selanjutnya dapat bergantung pada waktu metode pengumpulan spesimen yang tepat, waktu dari titik infeksi hingga pengumpulan, dan kemudian barulah menganalisis hasil yang didapatkan. Oleh karena itu, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat saat terinfeksi virus Covid 19.

Untuk Anda yang tidak terinfeksi Covid namun penasaran dengan penjelasan nilai CT ini, ayo bersama-sama untuk terus menjaga kesehatan dan ikut berperan dalam meredakan kasus pandemi Covid 19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan di rumah aja. Salam sehat!

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

FE Online. 2021. COVID 19 test report: How to read Ct value and why is it important?. 

Times Of India. 2021. Coronavirus test: What is the Ct value in the RT-PCR test?. 

Service, R., F. 2021. One number could help reveal how infectious a COVID-19 patient is. Should test results include it?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi