Bantuan
Bantuan

Jarang Diketahui, Ini Dia Sederet Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Jun 2022

Bagikan

Jarang Diketahui, Ini Dia Sederet Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

Manfaat buah jamblang sejatinya sangatlah beragam. Sayangnya, hal ini belum banyak diketahui secara umum. Buah jamblang sendiri merupakan buah yang berbentuk seperti anggur dan memiliki rasa masam yang khas. Berwarna keunguan, berkulit halus dan berbentuk lonjong, buah jamblang ini memiliki biji tunggal.

Buah yang satu ini dikenal juga dengan sebutan duwet dan sering disajikan dalam bentuk manisan yang segar. Dibalik kelezatan buah yang satu ini, terkandung segudang manfaat yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Lalu, apa saja manfaat buah jamblang bagi kesehatan tersebut? 

Baca juga: Kecil-Kecil Punya Segudang Khasiat, Ini Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan

 

Kandungan Gizi Buah Jamblang

Sebelumnya telah disinggung mengenai banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah jamblang. Sejatinya, manfaat buah jamblang ini datang dari kandungan gizi di dalamnya yang cukup melimpah. Adapun fakta kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram buah jamblang di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Air 80 ml

  • Energi 80 kal

  • Karbohidrat 18,2 gr

  • Serat 0,9 gr

  • Lemak 0,6 gr

  • Protein 0,5 gr

  • Fosfor 138 mg

  • Vitamin C 130 mg

  • Kalium 92,7 mg

  • Kalsium 33 mg

  • Natrium 16 mg

  • Niasin 2,5 mg

  • Zat Besi 1,3 mg

  • Beta Karoten 329 mcg

Itulah dia kandungan gizi dalam buah jamblang yang ternyata cukup melimpah. Buah jamblang yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini, merupakan jenis buah-buahan yang tumbuh pada daerah tropis, dan bisa dikonsumsi langsung secara langsung ataupun diolah. 

 

Manfaat Buah Jamblang

Rasa masam yang unik dari buah jamblang memang tak dapat disangkal telah membuat banyak dari kita menggemari buah ini. Terlepas dari rasanya yang unik dan menyegarkan tersebut, buah jamblang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut akan diuraikan manfaat buah jamblang yang sebaiknya tidak dilewatkan.

1. Mengatasi diabetes

Manfaat buah jamblang yang pertama adalah mampu mengatasi diabetes. Bahkan, buah berwarna ungu kehitaman ini memang sejak dulu telah digunakan untuk mengobati diabetes itu sendiri. Manfaat yang satu ini datang dari kandungan glikemik buah jamblang yang tergolong rendah. Dengan ini, buah jamblang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah hingga 30%.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang prima sangat dibutuhkan dalam menjaga tubuh terhindar dari ancaman mikroorganisme berbahaya. Untuk mendapatkannya, banyak cara yang bisa Anda lakukan, termasuk dengan mengonsumsi buah jamblang. Dalam hal ini, buah jamblang memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

3. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas merupakan zat yang dapat membahayakan tubuh dan memicu berbagai penyakit seperti kanker. Untuk menangkalnya, konsumsi buah jamblang dapat menjadi salah satu solusinya. Dalam hal ini buah jamblang memiliki kandungan flavonoid yang dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

4. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat. Untuk mengatasinya, mengonsumsi buah jamblang bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. Bagaimana tidak, 100 gram buah jamblang memiliki kandungan serat hingga 0,9 gram. Tentu tidak heran jika buah yang satu ini sudah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit. 

Baca juga: Sembelit? Ini Cara agar BAB Lancar Saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan

5. Mencegah penyakit hati dan jantung

Penyakit hati dan jantung sejatinya dapat diobati dengan mengonsumsi obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter. Meskipun begitu, buah jamblang juga terkenal sebagai jenis obat-obatan tradisional yang mampu mencegah penyakit hati dan jantung tersebut. Manfaat buah jamblang yang satu ini datang dari kandungan oleanolic acid yang sering digunakan untuk mengurangi kerusakan pada hati dan jantung.

Nah demikianlah penjelasan mengenai manfaat buah jamblang bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari buah jamblang bagi kesehatan, seperti dapat digunakan untuk mengatasi infeksi, meningkatkan nafsu makan, meredakan asma dan juga batuk-batuk, baik bagi penderita anemia, hingga mampu memperkuat tulang dan gigi. 

Bagaimana, cukup beragam bukan? Setelah mengetahui ragam manfaat buah jamblang, apakah Anda sudah tertarik untuk mulai mengonsumsi buah dengan rasa masam yang khas ini? 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Segudang Manfaat Buah Pir Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Referensi

Gupta, Aayushi. 2021. 8 reasons why you need to nosh on jamun this summer. https://www.healthshots.com/healthy-eating/superfoods/8-health-benefits-of-jamun-fruit/

Momaya, Alpa. 2021. Jamun Fruit - Benefits, Nutritional Facts, and Recipes. https://www.healthifyme.com/blog/jamun-fruit-benefits/

Netmeds. 2020. Jamun: Medicinal Uses, Therapeutic Benefits For Skin, Diabetes and Supplements. https://www.netmeds.com/health-library/post/jamun-medicinal-uses-therapeutic-benefits-for-skin-diabetes-and-supplements

Bagikan artikel ini