Bantuan
Free Tele x

Bahaya Tidur Setelah Sahur Berbahaya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Tidur Setelah Sahur Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan

Sudahkah Anda tahu apa saja bahaya tidur setelah sahur untuk kesehatan? Bangun di dini hari untuk menyiapkan sahur, mungkin masih meninggal kantuk karena waktu tidur yang tidak tercukupi. Oleh karena itu, tidak jarang ditemukan orang-orang yang langsung tidur kembali setelah menyantap makanan saat sahur. 

Namun tahukah Anda, ternyata kebiasaan tidur setelah sahur ini berdampak buruk pada kesehatan. Lantas apa saja bahaya tidur setelah sahur untuk kesehatan tersebut? Mari simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai bahaya tidur setelah sahur untuk kesehatan tersebut. 

 

Bahaya Tidur Setelah Sahur untuk Kesehatan

Makanan yang baru saja Anda konsumsi saat sahur, membutuhkan waktu beberapa jam untuk diproses oleh lambung. Jika dalam waktu pemrosesan makanan ini, Anda langsung tidur, maka akan muncul berbagai masalah kesehatan. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul karena tidur setelah sahur.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Saat Puasa Menyehatkan dan Mudah Dibuat

1. Obesitas

Bahaya tidur setelah sahur yang pertama yaitu berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini karena, makanan yang baru saja Anda konsumsi harusnya menjadi energi untuk beraktivitas. Namun, saat Anda memilih untuk tidur, maka kalori yang masuk akan disimpan dalam bentuk lemak. Jika hal ini dilakukan berulang kali, maka lemak yang tersimpan akan  semakin menumpuk sehingga membuat berat badan berlebih atau obesitas. 

2. Asam lambung naik atau GERD

Saat Anda tidur maka terjadi pelonggaran klep lambung sehingga asam lambung yang seharusnya di lambung dapat kembali lagi ke kerongkongan. Penyakit ini dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease atau GERD. Saat asam lambung kembali ke kerongkongan, maka akan membuat dinding kerongkongan mengalami luka atau iritasi. Kondisi ini juga memicu munculnya gejala berupa mual, nyeri ulu hati dan sensasi terbakar di dada.

Baca juga: Ciri-ciri Asam Lambung Naik Saat Puasa Muncul? Berikut Ini Cara Mengatasinya!

3. Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar merupakan bahaya tidur setelah sahur yang mungkin menimpa Anda selanjutnya. Hal ini terjadi karena tidur setelah sahur akan membuat proses pencernaan melambat sehingga makanan berada di dalam perut terlalu lama. Kondisi ini membuat usus akan menyerap cairan dari feses sehingga feses menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan. Ditambah lagi, puasa membuat tubuh kekurangan cairan, sehingga risiko sembelit semakin meningkat.

4. Stroke

Bahaya tidur setelah sahur untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu stroke. Kondisi ini dikaitkan oleh peningkatan asam lambung yang menyebabkan sleep apnea yang memicu stroke. Selain itu, tidur setelah makan juga kan membuat makanan sulit dicerna sehingga lambung membutuhkan darah lebih banyak agar kerjanya semakin lancar. Di sisi lain, otak membutuhkan asupan darah yang stabil, namun karena asupan darah terkonsentrasi ke perut membuat otak kekurangan oksigen. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus, maka menyebabkan otak mengalami stroke. 

 

Waktu Tidur Setelah Makan

Lantas kapan waktu yang diperbolehkan untuk tidur setelah makan? Jawabannya yaitu setelah 2-3 jam. Hal ini karena, perlu waktu setidaknya  2 jam untuk mengolah makanan menjadi sari makanan. Jadi, setelah sahur sebaiknya lakukan beberapa aktivitas bermanfaat seperti beribadah membaca Al-Quran kemudian dilanjutkan ibadah salat Subuh. Setelah itu, baru Anda bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari lainnya untuk mengisi kegiatan selama Ramadan. 

Itulah dia deretan bahaya tidur setelah sahur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah kantuk saat sahur, sebaiknya Anda tidur lebih awal di malam hari. Jika perlu, Anda segera tidur setelah melaksanakan salat Tarawih agar waktu tidur selama 7 jam bisa terpenuhi.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Agar Tidak Kelelahan, Mari Simak Tips agar Tidur Nyenyak Saat Mudik Berikut ini

Referensi

UPMC Health Beat. 2015. Is it Bad to Sleep After a Meal?. https://share.upmc.com/2015/11/is-it-bad-to-sleep-after-a-meal/

Laino, Charlene. 2011. Sleeping Soon After Dinner May Raise Stroke Risk. https://www.webmd.com/stroke/news/20110830/sleeping-soon-after-dinner-may-raise-stroke-risk

Peters, Brandon. 2021. How Long to Wait Between Eating and Bed. https://www.verywellhealth.com/eating-before-bed-3014981

Bagikan artikel ini