Yuk, Perhatikan Makanan Anda selama Pandemi COVID-19!

07 Jul 2020 • Tips Kesehatan

Masa pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan gaya hidup yang cukup drastis di kehidupan semua orang. Hal ini menyebabkan banyak orang menghadapi masalah psikologis, seperti rasa takut dan kecemasan yang berlebihan.

Dengan hilangnya rutinitas sehari-hari dan perasaan terperangkap di dalam rumah, seseorang dapat merasakan cemas dan mengganggu pola makan yang sehat. 

Sebagai contoh, Anda akan merasa lebih sulit untuk menahan keinginan untuk nyemil keripik kentang saat masa pandemi ini dibandingkan hari-hari sebelum pandemi karena Anda bosan dan butuh hiburan. Selain itu, perasaan sedih juga dapat mengantarkan Anda untuk mencicipi berbagai kue manis.

Makanan yang sudah diproses dan kue yang dipanggang terdiri atas karbohidrat sederhana yang menyebabkan gula darah Anda tidak stabil. Ironisnya, hal tersebut dapat memperburuk suasana hati Anda dan membuat Anda cemas.

Lantas, bagaimana memperhatikan pola makan selama pandemi?

Terdapat beberapa hal yang patut diperhatikan untuk menjaga pola makan yang sehat di masa-masa krisis seperti ini, antara lain:

  • Rancang jadwal atau menu makanan harian
  • Pertimbangkan penggunaan aplikasi untuk tetap terhubung dengan orang-orang terkasih ketika sedang masak ataupun makan
  • Rencanakan daftar belanja untuk bahan makanan—kurangi cemilan dan makanan yang diproses atau mengandung banyak garam dan gula
  • Perkaya stok buah-buahan, sayur-sayuran, serat, lemak, serta protein yang sehat
  • Hindari pembelian makanan-makanan yang tidak dibutuhkan seperti soda dan jus yang tinggi gula
  • Pilih dan makan cemilan kesukaan Anda satu hari tiap seminggu
  • Atur tempat penyimpanan makanan Anda, ya!

Apakah ada makanan yang bisa mengurangi rasa cemas dan meningkatkan imunitas di masa pandemi?

Jawabannya tentu saja iya! Beberapa zat yang terkandung di dalam makanan dapat membantu pengeluaran neurotransmitter yang bisa membuat kita bahagia, seperti serotonin dan dopamin.

Selain itu, beberapa makanan juga memiliki efek meningkatkan imunitas, lho! Yuk, intip makanan apa saja yang dapat menurunkan rasa cemas sembari meningkatkan imunitas tubuh:

  • Jeruk dan paprika merah
  • Rempah-rempah
  • Makanan yang kaya akan zat besi
  • Makanan yang kaya magnesium
  • Ikan berlemak
  • Probiotik
  • Tambah antioksidan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, ya!

Referensi

Naidoo U. Eating during COVID-19: Improve your mood and lower stress [Internet]. US: Harvard Health Publishing 2020 Apr [cited 2020 May]. Available from: health.harvard.edu/blog/eating-during-covid-19-improve-your-mood-and-lower-stress-2020040719409