Bantuan

Benarkah Air Kelapa Dapat Menjadi Obat Covid Untuk Isolasi Mandiri?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

Benarkah Manfaat Air Kelapa Muda Dapat Menjadi Obat Covid?

Pada masa pandemi ini, manfaat air kelapa muda disebut-sebut dapat digunakan menjadi obat covid saat isolasi mandiri. Apalagi akhir-akhir ini kasus Covid-19 sedang menunjukkan tren kenaikan, bahkan mencapai angka 2 juta kasus.

Penambahan kasus positif berdampak pada rumah sakit yang mulai terisi dengan pasien bergejala Covid-19 berat. Pasien yang mengalami gejala sedang sampai berat membutuhkan perawatan di rumah sakit, namun jika pasien mengalami gejala Covid-19 ringan atau tidak bergejala, maka mereka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Prosedur Isolasi Mandiri di Rumah

Meski tidak bergejala atau hanya mengalami gejala ringan, isolasi mandiri penting untuk dilakukan untuk menjaga orang-orang di sekitar anda tidak tertular. Isolasi mandiri juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk memantau pasien, juga mengurangi beban rumah sakit. Namun, perlu Anda ketahui isolasi mandiri pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Beberapa hal harus Anda perhatikan yaitu isolasi mandiri dilakukan selama 14 hari, tinggal di kamar terpisah, kamar mandi terpisah, menggunakan alat sendiri, tidak makan bersama, rutin desinfektan, mengonsumsi makanan bergizi, selalu pakai masker, dan selalu memantau kondisi kesehatan. Lalu adakah obat covid untuk isolasi mandiri?

Benarkah Air Kelapa Dapat Menjadi Obat Covid Untuk Isolasi Mandiri?

Obat covid untuk isolasi mandiri yang sering kali disebut saat ini adalah air kelapa. Bahkan Bupati Aceh Barat, Ramli MS mengatakan bahwa selama isolasi mandiri ia tidak pernah melewatkan minum air kelapa, dengan sedikit garam, madu alami, dan lemon.

Bupati Aceh Barat tersebut juga mengungkapkan bahwa ia mengonsumsi racikan air kelapanya dua kali sehari setelah sarapan dan makan malam. Beliau juga percaya bahwa air kelapa sebagai obat covid untuk isolasi mandiri, membantunya pulih dari penyakit karena membantu meningkatkan kekebalan tubuh.Manfaat lainnya dengan air kelapa sebagai obat covid untuk isolasi mandiri adalah tenggorokan yang terasa lebih baik, serta bau dan rasa yang berangsur-angsur membaik.

Tak hanya itu, sudah banyak pesan atau berita yang beredar di masyarakat melalui media sosial Whatsapp tentang air kelapa sebagai obat covid untuk isolasi mandiri. Adanya testimoni dan pesan yang beredar pada masyarakat, apakah menjadikan berita ini dapat dipercaya?

Namun, ternyata air kelapa sebagai obat covid untuk isolasi mandiri adalah hoaks. Hal ini diungkapkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada website mereka. Faktanya, campuran air kelapa, madu, garam, dan jeruk nipis hanya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien saja. Bukan untuk menyembuhkan pasien dari virus corona atau menghilangkan virus tersebut, dimana belum ada bukti klinis yang mendukung hal tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tips Makanan Sehat Saat Isolasi Mandiri

Bagaimanapun, obat covid untuk isolasi mandiri yang baik dan penting untuk Anda perhatikan adalah nutrisi dan hidrasi. Orang yang mengkonsumsi makanan seimbang cenderung lebih sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Tak hanya itu, risiko penyakit kronis dan penyakit menular juga lebih rendah.

Anda harus mulai mengonsumsi makanan sehat dan menghindari junk food untuk mendapatkan vitamin, serat, mineral, antioksidan, dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Obat covid untuk isolasi mandiri lain yang penting Anda lakukan adalah hindari gula, garam, dan lemak secara signifikan.

Berikut beberapa tips makanan bergizi sebagai obat covid untuk isolasi mandiri, yang disebutkan oleh WHO atau Badan Kesehatan Nasional :

  1. Konsumsi makanan segar dan tidak diproses setiap hari, dimana mengkonsumsi makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian yang belum diproses, gandum, kentang, ubi, talas, singkong, beras merah, dan sumber hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu.
  2. Minum air putih yang cukup setiap hari, air menjadi hal yang penting untuk tubuh Anda. Dimana akan mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh anda, dan membuang kotoran. Anda perlu minum 8 sampai 10 gelas air putih setiap harinya.

Selain obat covid untuk isolasi mandiri, ada hal lain yang juga perlu Anda perhatikan. Hal tersebut adalah menjaga protokol kesehatan saat isolasi mandiri seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Obat Herbal Corona Yang Dapat Anda Konsumsi Untuk Mencegah Covid 19

 

Referensi :

  • https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/hoaks-konsumsi-campuran-air-kelapa-jeruk-nipis-garam-dan-madu-dapat-menyembuhkan-covid-19
  • http://www.emro.who.int/nutrition/news/nutrition-advice-for-adults-during-the-covid-19-outbreak.html 
Bagikan artikel ini