Wajar dan Normal, Berikut Ini Efek Vaksin Moderna

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Wajar dan Normal, Berikut Ini Efek Vaksin Moderna

Sudahkah Anda mengetahui efek vaksin Moderna? Jika belum, Anda tidak perlu khawatir karena pada pembahasan ini akan diulas mengenai efek vaksin Moderna bagi tubuh. Namun sebelum membahas mengenai efek vaksin Moderna ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perihal seluk beluk vaksin yang memiliki tingkat efektivitas sebesar 94,5% ini.

Seluk Beluk Vaksin Moderna

Sejak bulan Januari 2021 silam, Indonesia telah memulai program vaksinasi untuk masyarakatnya yang digalakkan demi mengatasi virus penyebab COVID-19. Pada mulanya, pemberian vaksin ini diprioritaskan untuk kelompok masyarakat yang tergolong rentan terhadap infeksi virus penyebab COVID-19. Namun sejak awal bulan Juli 2021 kemarin, program vaksinasi ini kemudian dimulai untuk seluruh masyarakat umum. 

Selama proses vaksinasi COVID-19 ini, terdapat beberapa jenis vaksin telah disediakan oleh pemerintah Indonesia, termasuk salah satu diantaranya adalah vaksin Moderna. Vaksin Moderna yang digunakan untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ini, merupakan jenis vaksin mRNA. Berbeda dari jenis vaksin untuk COVID-19 lainnya, vaksin Moderna bukanlah merupakan tipe vaksin yang mengandung virus yang telah dilemahkan ataupun dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik virus. Hal inilah yang memicu peningkatan sistem kekebalan tubuh dalam memproduksi antibodi yang dapat melindungi tubuh ketika terinfeksi virus penyebab COVID-19. 

Dosis Vaksin Moderna

Pemberian vaksin Moderna sebagaimana jenis vaksin lainnya, dilakukan di bawah pengawasan dokter, dengan jumlah dosis sebanyak 0,5 ml yang akan diberikan dalam dua kali suntikan. Adapun untuk jarak dari kedua suntikan ini adalah kurang lebih berjarak 28 hari dari dosis pertama ke dosis selanjutnya. 

Apabila Anda mengalami demam, ataupun terinfeksi COVID-19 selama proses vaksinasi menggunakan vaksin Moderna ini, maka pemberian dosis akan ditunda sementara hingga Anda sembuh. Namun jika sebelum menerima dosis pertama Anda pernah terinfeksi COVID 19, maka Anda harus menunggu sekitar 6 bulan lamanya untuk mendapatkan dosis selanjutnya dari vaksin ini.

Hal-hal yang perlu diberikan sebelum vaksinasi

Apabila Anda merupakan calon penerima vaksin Moderna, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum itu, yakni:

  • Mengonsultasikan riwayat alergi yang dimiliki ataupun riwayat penyakit sistem imun dan kondisi imun yang lemah dengan dokter.

  • Harus berusia di atas 18 tahun.

  • Memberi tahu dokter apabila Anda pernah menderita penyakit diabetes, kanker, HIV/AIDS, penyakit ginjal, penyakit radang sendi, penyakit paru, dan penyakit saluran pencernaan.

  • Memberi tahu dokter apabila Anda pernah menerima vaksin COVID-19 lainnya.

  • Memberi tahu dokter apabila Anda sedang dalam kondisi menyusui, hamil, ataupun tengah merencanakan kehamilan.

  • Memberi tahu dokter obat-obatan dan suplemen yang tengah dikonsumsi.

  • Menemui dokter apabila ditemukan efek samping tertentu setelah pemberian vaksin Moderna.

Efek Vaksin Moderna

Berbicara mengenai efek vaksin Moderna, perlu diketahui bahwa jenis vaksin yang satu ini terbukti dapat memberikan efek positif yang dibutuhkan oleh tubuh dalam melawan infeksi virus penyebab COVID-19. Vaksin Moderna sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya mampu memicu peningkatan sistem imun tubuh dalam memproduksi antibodi dalam melawan virus Corona. 

Adapun efek samping yang mungkin ditimbulkan dari vaksin Moderna ini adalah sama dengan efek samping yang pada umumnya terjadi dari jenis vaksin lainnya, seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan pada area bekas suntikan, demam, nyeri otot, dan juga kelelahan. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena efek samping ini tergolong cukup ringan dan tidak membahayakan bagi tubuh manusia, bahkan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Akan tetapi, tentunya efek samping yang mungkin ditimbulkan vaksin Moderna dalam hal ini dapat berbeda-beda antara orang yang satu dengan lainnya. Pada sebagian lainnya, efek ini bisa lebih parah seperti kesulitan bernapas, radang tenggorokan, reaksi alergi parah, hingga pembengkakan kelenjar getah bening di area ketiak. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping ini terbilang sangat jarang terjadi. 

Itulah dia penjelasan mengenai efek vaksin Moderna yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, setelah membaca penjelasan di atas apakah Anda sudah siap untuk menerima vaksin demi menghentikan penyebaran virus COVID-19?

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Jeong, Minseo. 2021. Moderna COVID-19 vaccine: What to know about side effects?. 

WHO. 2021. The Moderna COVID-19 (mRNA-1273) vaccine: What you need to know.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi