Bantuan

Ragam Jenis Healing Foods yang Mampu Percepat Penyembuhan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

healing foods

Healing foods merupakan makanan-makanan yang dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Ketika Anda mengalami luka, maka mengonsumsi healing foods merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan. 

Terkadang, luka tidak kunjung sembuh walaupun sudah berhari-hari. Kondisi ini bisa saja menyebabkan munculnya nanah dan infeksi. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu mengonsumsi healing foods.

Healing foods

Lantas apa saja healing foods yang bisa Anda konsumsi tersebut? Mari temukan jawaban apa saja healing foods bersama-sama di bawah ini. 

  1. Telur

Healing foods yang bisa Anda konsumsi pertama yaitu makanan yang paling mudah dan murah untuk didapatkan. Hal ini karena telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein ini sangat diperlukan dapat proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam telur ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu penyembuhan luka. 

  1. Sayuran hijau

Selain telur, makanan yang termasuk ke dalam healing foods yang selanjutnya yaitu sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi yaitu kangkung, brokoli, seledri, selada, bayam, dan lain sebagainya. Beberapa sayuran hijau tersebut memiliki manfaat mempercepat penyembuhan, meredakan peradangan dan juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Pasalnya, sayuran  berdaun hijau memiliki kandungan magnesium, mangan dan juga vitamin C. 

  1. Kerang 

Makanan yang termasuk ke dalam healing foods yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu kerang. Hal ini karena kerang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk proses penyembuhan luka. Bahkan kerang merupakan sumber nutrisi dan juga seng yang penting dalam penyembuhan luka. Seng itu sendiri merupakan mineral yang akan membantu meningkatkan imun tubuh dan juga penyembuhan luka. 

  1. Kacang-kacangan

Tahukah Anda, ternyata kacang-kacang merupakan salah satu dari healing foods. Hal ini berkat kandungan vitamin E dalam kacang-kacangan memiliki peran sebagai antioksidan. Kandungan  antioksidan ini akan melawan berbagai sel-sel yang merusak dan juga radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan vitamin E dalam kacang ini juga dapat melindungi sel dan mencegah berbagai infeksi. 

  1. Buah beri

Berbagai buah dalam keluarga beri seperti blueberry dan strawberry baik dikonsumsi untuk penyembuhan luka. Hal ini karena, berbagai buah ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, buah beri juga mampu merangkai produksi kolagen untuk membentuk sel-sel baru dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, dalam buah beri juga terdapat siat antivirus, dan anti inflamasi. 

  1. Ubi jalar

Selain enak, ternyata ubi jalar juga dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Hal ini karena ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bermanfaat dalam pemulihan. Dalam sebuah penelitian disebut, asupan karbohidrat yang tidak tercukupi dapat mengganggu proses penyembuhan luka. Selain itu, ubi jalar juga dapat membantu penyembuhan luka yang meradang. 

  1. Salmon

Makanan yang masuk dalam kategori healing foods yang terakhir yaitu ikan salmon. Hal ini karena ikan salmon memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti asam lemak omega-3, vitamin B, protein, zat besi, dan juga selenium. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa asam lemak omega 3 yang ada di ikan salmon dapat membantu proses penyembuhan luka dan juga meredakan inflamasi. 

  1. Kedelai 

Kedelai memiliki berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin K. Berbagai kandungan vitamin dalam kedelai ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menyehatkan kulit yang mengalami peradangan karena luka. Tidak hanya itu, kedelai juga memiliki kandungan protein yang dapat membantu membentuk jaringan baru pada sel-sel kulit. 

Nah itulah dia beberapa makanan yang termasuk ke dalam healing foods yang bisa Anda gunakan untuk membantu penyembuhan luka. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya Anda juga menyeimbangkannya dengan nutrisi dan gizi lainnya. Dengan begitu, kesehatan secara keseluruhan dapat terjaga sehingga mendukung penyembuhan luka.  

Selain dengan mengonsumsi makanan untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda juga perlu merawat luka tersebut. Anda perlu membersihkannya dan menutupnya dengan perban agar tidak terkena bakteri-bakteri yang memperparah luka. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kubala, Jilllian, 2020. 10 of the Best Foods to Help You Heal, . https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-you-heal

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang