Bantuan

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Digigit Kelabang yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jan 2022

Bagikan

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Digigit Kelabang yang Bisa Anda Lakukan

Sudahkah Anda mengetahui tentang hal apa saja yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama digigit kelabang? Pada dasarnya, gigitan kelabang ini tidaklah berbahaya. Akan tetapi, apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan beberapa reaksi pada kulit mulai dari gejala ringan hingga gejala berat. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui pertolongan pertama digigit kelabang yang bisa Anda lakukan.

Gejala digigit kelabang

Sebelum Anda mengetahui bagaimana pertolongan pertama digigit kelabang, Anda juga perlu tahu mengenai gejala yang bisa ditimbulkannya. Gejala yang ditimbulkannya pun beragam tergantung dari seberapa besar luka gigitan yang ditimbulkan. Semakin besar ukuran kelabang maka luka dan reaksi yang dihasilkan pun akan semakin besar. 

Lalu apa saja gejala setelah digigit kelabang? Berikut ini beberapa gejala yang bisa ditimbulkan dari gigitan kelabang.

  1. Gejala ringan

Beberapa gejala ringan yang bisa ditimbulkan, yaitu bengkak, kemerahan, perih pada bekas gigitan, gatal-gatal, pendarahan luar, dan sensasi terbakar. Rasa ini mirip dengan sengatan lebah ataupun tawon. Pada umumnya gejala ringan ini akan bertahan beberapa jam dan bisa sembuh dengan sendirinya. 

  1. Gejala berat

Tidak hanya gejala ringan, gigitan kelabang juga dapat menimbulkan beberapa gejala berat yang meliputi, demam, mual dan muntah, bengkak yang semakin parah, rasa gatal yang semakin parah, dan detak jantung yang bertambah cepat. Umumnya, gejala berat ini jarang terjadi. Akan tetapi tetap perlu diwaspadai dengan melakukan beberapa pertolongan  pertama saat digigit kelabang. 

Pertolongan pertama digigit kelabang

Lalu apakah yang harus dilakukan apabila terkena gigitan kelabang? Hal pertama, yaitu jangan panik karena gigitan ini bisa diatasi dengan pertolongan pertama yang sederhana. Berikut ini beberapa pertolongan pertama digigit kelabang yang bisa Anda lakukan di rumah. 

  • Segeralah bersihkan luka gigitan kelabang dengan air mengalir serta menggunakan sabun untuk meminimalkan risiko infeksi. 

  • Rendamlah luka gigitan kelabang dengan air hangat agar racun yang berbahaya dapat keluar. 

  • Kompres bekas gigitan menggunakan kompres hangat. 

  • Selain kompres hangat, Anda juga bisa mengompresnya dengan kompres dingin menggunakan kantong es untuk mengurangi bengkak, rasa sakit dan gatal. Lakukan hal ini setidaknya selama 10 menit hingga 20 menit. 

  • Oleskan obat salep yang mengandung hidrokortison untuk meredakan rasa gatal dan nyeri.

  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol. 

  • Konsumsi obat antihistamin apabila rasa gatal akibat gigitan kelabang tidak kunjung reda. 

Reaksi serius gigitan kelabang

Apabila setelah melakukan pertolongan pertama digigit kelabang ini, tetapi luka gigitan kelabang tidak kunjung mereda maka sebaiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter. Hal yang dikhawatirkan, yaitu menyebabkan beberapa reaksi yang serius. Beberapa komplikasi  yang bisa ditimbulkan akibat gigitan kelabang adalah sebagai berikut. 

  1. Sakit kepala yang parah

Reaksi serius akibat gigitan kelabang yang pertama, yaitu sakit kepala yang parah. Hal ini dapat terjadi karena luka bekas gigitan kelabang sudah terlanjur mengalami infeksi sehingga menimbulkan reaksi sakit kepala parah. Beberapa orang mungkin akan merasakan reaksi ini disertai dengan mual dan muntah. 

Baca Juga: Sakit Kepala Hebat? Waspadai, Bisa Saja Itu Vertigo

  1. Gangguan pada jantung

Luka gigitan kelabang yang telah mengalami infeksi juga bisa menyebabkan masalah pada gangguan jantung. Hal ini ditandai dengan detak jantung yang berdebar kencang. Kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan detak jantung menjadi lambat. Segeralah mencari bantuan medis apabila Anda mengalami hal tersebut. 

Baca Juga: Penyebab Jantung Berdebar Kencang Dan Cara Mengatasinya

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Reaksi serius yang terakhir, yaitu menimbulkan pembengkakan kelenjar getah bening. Reaksi ini disebabkan oleh antibodi yang mencoba melawan racun kelabang agar tidak menyebabkan infeksi. Apabila hal ini tidak mereda setelah satu hari maka segeralah mencari bantuan medis. 

Demikianlah penjelasan mengenai pertolongan pertama digigit kelabang yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda digigit kelabang atau mengalami gejala digigit kelabang, segera jalankan tindakan pertolongan pertama ini, lalu hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima penanganan yang tepat, terutama apabila luka yang dialami tak kunjung sembuh. Hal ini penting demi mencegah terjadinya reaksi serius dan berbahaya dari gigitan kelabang tersebut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Brennan, Dan. 2021. How to Care for Centipede Bites. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/how-to-care-for-centipede-bites
  2. Whelan, Corey. 2018. Identifying and Treating a Centipede Bite. https://www.healthline.com/health/centipede-bites
  3. Jerai, Mate. 2020. What happens when a centipede bites?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/centipede-bites#outlook
Bagikan artikel ini