Bantuan
Free Tele x

Pusing saat Puasa, Apakah Wajar?

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Ketika berpuasa, tidak sedikit orang-orang yang mengalami pusing atau migrain. Meski sudah sering berpuasa sekalipun, beberapa orang terkadang merasakan pusing juga.


Apakah pusing dan sakit kepala yang dirasakan saat puasa adalah hal yang wajar?


Perubahan pada Tubuh ketika Berpuasa

Tubuh memberikan respon khusus ketika berpuasa. Dalam tubuh, terjadi perubahan-perubahan dari sel hingga hormonal.

Perubahan ini bertujuan untuk membongkar cadangan energi dan memanfaatkannya karena saat puasa, tubuh tidak mendapat energi dari luar. 


Pusing saat Puasa

Tubuh memang dapat mengompensasi energi yang digunakan dengan cadangan energi yang tersedia. Namun, terdapat durasi tertentu kompensasi oleh tubuh sebelum mengalami kerusakan.

Rasa sakit kepala atau pusing serta migrain dapat menjadi salah satu gejala dari adanya perubahan pada tubuh. Oleh karena itu, pusing seringkali muncul pada awal berpuasa.

Penyebab pusing saat puasa hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, migrain serta pusing saat puasa memang sering dijumpai.

Mekanisme terjadinya gejala pusing ini memang belum diketahui, namun sudah terdapat beberapa teori mengenai penyebabnya, meski buktinya pun belum dapat dipastikan.


Hipoglikemia

Pusing atau sakit kepala dapat menjadi salah satu tanda dari hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi rendahnya kadar gula darah pada tubuh.

Pada saat puasa, hipoglikemia memang mungkin terjadi, tetapi tubuh seharusnya mampu mempertahankan gula darah untuk berpuasa selama 1 hari. Selain itu, pada orang-orang yang memiliki kadar gula darah normal pun dapat mengalami pusing.


Efek dari Kafein

Kopi menjadi salah satu minuman yang cukup digemari. Kopi mengandung kafein, yaitu zat yang dikenal untuk membuat tubuh tidak mengantuk.

Bila seseorang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, rasa pusing mungkin muncul ketika berhenti. Gejala pusing yang ditimbulkan pun serupa pada hipoglikemia.

Namun, sama seperti hipoglikemia, orang yang tidak terbiasa mengonsumsi kopi pun dapat merasakan pusing.


Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menyebabkan pusing. Kebutuhan cairan sangat mungkin tidak terpenuhi ketika berpuasa.

Meski cukup jarang dehidrasi sampai terjadi saat berpuasa, namun tetap perlu diwaspadai apalagi jika aktivitas yang kamu kerjakan sehari-hari membutuhkan fisik yang lebih.


Stres

Walaupun tidak dalam kondisi berpuasa, stres dapat menyebabkan sakit kepala. Namun gejala yang ditimbulkan dapat lebih parah ketika berpuasa karena tubuh berada dalam kondisi yang tidak pada biasanya. Tenangkan pikiran dan usahakan hindari pemicu stres.


Tanpa Riwayat Penyakit

Pusing dapat terjadi pula pada orang-orang yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit. Meskipun tidak pernah atau jarang mengalami pusing sehari-hari, kamu tetap dapat mengalami pusing saat puasa.


Mencegah Munculnya Pusing saat Puasa

Meski penyebab dari pusing itu belum diketahui, namun kamu bisa menghindari penyebab-penyebab yang memungkinkan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Salah satu caranya dengan tidak melewati Sahur.

Bila kamu hanya makan saat berbuka, tubuh mungkin kekurangan energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Bila kamu sudah memiliki jadwal puasa, seperti pada bulan Ramadan, ada baiknya kamu berhenti mengonsumsi kafein, seperti kopi atau teh, 1 minggu sebelum puasa. Tujuannya, agar tubuh dapat beradaptasi terhadap tidak adanya kafein, sebelum berpuasa.


Meski sudah melakukan cara-cara yang sudah dianjurkan, pusing saat puasa masih mungkin dapat dirasakan karena penyebab tiap individu dapat berbeda-beda.


Jika pusing yang dirasakan cukup berat dan mengganggu, lebih baik berkonsultasi kepada dokter dan meminum obat anti nyeri jika diperlukan. Obat anti nyeri terbukti dapat meredakan gejala pusing yang dirasakan saat puasa.


Referensi:

Abu-Salameh I, Plakht Y, Ifergane G. Migraine exacerbation during Ramadan fasting. J Headache Pain. 2010;11(6):513-517. doi:10.1007/s10194-010-0242-z

https://www.verywellhealth.com/how-fasting-can-cause-a-headache-1719448

https://headaches.org/2018/09/13/fasting-headache/#:~:text=Hypoglycemia%20(low%20blood%20sugar%20levels,be%20relieved%20by%20food%20intake.

Sanvictores T, Casale J, Huecker MR. Physiology, Fasting. [Updated 2020 Aug 23]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK534877/

Bagikan artikel ini