Bantuan

Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Berminyak, Ada Apa Saja?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

skincare kulit untuk berminyak

Menyesuaikan pemilihan jenis skincare untuk kulit berminyak yang tepat adalah hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan. Hal ini sejatinya tidak terlepas dari sifat kulit berminyak itu sendiri yang perawatannya dapat dikatakan cukup tricky dan oleh karenanya membutuhkan perawatan yang sesuai. Belum lagi jika mengingat sifat kulit berminyak itu sendiri yang cenderung mudah mengalami banyak masalah.

Pada tipe kulit berminyak, kehadiran permasalahan kulit seperti jerawat, wajah tampak berkilap dan kusam, hingga komedo yang menumpuk adalah pemandangan yang biasa, tetapi sejatinya sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, diperlukan pemilihan yang ekstra hati-hati terkait jenis skincare untuk kulit berminyak.

Overview Kulit Berminyak

Meskipun sebelumnya dijelaskan bahwa kulit berminyak cenderung memiliki banyak masalah, tetapi hal ini pada dasarnya dapat dibantu dengan penggunaan skincare yang tepat. Terlebih lagi, jika mengingat sebenarnya minyak alami wajah adalah hal penting yang dibutuhkan kulit.

Minyak pada wajah sejatinya penting untuk membantu menjaga kelembapan alami wajah dan menghindarkan wajah dari masalah tanda penuaan seperti kerutan. Namun, jika jumlah minyak yang diproduksi sudah terlalu banyak, pori-pori akan lebih mudah tersumbat dan pada akhirnya meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Jenis Skincare untuk Kulit Berminyak

Saat ini, dengan semakin banyak dan beragamnya pilihan jenis skincare yang tersedia di pasaran, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi sebagai pemilik kulit berminyak. Dalam hal ini, ada beberapa produk yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kulit berminyak tetap bersih dan sehat, serta tentunya terhindar dari minyak berlebih. Berikut ini adalah jenis skincare untuk kulit berminyak yang akan dijelaskan berurutan sesuai dengan tahapan pemakaiannya.

  1. Micellar Water

Sebagai pemilik kulit berminyak, jenis skincare berupa micellar water dapat menjadi first cleanser yang pas. Micellar water yang sebagaimana namanya, berbahan dasar air, sejatinya cocok untuk digunakan oleh segala macam tipe kulit, tetapi ada juga yang menghadirkan produk khusus untuk tipe kulit berminyak. 

  1. Facial Wash

Pilihan jenis skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah facial wash atau sabun pembersih wajah. Dalam hal ini, Anda bisa memilih jenis facial wash yang bersifat lembut  dan memiliki kandungan seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, glycolic acid, hingga beta-hydroxy acid. 

  1. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan metode double cleansing dengan micellar water dan facial wash, pemilik kulit berminyak dapat menggunakan toner. Ada dua jenis toner yang bisa digunakan, yakni exfoliating toner yang dapat mengeksfoliasi kulit berminyak serta hydrating toner yang dapat digunakan untuk memberi kelembapan pada kulit.

  1. Serum

Untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami kulit berminyak, Anda bisa menggunakan serum yang memiliki kandungan tertentu. Beberapa kandungan yang bisa Anda cari pada sebuah serum di antaranya adalah salicylic acid, vitamin C, niacinamide, retinol, lactic acid, dan lainnya.

  1. Pelembap

Kata siapa kulit berminyak tidak perlu pakai pelembap lagi? Jangan ikuti anggapan keliru ini karena pada dasarnya pelembap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Dengan ini, produksi sebum yang berlebihan dapat dicegah dengan baik.

  1. Sunscreen

Tidak hanya bagi kulit berminyak saja, tetapi untuk semua jenis kulit, sunscreen adalah jenis skincare yang paling wajib dan tidak bisa dilewatkan. Dalam hal ini, sunscreen dapat membantu menjaga kulit dari ancaman tanda penuaan dini, bahkan kanker kulit sekalipun. 

  1. Masker

Ada berbagai macam jenis masker wajah yang beredar di pasaran. Adapun yang cocok untuk kulit berminyak di antaranya adalah mud mask atau masker lumpur. Dalam hal ini, masker lumpur memiliki kandungan yang mampu membersihkan sel kulit mati serta dapat membersihkan kotoran dari pori-pori kulit secara tuntas dan mendalam.

Demikianlah penjelasan mengenai pilihan jenis skincare untuk kulit berminyak yang bisa Anda pilih. Saat memilih produk skincare, pastikan Anda memilih produk dengan label bebas minyak atau oil-free dan label noncomedogenic. Selain itu, pilihlah produk skincare yang berbasis air (water-based product) atau berbasis gel (gel-based product), yang bersifat lebih ringan dan cenderung tidak meninggalkan residu yang cukup berat pada kulit. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Anti Ribet! Tips Memilih Skincare untuk Semua Jenis Kulit

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Lindberg, Sara. 2020. A Daily Skin Care Routine for Oily Skin: 4 Key Steps. https://www.healthline.com/health/skin-care-routine-for-oily-skin-2

Safa, S. 2018. Skincare Routine for Oily Skin. https://www.littlewonderland.nl/en/blogs/beauty-blog/skincare-routine-for-oily-skin/

Watsons. 2021. Skincare Tips for Oily & Acne-prone Skin. https://www.watsons.co.id/blog/en/skincare-tips/skincare-tips-oily-acne-prone-skin

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang