Bantuan

Aman dan Efektif! Ini Dia Cara Menghilangkan Jerawat yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

Lidah Buaya

Cara menghilangkan jerawat merupakan salah satu keyword yang banyak dicari di internet. Bagaimana tidak, jerawat yang muncul di wajah ini sering kali mengganggu penampilan hingga mengurangi kepercayaan diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan. 

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup banyak terjadi. Pada dasarnya, penyakit ini tidaklah tergolong parah. Namun, jerawat yang tidak kunjung sembuh tentunya membuat beban pikiran tersendiri bagi penderitanya. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut cobalah lakukan beberapa cara menghilangkan jerawat yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Mengoleskan lidah buaya

Cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan mengoleskan lidah buaya ke jerawat tersebut. Hal ini karena pada gel lidah buaya terdapat kandungan yang dapat melawan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya secara menyeluruh ke seluruh wajah. Setelah itu diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Namun, mungkin pada beberapa orang cara ini akan menimbulkan reaksi alergi jadi cobalah untuk mengoleskan ke tangan terlebih dahulu untuk melihat reaksinya. 

Baca juga: Segudang Manfaat Lidah Buaya, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

  1. Mengoleskan madu

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah. Setelah itu, diamkan beberapa saat kurang lebih selama 15 menit. Langkah terakhir, yaitu membiasakan menggunakan air lalu lap dengan kain atau handuk yang lembut. 

Madu digunakan untuk menghilangkan jerawat karena memiliki antioksidan yang dapat meredakan peradangan jerawat. Selain itu, madu juga dapat membersihkan berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga mencegah munculnya jerawat baru. Tidak hanya itu sifat antimikroba yang dimiliki mau juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. 

  1. Menggunakan masker alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang bagus dikonsumsi karena memiliki khasiat yang banyak. Namun, bagaimana jika alpukat ini dijadikan sebagai bahan untuk mengobati jerawat? Dengan kandungan vitamin E yang ada di dalam alpukat, buah yang satu ini mampu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. 

Cara menggunakan buah alpukat untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan membuatnya menjadi masker wajah. Jadi, pertama-tama haluskan buah alpukat terlebih dahulu. Setelah halus, Anda bisa mencampurkan dengan madu lalu aplikasikan sebagai masker ke seluruh permukaan kulit wajah.

  1. Mencuci wajah dengan rutin

Cara menghilangkan jerawat yang penting untuk Anda lakukan selanjutnya, yaitu rutin mencuci wajah. Walaupun terdengar sangat sepele, tetapi mencuci wajah merupakan hal yang sangat penting. Mengingat jerawat bisa muncul karena berbagai bakteri dan kotoran yang menumpuk di wajah. Dengan mencuci wajah, maka berbagai kotoran dan bakteri tersebut dapat hilang.

Sangat dianjurkan untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari terutama setelah bepergian dan sebelum tidur. Namun hindari mencuci wajah terlalu sering, terutama jika menggunakan sabun pencuci wajah. Hal ini dapat menyebabkan kulit akan kehilangan minyak alaminya. 

  1. Mengoleskan tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat. Manfaat yang dimiliki tea tree oil ini berasal dari sifat antibakteri yang dimilikinya. Berkat sifat antibakteri ini, maka bakteri yang menjadi penyebab jerawat dapat teratasi. 

Sebelum Anda menggunakan tea tree oil ini untuk mengatasi jerawat, terlebih dahulu cuci wajah hingga bersih. Setelah itu, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak lainnya. Lalu gunakan kapas untuk mengoleskan tea tree oil pada bagian yang berjerawat. Namun perlu diperhatikan, pada beberapa orang mungkin saja cara ini dapat menimbulkan reaksi alergi. 

Itulah dia beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat kembali, beberapa cara di atas bisa saja menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terlebih lagi jika setelah melakukan beberapa cara di atas, tetapi jerawat tidak kunjung sembuh atau semakin parah, maka segera untuk memeriksakannya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Jerawat, Ini Dia Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Acne Prone

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Klein, Erika. 2020. 13 Powerful Home Remedies for Acne. https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies

Huizen, Jennifer. 2018. Fifteen home remedies for acne.  https://www.medicalnewstoday.com/articles/322455

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang