Bantuan
Free Tele x

Penting dalam Dunia Medis, Patologi Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jan 2022

Bagikan

Penting dalam Dunia Medis, Patologi Adalah?

Secara singkat, arti dari patologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari penyakit. Dalam dunia kesehatan, patologi ini menjadi salah satu ilmu dasar yang cukup penting karena akan mempelajari berbagai penyebab, sifat, mekanisme, hingga asal suatu penyakit. 

Dokter spesialis dalam ilmu ini adalah dokter spesialis patologi anatomi dan juga dokter spesialis patologi klinik. Sebagai ahli patologi, seorang dokter patologi akan dapat memiliki spesialisasi dalam berbagai macam penyakit, tidak terkecuali kanker. Bahkan, diagnosis kanker sebagian besar diberikan oleh dokter patologi. 

Dalam menjalankan tugasnya, dokter patologi akan mendiagnosis berbagai macam penyakit melalui pemeriksaan di laboratorium. Adapun hasil dari pemeriksaan oleh dokter patologi ini kemudian akan diberikan hasilnya dalam sebuah laporan patologi. 

Bidang-bidang dalam patologi

Terdapat berbagai macam bidang dalam ilmu patologi yang perlu Anda ketahui. Masing-masing dari bidang dalam ilmu patologi ini memiliki fokus dan metodenya masing-masing. Adapun beberapa bidang dalam ilmu patologi adalah sebagai berikut. 

  1. Patologi umum

Patologi umum adalah suatu bidang yang luas dan kompleks, dimana melibatkan studi mengenai mekanisme jaringan, gangguan sel, cara memperbaiki cedera, serta menganalisa respons tubuh. Secara umum, patologi pada bidang ini dikenal juga dengan patologi yang menggambarkan anatomi serta klinis. Orang yang mendalami patologi umum akan dilatih untuk bidang analisis laboratorium seperti kimia klinis dan hematologi. 

  1. Patologi anatomi

Sebagaimana namanya, bidang patologi anatomi memiliki hubungan erat dalam studi dan diagnosis penyakit pada anatomi tubuh. Dalam patologi anatomi, dijalankan analisis mikroskopis terhadap organ jaringan, sampel cairan tubuh, atau bahkan seluruh tubuh (melalui otopsi). Nah, bidang ini sendiri terbagi menjadi beberapa disiplin ilmu, yakni patologi forensik, histologi, dan sitologi. 

  1. Patologi genetika

Seorang ahli patologi genetika dapat menjalankan tes pada kromosom atau DNA yang sebelumnya telah diambil melalui cairan tubuh dan jaringan, untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit genetik yang diderita. Adapun 3 cabang utama dari bidang patologi genetika ini di antaranya adalah sitogenetika, genetika biokimia, serta genetika molekuler. 

  1. Patologi klinik

Bidang patologi yang selanjutnya, yaitu patologi klinik yang melibatkan analisis terhadap cairan tubuh yang meliputi urin, darah, dan jaringan. Salah satu contoh informasi yang didapatkan dari patologi klinik, yaitu perhitungan darah dan pembekuan darah. Orang yang mendalami patologi klinik akan belajar mengenai, hematologi, mikrobiologi, dan juga bank darah. 

  1. Patologi hematologi

Berkaitan dengan aspek yang penyakit yang mempengaruhi darah, bidang patologi hematologi dapat mengetahui berbagai macam penyakit seperti anemia, masalah pembekuan darah, hingga kondisi gangguan perdarahan. 

  1. Patologi imunologi

Orang yang mendalami patologi imunologi dapat melakukan tes fungsi kekebalan tubuh. Tujuannya yaitu untuk menentukan apakah pasien memiliki alergi ataukah tidak. Tidak hanya itu, ahli dalam bidang patologi imunologi juga dapat melakukan pendeteksian gangguan autoimun yang meliputi lupus, rheumatoid, arthritis serta diabetes tipe 1. 

  1. Patologi mikrobiologi

Patologi mikrobiologi ini akan berfokus pada penyakit-penyakit yang disebabkan oleh agen-agen patogen seperti virus, bakteri, parasit, hingga jamur. Dalam hal ini, ahli patogen mikrobiologi dapat menjalankan tes terhadap sampel untuk menguji apakah terjadi infeksi atau tidak. Selain itu, ahli patologi mikrobiologi juga memegang peranan yang penting dalam mengendalikan wabah infeksi, memastikan penggunaan obat antimikroba dengan tepat, serta meneliti tentang resistensi antibiotik. 

  1. Patologi kimia

Patologi kimia atau dikenal juga dengan istilah ahli biokimia dapat melakukan pemeriksaan terhadap semua aspek penyakit serta mendeteksi perubahan berbagai zat dalam darah dan cairan tubuh. Perubahan tersebut bisa memberikan informasi mengenai penyakit atau risiko penyakit. Sebagai contoh, yaitu menilai kadar kolesterol serta trigliserida yang bertujuan untuk mengetahui risiko penyakit jantung. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai patologi dan berbagai bidang yang terdapat di dalamnya. Peranan seorang patolog atau ahli patologi dalam sebuah tim medis sangatlah nyata. Patolog dalam hal ini akan dapat mendiagnosa dan menentukan penanganan yang paling tepat untuk sebuah penyakit. Dalam menjalankan tugasnya, tentu saja pendapat seorang patolog akan sangat dipertimbangkan oleh praktisi medis lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Robertson, Sally. 2019. What is Pathology?. 
  2. The Royal College of Pathologists. What Is Pathology?.
Bagikan artikel ini