Bantuan

Agar Tidak Kelelahan, Mari Simak Tips agar Tidur Nyenyak Saat Mudik Berikut ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

Tips tidur nyenyak saat mudik

Tips agar tidur nyenyak saat mudik penting Anda ketahui agar dapat melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman. Terlebih jika Anda membawa kendaraan sendiri dan menempuh perjalanan jauh. Hal ini perlu diketahui agar tidak mengantuk saat berkendara karena akibatnya bisa fatal sekali. Kira-kira apa saja tips agar tidur nyenyak saat mudik? Mari cari tahu sejumlah tips tidur nyenyak saat mudik melalui ulasan berikut ini.

Apa itu Mudik?

Mudik dikenal sebagai pulang kampung menjelang hari raya idul fitri. Yang mana telah menjadi tradisi setiap tahunnya. Biasanya banyak dilakukan melalui jalur darat seperti naik bus, kereta atau mobil pribadi. Dalam perjalanan jauh, mudik akan terasa melelahkan jika kita tidak cukup istirahat sehingga harus bisa menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak.

Tips agar Tidur Nyenyak Saat Mudik

Perjalanan mudik terkadang memakan waktu cukup lama, bisa berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Untuk mengobati rasa bosan di perjalanan, Anda bisa memanfaatkannya untuk tidur. Namun tidur di perjalanan terkadang bukan sesuatu hal yang mudah. Berikut tips agar tidur nyenyak saat mudik, di antaranya: 

  1.  Pastikan Perut dalam Keadaan Kenyang

Salah satu tips agar tidur nyenyak saat mudik ialah perut kenyang. Jika Anda berangkat pagi hari maka sebaiknya sahur terlebih dahulu agar tidak lapar di perjalanan. Sedangkan jika berangkat malam hari maka silahkan buka puasa terlebih dahulu. Selain membuat perut keroncongan, lapar bisa mengurangi fokus terlebih bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

  1.  Jangan Bermain Ponsel Secara Terus-menerus

Jangan bermain ponsel secara terus-menerus turut menjadi tips agar tidur nyenyak saat mudik. Ini karena cahaya ponsel bisa menurunkan kadar hormon melatonin di dalam tubuh. Di mana melatonin adalah zat alami di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur kapan waktu tidur. Akan lebih baik jika menyimpan ponsel dan mulai pejamkan mata ketika Anda merasa kantuk dan sudah waktunya untuk tidur. 

  1.  Membawa Bantal Leher

Bantal leher menambah rasa nyaman ketika tidur di perjalanan. Tanpa bantal leher, posisi tidur jadi serba salah dan mudah pegal-pegal sehingga sulit tertidur saat berada di perjalanan. Selain membawa bantal leher yang empuk, Anda bisa membawa penutup mata untuk menghalau cahaya dan menutup telinga agar terhindar dari suara bising yang mengganggu waktu tidur.

  1.  Mengonsumsi Obat Anti Mabuk

Tips agar tidur nyenyak saat mudik yang tidak kalah penting ialah mengonsumsi obat anti mabuk karena dapat merangsang rasa kantuk sehingga akan lebih mudah untuk tidur saat berada di perjalanan. Obat anti mabuk menjadi wajib dikonsumsi bagi Anda yang kerap mengalami mual dan muntah setiap kali berada di perjalanan. 

Manfaat Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga tidak hanya berguna saat di perjalanan saja. Berikut manfaat tidur nyenyak bagi kesehatan, di antaranya:

  1.  Memperkuat Metabolisme

Salah satu manfaat tidur nyenyak ialah meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Sebaliknya kurang tidur dapat menimbulkan disregulasi metabolik, meningkatkan penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan stroke. Oleh karena itu, penting bagi Anda memiliki rutinitas tidur yang baik, sekalipun berada di perjalanan. 

  1.  Mengurangi Stres

Orang yang tengah banyak pikiran atau stres cenderung memilih tidur untuk mengurangi beban di pikirannya. Ini karena tidur nyenyak dipercaya dapat meningkatkan mood. Selain itu, stres memiliki hubungan dengan obesitas karena dapat memicu nafsu makan secara berlebihan sehingga menimbulkan kenaikan berat badan.

  1.  Meningkatkan Imunitas

Manfaat tidur nyenyak bagi kesehatan selanjutnya ialah meningkatkan imunitas. Sehingga kekurangan tidur dapat membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan virus. Sebaliknya tidur nyenyak dapat memungkinkan tubuh memiliki sistem kekebalan seimbang untuk melawan beragam infeksi karena tubuh menyembuhkan dirinya saat tidur. 

Tips agar tidur nyenyak saat mudik dapat Anda coba melalui beragam cara seperti memastikan perut dalam keadaan kenyang, jangan bermain ponsel secara terus-menerus, membawa bantal leher dan mengonsumsi obat anti mabuk. Selain diperlukan saat mudik, tidur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan di antaranya memperkuat metabolisme, mengurangi stres dan meningkatkan imunitas.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Agar Berlangsung dengan Nyaman dan Aman, Ketahui Tips Membawa Bayi saat Mudik Ini

Tag :
Referensi

Semeco, Arlene. 20 Simple Tips That Help You Fall Asleep Quickly. 2020. Available at: https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-fall-asleep (Accessed: 22 April 2022).

Ellis Reiff, Rachel. Surprising Reasons to Get More Sleep. 2021. Available at: https://www.webmd.com/sleep-disorders/benefits-sleep-more (Accessed: 22 April 2022).

Bagikan artikel ini