Mengetahui Seluk Beluk Penyebab Eksim dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jan 2022

Bagikan

Mengetahui Seluk Beluk Penyebab Eksim dan Cara Merawatnya

Penyebab eksim menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan oleh penderitanya. Apakah penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit kulit menular? Apa penyebab seseorang menderita eksim? Apakah penderita eksim bisa sembuh? Bagaimana cara merawat penyakit eksim beserta gejalanya yang cukup mengganggu ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu memahami mengenai eksim itu sendiri, apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara merawatnya. Namun sebelum masuk pada pembahasan akan hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa itu eksim.

Overview Eksim

Eksim (Eczema) pada dasarnya merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada kulit, yang dikenal pula dengan sebutan dermatitis. Ciri dari eksim ini adalah peradangan yang ditandai dengan bengkak, rasa gatal, dan kemerahan pada permukaan kulit. Perlu diketahui bahwa penyakit kulit yang satu ini tidaklah menular. Meskipun begitu, kemunculan gejalanya yang begitu mengganggu kerap membuat penderitanya terhambat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Penyakit kulit yang satu ini sering terjadi pada anak-anak. Beberapa gejala yang akan muncul pada awalnya adalah munculnya kemerahan pada bagian kulit tertentu. Bagian ini kemudian akan mengalami iritasi, kering, dan bahkan bersisik. Pada kasus yang lebih parah, eksim ini bahkan menyebabkan pembentukan lepuh yang berair. Jika sudah seperti ini, dapat diindikasikan bahwa eksim telah menjadi infeksi.

Penyebab Eksim

Sampai saat ini, penyebab eksim sejatinya masih belum dapat dipastikan dan oleh karenanya masih terus dipelajari. Meskipun begitu, sejauh ini telah diketahui bahwa penyebab kemunculan eksim berhubungan dengan kombinasi dari faktor genetik dan juga imunitas seseorang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa poin penting yang seringkali dikaitkan dengan penyebab eksim. 

  1. Mutasi genetik

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa penderita eksim mengalami mutasi genetik/ Mutasi genetik ini menyebabkan dihasilkannya filaggrin, yakni sejenis protein yang mampu membantu tubuh mempertahankan pelindung alami pada lapisan kulit yang paling atas. 

Hal ini kemudian menyebabkan pelindung kulit menjadi lebih lemah, sehingga menyebabkan kulit lebih mudah kehilangan kelembapan alaminya dan kuman lebih mudah masuk ke dalam kulit. 

  1. Sistem imun sensitif

Peran sistem imun yang terlalu aktif kerap kali dihubungkan dengan penyebab eksim. Hal ini didapati dari beberapa respons dari tubuh penderita eksim yang cenderung bereaksi secara berlebihan terhadap zat tertentu, meskipun sebenarnya zat tersebut tidak begitu membahayakan tubuh. 

Ketika tubuh terkena zat tersebut, sistem imun tubuh akan langsung melepaskan antibodi, reaksi peradangan, dan histamin. Peradangan ini kemudian memicu timbulnya ruam kemerahan dan rasa gatal pada kulit yang dalam jangka panjang menyebabkan kerusakan.

  1. Faktor keturunan

Orang tua yang memiliki riwayat eksim memiliki kemungkinan yang cukup besar memiliki anak yang juga memiliki eksim. Hal ini karena eksim sejatinya merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat diturunkan secara genetik dalam silsilah keluarga. 

Faktor yang akan semakin meningkatkan risiko Anda mengalami eksim adalah apabila dalam keluarga Anda terdapat riwayat eksim. Satu saja pihak orang tua yang memiliki riwayat ini, anak memiliki kemungkinan 50% mengidap kondisi serupa. Kemungkinan ini tentu akan semakin tinggi lagi apabila kedua pihak orang tua mengidapnya.

Cara Merawat Eksim

Agar gejala yang ditimbulkan oleh eksim tidak begitu mengganggu, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah. Cara merawat eksim ini harapannya dapat membantu Anda terutama dalam mengurangi rasa gatal yang tak tertahankan. Berikut ini adalah beberapa cara merawat eksim di rumah.

  • Apabila eksim kumat, jangan biasakan untuk menggaruk kulit.

  • Gunakan pelembap berbahan alami seperti lidah buaya atau madu, secara rutin.

  • Kenali faktor pemicu kambuhnya eksim, lalu berusahalah untuk menghindari hal tersebut. 

  • Hindari mandi terlalu lama, karena hanya akan membuat kulit semakin kering dan mudah rusak.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai eksim, beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya, serta bagaimana cara merawatnya selama di rumah. Perlu diingat bahwa penyakit ini adalah jenis penyakit yang hilang-timbul. Untuk dapat mengetahui pemicunya dengan pasti, serta cara yang tepat untuk menanganinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit secara langsung. 

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Masalah Kulit akibat Pemakaian Masker Wajah

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Kulit & Kelamin sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. Southern Cross. Eczema - causes, symptoms, treatment. 
  2. Mayo Clinic. Atopic dermatitis (eczema). 
  3. McIntosh, James. 2021. What to know about eczema.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Kulit & Kelamin sekarang!

Pesan Konsultasi