Bantuan

Mengenal Kandungan Gizi pada Kangkung Beserta Ragam Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Mar 2022

Bagikan

Kangkung

Sudahkah Anda tahu apa saja kandungan gizi pada kangkung? Mungkin Anda selama ini mengenal kangkung sebagai sayuran yang menyebabkan  rasa kantuk.  Namun siapa sangka, sayuran yang sangat familiar di masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki kandungan gizi yang luar biasa. 

Kandungan Gizi Pada Kangkung

Dalam setiap 100 gram kangkung terdapat berbagai macam gizi di dalamnya. Apa saja kandungan gizi pada kangkung tersebut? Berikut ini jawabannya. 

  • Kalori: 19 kcal

  • Karbohidrat: 3,14 gram

  • Protein: 2,6 gram

  • Lemak Total: 0,20 gram

  • Vitamin A

  • Vitamin C

  • Tiamin: 0,030 mg

  • Riboflavin: 0,100 mg

  • Piridoksin: 0,096 mg

  • Asam pantotenat: 0,141 mg

  • Niacin: 0,900 mg

  • Folat 

  • Sodium: 113 mg

  • Kalium: 312 mg

  • Kalsium: 77 mg

  • Zat Besi: 1,67 mg

  • Mangan: 71 mg

  • Zinc: 0,018 mg

  • Fosfor: 39 mg

Manfaat Kangkung

Dengan berbagai kandungan gizi pada kangkung ini, bukan hal mustahil jika kangkung memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ragam manfaat kangkung yang perlu Anda ketahui. 

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Pasalnya kangkung memiliki kandungan vitamin A yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini dapat melindungi lapisan mata dan juga kornea dari infeksi virus dan bakteri. Tidak hanya itu, vitamin A juga dapat meningkatkan produksi cairan yang berguna untuk mencegah terjadi mata kering.  

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Selain menjaga kesehatan mata, kangkung juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan hati. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kangkung bermanfaat dalam melindungi hati dari luka, perdagangan, dan kerusakan.  Hal ini karena kangkung dapat memproduksi enzim yang akan membersihkan hati dari racun dan juga zat sisa yang bisa menyebabkan kerusakan. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C serta betakaroten yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu mencegah terjadinya kolesterol yang teroksidasi yang dapat memicu penyumbatan arteri hingga serangan jantung. Selain itu,  kandungan magnesium juga mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari berbagai penyakit. 

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya, yaitu dapat mencegah diabetes. Pasalnya, mengonsumsi kangkung secara rutin akan membantu mengembangkan ketahanan terhadap stres oksidatif yang diakibatkan oleh diabetes. Tidak hanya itu, kangkung juga dapat mengatasi diabetes gestasional atau diabetes selama kehamilan. Jadi ibu hamil bisa mengonsumsi kangkung untuk mengatasi masalah ini. 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ternyata kangkung juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kandungan  vitamin A dan vitamin C yang ada di dalamnya. Kedua vitamin tersebut terlibat dalam aktivitas sel darah putih yang bertugas melawan infeksi. Tidak hanya itu, vitamin A dan vitamin C juga dapat berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel imun dari kerusakan yang disebabkan  oleh radikan bebas. 

  1. Melawan Radikal Bebas

Kangkung memiliki berbagai kandungan antioksidan seperti phytol, asam palmitat, dan flavonoid. Berbagai kandungan antioksidan ini sangat diperlukan oleh tubuh dapat menangkal radikal bebas. Pasalnya, radikal bebas bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan DNA, jaringan bagian organ yang  ada di dalam tubuh. Tidak berhenti disitu saja, radikal bebas yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit yang serius seperti kanker. 

  1. Mengobati Anemia

Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh, yaitu mengobati anemia. Hal ini karena kangkung memiliki kandungan fosfor dan zat besi yang dapat mengatasi berbagai gejala anemia.  Zat besi itu sendiri dapat meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin. Sel darah merah sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengantuk oksigen keseluruh tubuh seperti otak dan jantung. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai kandungan gizi pada kangkung dan beragam manfaatnya. Perlu diperhatikan, sebelum mengolah kangkung, pastikan untuk selalu mencucinya dengan  air mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran serta pestisida yang menempel pada kangkung. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Sayur Bayam Yang Dapat Mencegah Kanker

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Nutrition And You. Kangkong (water spinach) Nutrition facts. https://www.nutrition-and-you.com/kangkong.html

Ware, Megan. 2020. What are the health benefits of kale?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270435

Gunnars, Kris. 2018. 10 Health Benefits of Kale. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-kale

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang