Ragam Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Beragam Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat susu kedelai? Seperti namanya, susu yang satu ini terbuat dari kacang kedelai. Cara membuatnya yaitu dengan direndam lalu dihaluskan dan direbus. Setelah itu, hasil rebusan tersebut akan disaring dan hasil saringan tersebut yang disebut dengan susu kedelai. 

Bagi para vegetarian, jenis susu yang satu ini merupakan salah satu alternatif pengganti susu hewani. Walaupun bukan terbuat dari hewani, namun susu ini memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan gizi tersebut diantaranya yaitu karbohidrat, protein, serat, gula, mineral dan lemak yang baik. 

Manfaat Susu Kedelai

Melihat kandungan gizi yang begitu banyak, wajar saja susu kedelai menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat susu kedelai yang perlu Anda ketahui pertama yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, susu kedelai merupakan sumber protein, mineral dan vitamin yang baik dalam membantu kinerja sel darah putih untuk menghasilkan antibodi. Tidak hanya itu, susu kedelai juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Kandungan antioksidan ini akan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang sedang memiliki masalah pada tekanan darah, cobalah  untuk mengonsumsi susu kedelai. Pasalnya susu kedelai dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Bahkan, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa susu kedelai lebih baik dalam menurunkan hipertensi ringan hingga sedang daripada susu sapi. 

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat susu kedelai yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu menurunkan kadar kolesterol. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan asam amino dan isoflavon dalam susu kedelai. Kedua kandungan tersebut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ketika kadar kolesterol jahat dalam darah terkendali, maka Anda akan terhindar dari risiko berbagai penyakit jantung seperti stroke dan lainnya.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Kacang Kedelai yang Perlu Anda Ketahui

  1. Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang dalam program penurunan berat badan? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai. Pasalnya, kandungan protein yang tinggi dalam susu kedelai sangat baik untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Hal ini karena, protein ini akan  menjadi sumber energi yang membuat Anda tidak menjadi lemas saat program penurunan berat badan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya didukung dengan olahraga yang rutin dan makan sehat. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Ketika usia semakin bertambah, maka kepadatan tulang pun akan semakin berkurang. Oleh karena itu, lansia kebanyakan memiliki masalah  pada kesehatan tulang karena terjadi pengeroposan. Namun, untuk mencegah kondisi ini terjadi pada Anda, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai. Pasalnya, susu kedelai memiliki kandungan vitamin D dan juga kalsium yang dapat memperkuat tulang serta menghindari risiko osteoporosis.  

  1. Melancarkan Pencernaan

Tahukah Anda, ternyata susu kedelai juga bermanfaat dalam membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena, susu kedelai memiliki banyak kandungan protein, karbohidrat dan juga lemak yang baik. Selain itu, kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu meningkatkan penyerapan makanan oleh usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan, cobalah mengonsumsi susu kedelai ini. 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat susu kedelai bagi tubuh yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu mampu mencegah kanker. Hal ini karena, susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat.. Selain itu, susu kedelai juga memiliki kandungan butyrate yang dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Butyrate itu sendiri merupakan salah satu jenis bakteri baik yang berperan sebagai anti inflamasi. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Walaupun memiliki beragam manfaat, namun Anda tidak boleh mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan. Ketika Anda mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan, maka bisa saja menimbulkan efek samping seperti menurunnya jumlah sperma dan gangguan fungsi tiroid.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Menilik Aspek Nutrisi Susu Nabati Sebagai Pengganti Susu Sapi

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Cassoobhoy, Arefa. 2020. Health Benefits of Soy Milk.
  2. Megala, Jessica. 2019. All About Soy Milk: Nutrition, Benefits, Risks, and How It Compares With Other Milks.
  3. Plowe, Kelly. 2021. 6 Solid Benefits of Soy Milk, and 2 Drawbacks to Consider.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi