Apa Saja Manfaat Setrika Wajah dan Efek Sampingnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Manfaat Setrika Wajah dan Efek Sampingnya?

Mungkin Anda para wanita sudah pernah mendengarnya, namun apakah Anda tahu apa manfaat setrika wajah? Setrika wajah merupakan salah satu perawatan kulit yang dilakukan dengan radio frequency untuk dapat melawan penuaan dan mengencangkan kulit. Namun, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dari setrika wajah. Apa saja manfaat tersebut? Simak terus penjelasan berikut ini.


Manfaat Setrika Wajah

  1. Melawan kerusakan yang diakibatkan sinar matahari

Manfaat setrika wajah yang pertama yaitu dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari dapat menyebabkan kolagen kulit menjadi rusak dan tidak teratur. Dalam sebuah studi, menunjukkan bahwa melakukan perawatan setrika wajah selama 3 bulan dapat meningkatkan kesehatan pada orang dengan tanda-tanda kerusakan yang disebabkan sinar matahari. 

  1. Mengencangkan kulit yang kendur

Manfaat setrika wajah yang selanjutnya yaitu dapat mengencangkan kembali kulit yang kendur. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa 24 dari 25 orang yang telah menjalani perawatan setrika wajah sebanyak 5 hingga 8 kali, mengalami pengencangan kulit. Manfaat yang satu ini tidak hanya untuk kulit bagian wajah saja, namun juga bisa untuk bagian tubuh lainnya seperti, perut dan juga paha. 

  1. Menyamarkan kerutan di wajah

Kerutan yang muncul di wajah bisa disamarkan menggunakan setrika wajah. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 70 wanita separuh baya, menunjukkan hasil bahwa perawatan setrika wajah selama 6 minggu mampu mengurangi kerutan disekitar mata mereka. Namun, saat ini perawatan setrika wajah digunakan untuk mencegah munculnya gejala penuaan seperti kerutan diwajah. 

  1. Membuat pipi menjadi tirus

Manfaat setrika wajah lainnya yaitu bisa membuat pipi Anda menjadi tirus. Perawatan setrika wajah yang mampu membuat pipi Anda menjadi tirus yaitu face contouring treatment. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan pada 14 wanita paruh baya dengan memecah lemak pada bagian bawah wajah. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa setelah 5 minggu, 90% paruh baya tersebut mengalami penurunan lemak pada wajah bagian bawah sebanyak 60%.


Efek Samping Setrika Wajah

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari perawatan setrika wajah tersebut, muncullah pertanyaan, apa efek samping dari perawatan setrika wajah? Pada dasarnya, setrika wajah merupakan prosedur yang aman untuk dilakukan. Akan tetapi, tidak ada perawatan yang tanpa efek samping ataupun bebas risiko 100%. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi.

  1. Kulit menjadi kemerahan dan bengkak

Efek samping setrika wajah yang pertama yaitu kulit menjadi kemerahan dan bengkak. Akan tetapi, efek samping ini pada umumnya akan cepat mereda setelah beberapa jam. Untuk dapat meredakannya, Anda bisa mengompres es pada wajah yang mengalami kemerahan dan bengkak. Apabila efek samping ini tidak segera membaik, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

  1. Risiko terpapar radiasi

Perawatan setrika wajah menggunakan radio frequency yang dapat menyebabkan Anda terpapar radiasi. Namun, pada dasarnya perawatan setrika wajah sudah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalkan efek samping tersebut. Akan tetapi, pada beberapa orang mungkin masih sensitif terhadap paparan radiasi yang ditimbulkan. Apabila Anda termasuk orang yang sensitif, maka akan merasakan sakit pada saat menjalani perawatan setrika wajah dan membutuhkan obat penenang. 

  1. Kemungkinan mengalami bekas luka

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari perawatan setrika wajah yang terakhir yaitu bekas luka. Hal ini bisa terjadi apabila teknik setrika wajah yang dilakukan salah, sehingga dapat menimbulkan bekas luka yang permanen seperti luka bakar, infeksi atau pigmentasi kulit. Agar dapat menghilangkan bekas luka tersebut, biasanya dokter akan menyuntikkan kortikosteroid pada bekas luka. 

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan juga efek samping yang dapat ditimbulkan dari setrika wajah. Apabila Anda ingin melakukan perawatan setrika wajah ini Anda harus memperhatikan klinik yang menjadi tujuan Anda. Pastikan klinik tersebut merupakan klinik resmi yang sudah mempunyai izin dan memiliki reputasi yang baik. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Yetman, Daniel. What is Radiofrequency Skin Tightening (2020) 

So, Are Radiofrequency Treatments Really Safe?. (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi