Apa Saja Makanan yang Harus dikonsumsi Saat Terkena COVID? Temukan Jawabannya di Bawah Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Makanan yang Harus dikonsumsi Saat Terkena COVID? Temukan Jawabannya di Bawah Ini

Mungkin beberapa diantara Anda ada yang bertanya-tanya, apa saja makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID? Namun Anda tidak perlu bingung lagi, karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID. Oleh karena itu, simak terus penjelasan di bawah ini.


Makanan untuk Penderita COVID

  1. Buah

Makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID yang pertama yaitu buah. Beberapa buah yang sangat disarankan yaitu jeruk, anggur, apel, atau pisang. Buah-buahan tersebut dapat dipotong-potong menjadi kecil lalu dibekukan dan dimakan nanti. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat buah-buahan tersebut menjadi smoothie

  1. Sayuran

Selain buah, Anda juga harus mengonsumsi sayur pada saat terkena COVID. Beberapa sayuran yang baik untuk dikonsumsi yaitu wortel, lobak, brokoli, dan kembang kol. Sayur-sayuran tersebut bisa bertahan lebih lama sehingga tidak mudah busuk, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang isolasi mandiri. 

  1. Telur

Makanan yang harus Anda konsumsi saat terkena COVID yang selanjutnya yaitu telur. Hal ini karena telur merupakan sumber protein dan juga nutrisi yang sangat serbaguna. Akan tetapi, jika Anda ingin mengonsumsi telur, sebaiknya Anda mengolahnya dengan cara direbus daripada digoreng. 

  1. Susu

Makanan yang harus Anda konsumsi saat terkena COVID yang terakhir yaitu susu. Produk-produk susu merupakan sumber nutrisi dan juga protein yang murah. Sebaiknya Anda memilih produk susu yang rendah lemak untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh. 


Vitamin untuk Pasien COVID

Selain mengetahui makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID, Anda juga perlu mengetahui vitamin yang baik saat terkena COVID. Lantas, apa saja vitamin yang baik saat terkena COVID? Temukan jawabannya di bawah ini.

  1. Vitamin C

Vitamin yang dapat Anda konsumsi saat terkena COVID yaitu vitamin C. Hal ini karena vitamin C memiliki antioksidan yang bisa mengurangi peradangan dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat memperbaiki sel-sel di dalam tubuh agar cepat pulih. Akan tetapi, Anda perlu membatasi konsumsi vitamin C dengan dosis harian cukup 250-1000 mg. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari makanan ataupun suplemen. 

  1. Vitamin D

Vitamin yang dapat Anda konsumsi saat terkena COVID yang selanjutnya yaitu vitamin D. Hal ini karena vitamin D memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang menjadi pertahanan kekebalan tubuh. Sama halnya dengan vitamin C, vitamin D juga dapat mengurangi peradangan. Dosis harian yang disarankan yaitu 1.000 - 4.000 IU. 

  1. Vitamin B

Vitamin yang dapat Anda konsumsi saat terkena COVID yang terakhir yaitu vitamin B, terutama vitamin B6 dan vitamin B12. Kedua vitamin tersebut dapat menjaga kondisi tubuh Anda tetap prima. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B dari beberapa makanan seperti telur, daging sapi, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 


Cara menyiapkan makanan yang aman

Apabila Anda atau keluarga Anda terkena COVID dan melakukan isolasi mandiri di rumah, maka akan memenuhi kebutuhan makanan sendiri. Oleh karena itu, selain menyediakan makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID, tapi juga perlu memperhatikan cara menyiapkan makanan yang aman. Lantas, bagaimana cara menyiapkan makanan yang aman? 

  1. Pastikan jaga kebersihan tangan, dapur, dan juga peralatan masak. 

  2. Pastikan Anda memisahkan makan mentah dengan makanan matang. 

  3. Pastikan Anda memasak makanan hingga matang. 

  4. Pastikan Anda menyimpan makanan disuhu yang aman yaitu di bawah 5 derajat celcius atau di atas 60 derajat celcius. 

  5. Pastikan Anda menggunakan bahan baku yang aman.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, maka akan menghindari terbawanya penyakit pada makanan. Dengan begitu, proses penyembuhan COVID akan semakin berjalan lancar. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID dan juga vitamin yang perlu dikonsumsi. Semoga informasi mengenai makanan yang harus dikonsumsi saat terkena COVID bisa bermanfaat untuk Anda dalam menghadapi pandemi yang sedang berlangsung saat ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

WHO. Food and nutrition tips during self-quarantine

Valente, Lisa. What Should You Eat If You Come Down with Coronavirus? (2020) 

20 Vitamins and Supplements To Boost Immune Health for COVID-19 (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi