Jangan disepelekan, Ini Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Jangan disepelekan, Ini Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Nyamuk merupakan salah satu hewan pengisap darah yang tidak bisa Anda sepelekan, sebelumnya tahukah Anda beberapa jenis nyamuk dan bahayanya? Beberapa jenis nyamuk cukup berbahaya jika tidak segera ditangani, karena nyamuk bisa meninggalkan virus dalam darah manusia pada saat menggigit. Virus ini kemudian berkembang, hingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh nyamuk pada umumnya ialah penyakit demam berdarah dan cikungunya. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan di dunia. Berikut beberapa jenis nyamuk dan bahayanya yang perlu Anda ketahui:

  1. Aedes aegypti

Salah satu jenis nyamuk dan bahayanya yang perlu Anda ketahui ialah Aedes aegypti. Nyamuk jenis ini  bisa menyebabkan penyakit demam berdarah yang perlu segera Anda tangani. Aedes aegypti berwarna hitam pekat, dengan perut yang runcing dan memiliki dua garis putih di punggung dan pita putih di kakinya.  Hewan pengisap darah ini bisa menyerang Anda pada saat musim hujan atau ketika Anda berada di lingkungan yang lembap.

  1. Anopheles

Anopheles merupakan salah satu jenis nyamuk berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit malaria. Malaria merupakan penyakit yang mudah menular dan menyebar melalui gigitan nyamuk. Penderitanya akan merasakan gejala demam dan menggigil, penyakit ini bisa sembuh jika segera ditangani. Nyamuk jenis ini biasanya berkembang di daerah rawa, maka dari itu Anda perlu berhati-hati, dengan tetap menjaga diri agar terhindar dari gigitan nyamuk jenis ini.

  1. Culex

Nyamuk culex adalah jenis nyamuk yang hidup di perairan yang kotor seperti selokan dan biasanya keluar pada saat malam hari. Salah satu bahaya jenis nyamuk ini ialah bisa menimbulkan kaki gajah. Untuk itu, bagi Anda yang tinggal di daerah yang dekat dengan sungai, atau banyak genangan air hujan, maka sebaiknya gunakan kelambu atau alat penangkap nyamuk, agar terhindar dari nyamuk jenis ini.

  1. Psorophora

Salah satu jenis nyamuk dan bahayanya yang perlu Anda ketahui selanjutnya ialah Psorophora. Jenis nyamuk ini memiliki ukuran yang besar jika dibandingkan dengan jenis nyamuk lainnya. Bahaya yang ditimbulkan dari jenis nyamuk ini ialah penularan arbovirus, yang memiliki gejala seperti flu sedang atau bahkan hingga parah. Jenis nyamuk ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi.

  1. Mansonia

Jenis nyamuk mansonia memiliki tubuh besar, berwarna hitam atau cokelat, dan memiliki kilauan di sayapnya. Jenis nyamuk ini banyak berkembang di air yang memiliki tumbuhan air, seperti danau dan rawa. Bahaya yang ditimbulkan dari nyamuk mansonia ialah penularan demam rift valley baik pada hewan ternak maupun manusia. Anda bisa mencegah perkembangan nyamuk ini dengan membasmi tumbuhan liar yang terdapat di perairan.

Cara terhindar dari gigitan nyamuk berbahaya

Beberapa jenis nyamuk di atas cukup berbahaya jika Anda biarkan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk melakukan serangkaian tindakan pencegahan, agar terhindar dari salah satu jenis nyamuk dan bahayanya itu. Berikut serangkaian pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  1. Gunakan alat pengusir nyamuk

Salah satu tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan raket listrik untuk membasmi nyamuk, baik di dalam ruangan maupun di luar. Raket pengusir nyamuk ini cukup aman digunakan karena bebas dari bahan kimia. Namun, meski begitu, sebaiknya  jauhkan alat ini dari jangkauan anak-anak agar tidak tersengat listrik.

  1. Menjaga lingkungan rumah tetap bersih

Menjaga kebersihan lingkungan rumah merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Anda bisa memastikan lingkungan rumah tetap bersih, dengan membersihkan genangan air tempat nyamuk berkembang biak. Anda juga bisa menaburkan larvasida pada bak mandi atau penampungan air.

  1. Menggunakan losion anti nyamuk

Losion anti nyamuk bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mencegah gigitan nyamuk. Anda bisa memilih losion berbahan lembut, seperti  minyak lemon eukaliptus. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon, karena kandungan dan aroma minyak tersebut bisa menjauhkan Anda dari gigitan serangga tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis nyamuk dan bahayanya perlu Anda ketahui. Agar terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya, Anda perlu menjaga lingkungan tetap bersih. Anda juga bisa mencegahnya dengan menggunakan alat atau produk pembasmi nyamuk.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Rueb S, Emily. Peril on Wings: 6 of America‚Äôs Most Dangerous Mosquitoes. 2016. 

India Today: 6 dangerous diseases that you can contract from a mosquito bite. 2018.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi