Gejala Infeksi Virus Corona atau Covid-19 Dari Hari Pertama

18 Mar 2020 • Tips Kesehatan

Ditulis oleh               : dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh  : dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


Virus Corona atau Covid-19 sudah mulai menyerang Indonesia. Hingga saat ini (17/3), total sudah ada 172 orang WNI yang dikonfirmasi terinfeksi virus Corona, dengan jumlah meninggal dunia sebanyak 5 orang. Kondisi ini membuat pemerintah mengumumkan Masa Darurat Bencana Corona hingga 29 Mei 2020.

Namun jangan panik, penyakit yang dikenal juga dengan nama Flu Wuhan ini muncul bukan tanpa gejala. Dengan mengenali gejala-gejala yang mungkin muncul, Anda akan lebih mudah melakukan langkah penanganan yang tepat, sesuai dengan kaidah medis yang berlaku.

Gejala Infeksi Virus Corona/Covid-19

Salah satu gejala infeksi virus Corona yang paling mudah dikenali adalah, munculnya demam yang terus berkembang dari hari ke hari. Hal ini terungkap lewat sebuah studi yang dilakukan terhadap 140 pasien yang sempat dirawat di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan, China.

Mengutip dari laman Business Insider, 99 persen pasien yang dirawat di RS Zhongnan mengalami demam terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan mengalami kelelahan yang sangat hebat, hingga batuk kering. Untuk beberapa pasien dilaporkan mengalami keluhan nyeri otot dan kesulitan bernapas (seperti ISPA).

Sementara menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) China, berikut merupakan beberapa gejala yang muncul ketika Anda terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

  1. Hari ke-1, demam dengan gejala tambahan berupa nyeri otot, rasa lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien dilaporkan sempat mengalami diare atau mual selama 1-2 hari sebelumnya.
  2. Hari ke-5, muncul masalah pernafasan. Masalah ini mayoritas menimpa pasien yang sudah lanjut usia, atau pasien yang punya penyakit penyerta, seperti ISPA dan lainnya.
  3. Hari ke-7, kebanyakan pasien infeksi Corona mulai melaporkan penyakitnya. Mereka pun mulai ditetapkan sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan) hingga suspek.
  4. Hari ke-8, pasien dengan kasus parah akan mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik.
  5. Hari ke-10, rumah sakit akan menilai kondisi pasien. Jika memburuk, mereka akan mendapatkan perawatan ICU. Pasien dalam kondisi ini pasien mungkin akan kehilangan nafsu makan dan mengalami sakit perut.

Jangan khawatir, meski terlihat mengerikan, namun tingkat kematian akibat infeksi virus corona hanya berkisar pada angka 2 persen saja. Dengan kata lain, angka kemungkinan sembuh masih sangat tinggi. Dengan catatan, Anda segera mendapatkan penanganan medis sebelum gejala hari ke-10.Pasien umumnya akan dinyatakan sembuh setelah hari ke-17.

Gejala Awal Mungkin Datang Terlambat

Pakar epidemiologi dari University of Texas, Amerika Serikat, Lauren Ancel Meyers menyebut jika gejala infeksi Covid-19 mungkin saja terlambat. Dalam kebanyakan kasus, pasien akan mulai menunjukkan gejala infeksi setelah lima hari sejak pertama kali terinfeksi.

Hal yang sama diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, yang menyebut gejala infeksi Covid-19 umumnya butuh waktu selama 5 hari sejak pertama kali terinfeksi. Sangat jarang ada pasien yang baru mengalami gejala di atas 12 hari setelah terinfeksi.

Temuan menarik lainnya, screening simptomatik seperti pemeriksaan suhu tubuh yang sering dilakukan di bandara atau tempat lainnya, kurang efektif untuk mendeteksi infeksi virus Corona, karena gejala tidak muncul pada orang yang baru terinfeksi.

Infeksi Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri

Menurut data terbaru yang dihimpun dari keterangan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto (17/3), hingga saat ini jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona sudah mencapai 9 pasien, termasuk pasien untuk kasus 01, 02 dan 03.

Dalam sebuah konferensi pers yang dilakukan oleh mantan pasien Covid-19, virus corona merupakan self limiting disease. Artinya virus ini bisa musnah sendiri dengan melakukan beberapa langkah sehat, diantaranya disiplin minum air putih dan memperhatikan asupan gizi untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Selain itu, penting untuk menjalankan personal hygiene atau menjaga pola hidup bersih dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan mematuhi himbauan pemerintah, termasuk social distancing atau pembatasan kegiatan sosial, seperti menghindari perkumpulan dengan banyak orang.

Jika Anda membutuhkan informasi terkait infeksi virus Corona, tidak perlu pergi ke rumah sakit. Demi menghindari kerumunan, gunakan aido health, aplikasi kesehatan yang memungkinkan Anda untuk menemukan dokter, dan berkonsultasi terkait kesehatan secara online.

Jika dokter menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan medis, segera lakukan. Penanganan yang cepat dan tepat akan membantu Anda untuk pulih lebih cepat, sekaligus mencegah terjadinya penularan virus Corona ke orang lain.