Bantuan

Hidup Sehat dengan Tomat

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 May 2021

Bagikan

Hidup Sehat dengan Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang kerap menjadi bagian dari berbagai jenis makanan dan sajian di Indonesia maupun di seluruh dunia. Rasanya yang nikmat dan warnanya yang mencolok membuat tomat menjadi salah satu buah favorit masyarakat. Yuk kenali lebih lanjut tentang tomat dan manfaatnya bagi kesehatan!

Tomat (Solanum lycopersicum) adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun dari aspek botani tomat tergolong sebagai buah-buahan, tomat sering dikonsumsi dan disajikan layaknya sayuran.

Tomat merupakan sumber utama salah satu jenis antioksidan yang disebut dengan lycopene, yaitu zat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. 

Tomat juga menjadi sumber utama vitamin C, kalium, folat, serta vitamin K. Meskipun pada umumnya tomat berwarna merah saat sudah matang, beberapa varian tomat juga ada yang berwarna kuning, oranye, hijau, dan bahkan ungu. Berbagai jenis tomat juga hadir dalam bentuk dan rasa yang berbeda-beda.


Kandungan gizi tomat

Tomat memiliki kandungan air yang sangat tinggi dengan persentase 95%. 5% sisanya merupakan karbohidrat dan serat. Zat gizi yang terkandung dalam sebuah tomat mentah berukuran kecil (sekitar 100 gram) antara lain:

  • Kalori: 18

  • Air: 95%

  • Protein: 0,9 gram

  • Karbohidrat: 3,9 gram

  • Gula: 2,6 gram

  • Serat: 1,2 gram

  • Lemak: 0,2 gram


Selain itu, tomat adalah sumber berbagai jenis vitamin dan mineral, yaitu:

  • Vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi penting dan merupakan antioksidan.

  • Kalium. Kalium bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

  • Vitamin K1 (filokuinon), yang berperan penting dalam penggumpalan darah dan meningkatkan kesehatan tulang

  • Vitamin B9 (folat), yang penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan menjaga supaya sel-sel tubuh berfungsi dengan baik. Folat sangat penting untuk wanita hamil.


Komponen tumbuhan utama pada tomat antara lain:

  • Lycopene, yaitu suatu antioksidan serta pemberi warna merah pada tomat.

  • Beta karoten, yaitu antioksidan yang dapat dikonversi menajdi vitamin A dalam tubuh.

  • Naringerin, berperan untuk menurunkan peradangan serta mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

  • Asam klorogenik, yaitu yang berfungsi menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.


Manfaat tomat bagi kesehatan antara lain:


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lycopene dalam tomat dapat melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan sel-sel dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Konsumsi tomat dapat membantu mencegah kanker paru-paru, kanker lambung, atau kanker prostat.


Menjaga kesehatan jantung

Lycopene dalam tomat dapat menurunkan kadar kolesterol “jahat” di dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Vitamin B, E, dan berbagai antioksidan juga mampu meningkatkan kesehatan jantung.


Menjaga kesehatan mata

Tomat memiliki suatu zat yang disebut lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi mata dari blue light yang dihasilkan gawai elektronik. Lutein dan zeaxanthin juga dapat meringankan pusing kepala akibat mata yang kelelahan. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa tomat mampu menurunkan risiko penyakit degenerasi mata yang menyebabkan kebutaan.


Mempertahankan kesehatan mulut

Lycopene dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit terkait gusi seperti gingivitis dan periodontis dengan cara melawan radikal bebas. Akan tetapi, terlalu banyak memakan tomat mentah dapat merusak enamel gigi karena mengandung asam yang tinggi sehingga kamu harus tetap berhati-hati.


Menjaga kesehatan kulit

Tomat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit. Lycopene dalam tomat dapat melindungi kulit dari terbakar matahari. Berdasarkan suatu studi, seseorang yang mengonsumsi 40 gram pasta tomat yang setara dengan 16 mg lycopene selama 10 minggu akan mengalami penurunan pada kemerahan akibat terbakar matahari sebesar 40%.


Tomat adalah jenis buah-buahan yang lezat, manis, empuk, serta kaya akan antioksidan sehingga mampu mencegah kita dari berbagai penyakit, sehingga buah ini sangat baik untuk dijadikan bagian dari pola makan sehat.


Baca Juga: Apakah Membaca dalam Keadaan Gelap benar merusak mata?


Referensi:

  1. https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes 

  2. https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-tomato-health-benefits#:~:text=Tomatoes%20are%20loaded%20with%20a,and%20E%2C%20and%20other%20nutrients.

Bagikan artikel ini