Bantuan
Bantuan

Cari Tahu Jenis dan Biaya Fisioterapi, Lengkap di Sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Feb 2022

Bagikan

jenis dan biaya fisioterapi

Berapa sebenarnya biaya fisioterapi yang diperlukan? Mungkin Anda pernah bertanya hal ini. Jika kamu mendengar istilah fisioterapi, mungkin sering kali kamu berpikir bahwa ini terjadi kepada orang yang lumpuh. Namun, sebenarnya ada banyak fungsi atau manfaat dari fisioterapi ini. Apa itu fisioterapi? Sebuah tindakan medis yang berguna untuk memulihkan fungsi tubuh, misalnya ketika seseorang mengalami keterbatasan fisik yang mana diakibatkan oleh penyakit atau cedera. Selain untuk memulihkan kondisi tubuh, fisioterapi juga berguna untuk pencegahan cedera. Fisioterapi juga berguna untuk membantu memulihkan atau mencegah beberapa kondisi kesehatan. Dimana adanya masalah kesehatan yang berkaitan dengan otak, sistem jaringan tubuh, paru-paru, pernapasan, jantung, sirkulasi, sendi, jaringan lunak, dan tulang. 

Beberapa penyakit yang dapat dibantu untuk penyembuhannya adalah nyeri sendi, sakit punggung, terkilir, sakit lutut, gangguan saraf, parkinson, patah tulang, terapi pertumbuhan anak, pemulihan pasien stroke, dan kecelakaan kerja. Selain itu, fisioterapi juga dapat menyembuhkan pemulihan pasca pembedahan dan serangan jantung, dan pemulihan fungsi pernapasan misalnya seperti pasien PPOK dan kista fibrosis. Jika kamu bertanya berapa biaya fisioterapi? Maka, dikatakan bahwa biaya fisioterapi akan tergantung pada program yang akan dijalani. 

Untuk mendapatkan fisioterapi, maka biasanya Anda akan dianjurkan oleh dokter atau ahli medis. Tentu saja, setelah menjalani beberapa pemeriksaan. Anda juga bisa langsung menghubungi fisioterapi sehingga tidak hanya menjalani fisioterapi saja. Namun, Anda juga akan mendapatkan konsultasi atas keluhan kondisi kesehatan tubuh. Di Indonesia, biaya fisioterapi mulai dari 100 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah per sesi. Dengan catatan, itu merupakan biaya di rumah sakit swasta. Biaya juga bisa melebihi dari itu, jika pelayanan rumah sakit bagus dan ekslusif. Tak hanya tergantung pada program yang dijalani, tetapi biaya fisioterapi juga disebut tergantung pada jenis fisioterapi apa yang akan Anda lakukan. Berikut ini macam jenis fisioterapi, yang perlu Anda ketahui:

Baca juga: Fisioterapi di Jakarta

  1. Terapi manual

dimana jenis fisioterapi ini menggunakan cara dimana fisioterapis memanipulasi jaringan kulit dan memijat, dengan tangan mereka sendiri. Umumnya jenis terapi ini, digunakan untuk meredakan sakit, mengurangi kekakuan, membantu relaksasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu pergerakan bagian tubuh. Mungkin jenis fisioterapi ini terlihat hanya fokus pada penyakit tertentu, tetapi terapi manual bisa juga bisa digunakan untuk kondisi atau masalah kesehatan yang lain. Terapi manual bisa meningkatkan kualitas hidup untuk jangka panjang, misalnya seperti mengurangi tingkat kecemasan dan juga untuk meningkatkan kualitas tidur. Terdapat teknik dari jenis terapi manual ini yang mana dapat digunakan untuk bantu menyehatkan kondisi paru-paru tertentu.

  1. Pergerakan serta olahraga

Jenis fisioterapi ini umumnya digunakan untuk meningkatkan mobilitas atau pergerakan Anda, misalnya seperti memberikan alat bantu mobilitas, latihan untuk menjaga tingkat aktivitas fisik yang dilakukan, hidroterapi, yaitu terapi dalam kolam air hangat, aktivitas menggunakan seluruh tubuh seperti berjalan dan berenang, dan latihan fisik untuk melatih kekuatan dari bagian tubuh tertentu. Tentunya latihan ini akan dilakukan secara repetitif atau secara berulang. Selain itu, ada jenis olahraga lain yang bisa bantu Anda mengurangi rasa sakit. Bahkan, dapat bantu Anda melatih keseimbangan demi mencegah jatuh. Anda dapat berkonsultasi dengan fisioterapis tentang ini, supaya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

  1. Saran dan bimbingan

Jenis fisioterapi ini memiliki kegunaan untuk membimbing pasien, dalam menjalani hidup yang lebih sehat. Dimana fisioterapi itu sendiri berfokus pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya itu, pada suatu penyakit, kondisi spesifik, atau cedera. Anda dapat memulai jenis terapi ini dari olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Fisioterapi juga akan menyarankan saran untuk mengurangi rasa sakit. Misalnya, bagaimana postur tubuh yang baik dan bagaimana teknik mengangkat barang yang benar, juga tak ketinggalan bagaimana posisi tidur yang baik.  

Tentunya untuk melakukan fisioterapi, Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli fisioterapi. Ini penting untuk melihat jenis fisioterapi mana yang cocok dan dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

https://superyou.co.id/blog/kesehatan/fisioterapi/

https://www.google.co.id/amp/s/www.orthobethesda.com/blog/how-much-does-physical-therapy-cost/amp/

Bagikan artikel ini