Bantuan
Free Tele x

Cari Tahu Gejala dan Penyebab Terjadinya Radang Paru-Paru

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Cari Tahu Gejala dan Penyebab Terjadinya Radang Paru-Paru

Radang paru-paru ialah kondisi dimana terjadinya peradangan di rongga udara pada bagian dalam paru-paru. Radang paru-paru biasa dikenal sebagai pneumonia. Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, terutama kalangan lansia dan orang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah. Radang paru-paru yang terjadi pada bayi, anak kecil, orang tua, dan orang yang menderita penyakit kronis. 

Gejala radang paru-paru

Gejala dari penyakit ini yang dialami oleh orang dapat mulai dari gejala ringan sampai berat. Hal ini karena tubuh penderitanya merespons penyakit radang ini, dengan didasari usia, kondisi kesehatan yang menyeluruh, dan penyakit yang mungkin diderita. Berikut beberapa gejala dari radang paru-paru:

  1. Mual

  2. Muntah

  3. Kebingungan

  4. Sesak napas

  5. Batuk yang kerap kali disertai lendir berwarna kuning dan kehijauan, bahkan berdarah

  6. Menggigil

  7. Demam

  8. Berkeringat

  9. Napas menjadi pendek dan cepat

  10. Lelah dan lemas

  11. Tidak berselera untuk makan

  12. Dada yang sakit ketika menarik napas dalam

Perlu Anda ketahui bahwa gejala yang dikarenakan infeksi bakteri, umumnya diiringi dengan demam tinggi, napas cepat, mengeluarkan banyak keringat, bibir dan kuku jadi kebiruan, serta mengigau. Gejala-gejala tersebut dapat timbul mendadak atau juga dengan bertahap. Sementara itu, gejala yang disebabkan infeksi virus, umumnya muncul dalam beberapa hari. Dengan gejala yang dirasakan adalah seperti batuk kering, demam, nyeri otot, sakit kepala, serta lemas. Setelah satu dua hari kemudian maka gejala dapat semakin memburuk. Di mana akan disertai dengan gejala lainnya seperti sesak napas. 

Gejala yang perlu diwaspadai

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa gejala radang paru-paru sangat beragam. Baik bersifat ringan yang bisa dirawat di rumah, sampai yang mengancam jiwa. Di bawah ini adalah gejala umum pneumonia:

  1. Sesak napas, ini adalah gejala yang paling mudah dikenal pada anak atau dewasa. Peradangan kerap kali menyebabkan kinerja organ menjadi terhambat, yang mana akan berpengaruh pada pertukaran udara. Maka dari itu, dada akan terasa sesak dan menjadi sulit untuk bernapas, bahkan dalam kasus yang berat akan membutuhkan alat bantuan ventilator.

  2. Batuk, gejala radang paru-paru ini menjadi gejala yang cukup bervariasi. Misalnya terdapat batuk berdahak, yang mana disertai cairan lendir dengan warna hijau dan kekuningan, bahkan ada lendir yang berwarna kemerahan karena memiliki kandungan darah. 

  3. Nyeri dada, gejala ini juga harus Anda waspadai. Gejala satu ini umumnya dapat Anda rasakan saat batuk atau juga saat menarik napas dengan dalam.

  4. Demam, gejala ini adalah reaksi tubuh Anda saat terjadinya serangan, misalnya infeksi bakteri. Jika demam mencapai 40 derajat celsius maka segera periksakan ke dokter. Hal ini karena mungkin infeksi bakteri yang terjadi sudah parah. 

Penyebab radang paru-paru

Umumnya penyebab dari pneumonia ini ialah infeksi bakteri, tetapi terdapat beberapa kasus yang disebabkan jamur dan virus. Ada juga penyebab lainnya yang dapat terjadi, yakni seperti di bawah ini:

  1. Terjadinya infeksi jamur, yakni seperti Histoplasmosis, Cryptococcus, Pneumocystis jirovecii, serta Coccidioidomycosis.

  2. Adanya efek samping karena penggunaan alat bantu pernapasan atau ventilator.

  3. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri Chlamydophila pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Streptococcus pneumoniae, serta Legionella pneumoniae.

  4. Terserang infeksi dari virus seperti influenza juga atau corona.

  5. Terkena paparan zat berbahaya, misalnya bahan dan asap kimia. 

Dari masing-masing penyebab radang paru-paru yang sudah disebutkan di atas, maka gejalanya pun akan khas. Pneumonia bisa diketahui dengan melakukan beberapa tahap tes yakni seperti tes darah, rontgen dada, pemeriksaan fisik, serta menggunakan pulse oxymeter yang berfungsi guna mengukur tingkat saturasi oksigen yang ada dalam darah. 

Bila Anda mengalami gejala radang paru-paru maka segeralah melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Apalagi, jika gejala yang dialami adalah sesak napas sampai terdapat bagian tubuh menjadi kebiruan. Tak hanya itu, jika gejala juga disertai batuk yang semakin parah dan nyeri dada maka dengan cepat datangi dokter untuk segera mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbagai Obat Radang Tenggorokan Baik Alami atau Medis

 

Referensi:

American lung association

Mayo clinic

 

Medical news today

Tag :
Bagikan artikel ini