Bantuan

Apa Penyebab Timbulnya Flek Coklat Saat Hamil Muda? Ketahui Jawabannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

flek coklat saat hamil muda

Tahukah Anda, ternyata flek coklat saat hamil muda merupakan suatu hal yang umum terjadi. Namun adanya flek coklat saat hamil muda ini seringkali disangka sebagai menstruasi ketika hamil sehingga beberapa ibu hamil mungkin akan panik. 

Pada dasarnya, kondisi ini tidak menandakan sesuatu hal yang berbahaya. Walaupun begitu, Anda tetap perlu waspada apabila mengalami kondisi seperti ini. Karena pada beberapa kondisi yang disertai gejala lainnya, flek coklat saat hamil muda bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. 

Oleh karena itu, Anda perlu memahami apa saja yang menyebabkan kondisi seperti ini dapat terjadi. Lalu apa saja yang menyebabkan flek coklat saat hamil muda bisa timbul? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Pendarahan Implantasi

Penyebab flek saat hamil yang pertama, yaitu terjadinya pendarahan implantasi atau pendarahan yang disebabkan oleh proses menempelnya embrio pada rahim. Pada umumnya, kondisi ini terjadi pada hari ke 6 hingga 12 setelah proses pembuahan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena flek darah yang keluar hanya sedikit dan hanya terjadi beberapa jam atau hari saja.

  1. Hubungan Seksual

Ternyata hubungan seksual selama kehamilan bisa menjadi penyebab munculnya flek coklat saat hamil muda. Pasalnya, selama trimester kedua dan ketiga, leher rahim akan mengalami peningkatan suplai darah sehingga menjadi bengkak sehingga hubungan seksual yang dilakukan pada usia kehamilan tersebut menyebabkan timbulnya bercak. Tidak hanya itu, hubungan seksual juga dapat menyebabkan keluarkan cairan berwarna merah seperti darah. 

  1. Keguguran

Selain karena hubungan seksual, flek saat hamil juga bisa menjadi pertanda keguguran. Pada umumnya, pendarahan yang dikarensakan keguguran akan disertai oleh gejala berupa nyeri punggung, nyeri perut, kram, dan keluar dari vagina dalam jumlah yang banyak. Apabila Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

  1. Kehamilan Ektopik

Kehamillan Etopik merupakan suatu kondisi di mana sel telur yang telah dibuahi tidak menempel di rahim atau sering disebut juga dengan hamil di luar kandungan. Kondisi ini umumnya akan menimbulkan gejala berupa flek saat hamil, nyeri perut hingga sakit kepala yang berat. Pada kasus yang parah, kondisi ini bisa mengancam jiwa, jadi harus segera mendapatkan penanganan medis.

  1. Polip Serviks

Polip serviks merupakan kondisi di mana terdapat pertumbuhan benjolan kecil yang bersifat abnormal pada permukaan serviks. Kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh. Salah satu gejala dari polip serviks yaitu munculnya bercak coklat yang disebabkan oleh peningkatan jumlah pembuluh darah di sekitar permukaan serviks. 

  1. Missed Abortion

Penyebab munculnya flek coklat saat hamil yang selanjutnya yaitu karena missed abortion. Missed abortion itu sendiri merupakan kondisi di mana janin dalam kandungan mati sebelum memasuki usia kehamilan 20 minggu. Janin yang mati ini tidak akan langsung keluar, melainkan berada di dalam selama 8 minggu. Ketika janin yang mati ini keluar maka akan menimbulkan flek kecoklatan. 

  1. Infeksi Vagina

Penyebab flek saat hamil yang terakhir, yaitu infeksi vagina atau serviks. Hal ini umumnya terjadi karena adanya peradangan pada dinding serviks atau vagina sehingga menimbulkan iritasi. Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya infeksinya, yaitu penyakit menular seksual dan penyakit non seksual seperti vaginosis bakterialis.

Nah itulah beberapa informasi mengenai penyebab munculnya flek coklat saat hamil muda yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda mengalami flek coklat saat hamil muda dan disertai gejala-gejala seperti nyeri perut, nyeri punggung dan lainnya maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar mengetahui penyebabnya secara pasti. 

Selain itu, apabila Anda sedang hamil sebaiknya rutinlah untuk memeriksakan kandungan ke dokter kandungan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Anda juga bisa bertanya atau berkonsultasi dengan dokter mengenai apa saja yang harus Anda lakukan atau apa saja yang tidak boleh Anda lakukan selama kehamilan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga:  Bunda Perlu Tahu, Ini Dia Hormon hCG, Si Pendeteksi Kehamilan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. 2020. Bleeding During Pregnancy. https://www.mayoclinic.org/symptoms/bleeding-during-pregnancy/basics/causes/sym-20050636

American Pregnancy Association. Bleeding During Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/bleeding-during-pregnancy/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang