Bantuan

Tidak Hanya Bad mood, Ini Tanda-Tanda Haid Akan Datang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

tanda tanda haid akan datang

Sebelum mengalami haid, umumnya wanita akan merasakan tanda-tanda haid. Salah satu tanda-tanda haid yang paling banyak dipercaya, yaitu bad mood. Namun  tahukah Anda, ternyata tanda-tanda haid tidak hanya itu saja. Masih ada banyak lagi tanda-tanda haid yang akan dirasakan oleh setiap wanita.

Akan tetapi, tidak semua wanita akan merasakan tanda-tanda haid yang sama. Bahkan ada wanita yang mungkin tidak merasakan tanda-tanda haid akan datang. Namun, ada beberapa tanda-tanda haid yang umum terjadi.  Lalu apa saja tanda-tanda haid tersebut? Simak terus penjelasan di  bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

  1. Nafsu Makan Meningkatkan

Tanda-tanda haid yang pertama, yaitu meningkatnya nafsu makan. Oleh karena itu, biasanya wanita yang akan datang bulan ingin makan apa saja mulai dari makanan pedas hingga manis. Sebuah studi menyebutkan bahwa peningkatan nafsu makan disebabkan oleh peningkatan hormon saat haid. Namun, ketika sudah memasuki masa haid, nafsu makan akan kembali normal. 

  1. Sakit Kepala

Perubahan hormon estrogen sebelum haid ternyata dapat mengganggu kondisi otak sehingga seseorang akan merasakan sakit kepala. Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini, hindari mengonsumsi kafein agar rasa sakit dapat berkurang. Sebaiknya konsumsi obat paracetamol dan banyak mengonsumsi air putih agar dapat mengurangi rasa sakit kepala. 

  1. Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur yang menyebabkan penderita sulit tidur di malam hari juga termasuk ke dalam tanda-tanda haid yang selanjutnya. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormon dan juga stres karena kelelahan fisik dan emosional. Untuk dapat mengatasi kondisi ini, Anda perlu menciptakan kamar tidur yang sangat nyaman. 

  1. Gangguan Pencernaan

Menjelang haid, akan terjadi peningkatan hormon prostaglandin yang akan  memicu usus berkontraksi. Kondisi ini menyebabkan wanita yang akan haid merasakan diare. Di lain sisi, peningkatan hormon progesteron akan menyebabkan sembelit. Oleh karena itu pada beberapa wanita yang akan haid, mungkin merasakan bebererapa gangguan pencernaan seperti diaren dan sembelit. 

  1. Muncul Jerawat

Munculnya jerawat mungkin sudah menjadi salah satu tanda-tanda haid yang paling banyak diketahui dan juga mungkin paling dibenci oleh wanita. Munculnya jerawat menjelang haid ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang dapat memicu peningkatan produksi sebum. Sebum ini akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. 

  1. Payudara Nyeri

Pada beberapa wanita mungkin akan merasakan nyeri pada payudara menjelang haid. Rasa nyeri umumnya terasa pada bagian terluar seperti nyeri pada puting. Selain itu, ketika disentuh payudara juga akan terasa lebih keras. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya hormon prolaktin yang meningkatkan produksi susu. 

  1. Perut Kram

Tanda-tanda haid yang selanjutnya, yaitu kram pada perut yang umumnya muncul pada 1 hingga 2 hari menjelang jadwal haid. Wanita yang memiliki masalah penyempitan leher rahim, radang panggul dan endometriosis mungkin akan lebih berisiko mengalami kondisi ini. Namun hal ini biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika sudah haid atau hanya pada hari pertama saja. 

  1. Keputihan 

Apabila Anda menemukan adanya cairan berlendir dengan warna putih dan tidak berbau pada area kewanitaan, mungkin  itu merupakan keputihan. Walaupun awalnya putih, tetapi lama kelamaan akan berubah menjadi coklat. Hal ini berarti keputihan telah bercampur dengan darah. Jadi, keputihan juga menjadi salah satu tanda-tanda haid 

  1. Sensitif

Sensitif terhadap cahaya, suara sentuhan juga merupakan salah satu tanda haid akan datang. Oleh karena itu, wanita yang mengalami kondisi ini akan merasa gelisah apabila berada di tempat yang silau, berisik. Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya siapkan pembalut apabila bepergian ke luar luar. 

  1. Mood Swing

Tanda-tanda haid yang terakhir, yaitu mood swing atau lebih banyak disebut dengan bad mood. Hal ini karena, ketika menjelang haid, wanita akan sangat sensitif yang membuatnya mudah sedih, cemas, bahkan hingga kesal terhadap suatu hal yang kecil. 

Nah, itulah dia tanda-tanda haid akan datang yang mungkin Anda alami. Apabila Anda merasakan nyeri yang teramat sakit dan pendarah di luar siklus haid, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter karena kondisi ini merupakan tanda-tanda haid tidak normal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Kenali Beberapa Penyebab Haid Tidak Teratur Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

WebMD. 2020. Signs Your Period Is Coming. https://www.webmd.com/women/pms/signs-your-period-is-coming

Whelan, Corey. 2019. 10 Signs Your Period Is About to Start. https://www.healthline.com/health/womens-health/period-signs

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang