Bantuan

Mengenal Seluk-Beluk Manfaat Serum Berdasarkan Jenis-jenisnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

manfaat serum

Serum memiliki sejumlah manfaat bagi wajah jika digunakan secara rutin di antaranya untuk melembapkan, menghilangkan kerutan, meremajakan kulit, hingga menghilangkan noda hitam. Ini karena serum memiliki tekstur cair dan lembut sehingga kandungan nutrisi di dalmnya mampu meresap dengan mudah. Mari cari tahu beragam manfaat serum berdasarkan jenisnya melalui pembahasan di bawah ini.

Manfaat Serum Berdasarkan Jenisnya

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan produk skincare lainnya, risiko iritasi karena penggunaan serum masih dapat terjadi, terlebih jika kulit tidak cocok dengan jenis serum tersebut. Berikut beragam manfaat serum berdasarkan jenisnya, di antaranya:

  1.  Serum untuk Noda Gelap di Kulit

Manfaat serum dapat dirasakan, salah satunya untuk membersihkan noda gelap pada kulit. Jenis kandungan serum yang dapat digunakan ialah asam azaleat, arbutin, vitamin C, dan kojic acid. Tidak hanya itu, jenis serum untuk menghilangkan noda gelap di wajah biasanya mengandung bahan lain, seperti vitamin E sebagai antioksidan untuk mengakat sel kulit mati.

  1.  Serum untuk Kulit Kendur dan Kering

Tidak kalah penting, manfaat serum selanjutnya ialah untuk mengatasi kulit kendur dan kering. Jenis kandungan serum yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit kering dan kendur ialah vitamin E, asam gilkolat, dan niacinamide. Beberapa produk di antaranya dilengkapi dengan ceramide  yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

  1.  Serum Antiaging

Serum antiaging merupakan produk skincare untuk mengatasi masalah penuaan di wajah. Kandungan asam ferulat di dalamnya dapat mengurangi kerutan di kulit. Selain itu, kandungan vitamin C pada serum antiaging dapat merangsang pembentukan kolagen baru. Kolagen adalah zat alami yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

  1.  Serum untuk Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang mana dapat membuat wajah tampak breakout. Untuk mengatasinya, gunakanlah jenis serum yang mengandung asam salsilat atau retinol. Kedua kandungan ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, membantu pengelupasan kulit, dan meredakan peradangan akibat jerawat.

Cara Memilih Serum Berdasarkan Jenis Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda sehingga kandungan di dalam serum dapat disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki agar manfaatnya lebih maksimal. Berikut cara memilih serum berdasarkan jenis kulit, di antaranya:

  1. Serum Berbahan Ringan untuk Kulit Berjerawat

Khusus bagi kulit berjerawat sebaiknya gunakan serum berbahan ringan dengan kandungan vitamin C, salicylic acid, dan hyaluronic acid. Ini karena kandungan salicylic acid dan vitamin C dapat mengurangi efek kemerahan atau peradangan akibat kulit berjerawat. Terlebih salicylic acid telah direkomendasikan oleh dermatologis untuk mengatasi kulit berjerawat sehingga lebih teruji manfaatnya.

  1.  Hyaluronic Acid untuk Kulit Berminyak

Wajah berminyak memerlukan perawatan khusus agar tidak terlihat kusam, salah satunya dengan menggunakan serum. Pilihlah serum yang mengandung bahan hyaluronic acid, marine, ceramide, dan protein untuk melembabkan wajah dengan baik. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakanlah secara rutin hingga wajah tampak bersih dan tidak berminyak. 

  1.  Untuk Kulit Kering, Gunakan Serum yang Mengandung Emolie

Pada umumnya kulit kering terjadi karena kurangnya cairan, akibatnya pori-pori terasa kasar dan garis-garis terlihat jelas. Untuk mengatasi kulit kering, gunakanlah serum yang mengandung emolie, hyaluronic acid, dan antioksidan sehingga cairan di kulit wajah dapat terikat. Selain itu, kandungan emolien dapat menjaga kelembapan kulit wajah. Untuk mendapat hasil maksimal gunakan serum secara rutin setelah mandi.

  1.  Untuk Kulit Normal, Gunakan Serum yang Mengandung Kolagen dan Vitamin C

Kulit normal umumnya memiliki warna kulit lebih merata, tekstur lembut, tanpa komedo, noda merah, dan jerawat sehingga tidak membutuhkan perawatan secara intens. Meski begitu, agar kulit tetap kenyal dan terhindar dari kerutan, sebaiknya gunakan serum yang mengandung kolagen dan vitamin C. Cobalah dengan menepuk wajah secara perlahan dan rutin agar hasilnya maksimal.

Serum merupakan salah satu produk skincare dengan tekstur cair sehingga dapat meresap ke dalam kulit. Setiap serum memiliki jenis kandungan berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi kulit sehingga manfaatnya bisa lebih maksimal.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbeda dengan Serum dan Essence, Apa Manfaat Penggunaan Ampoulee untuk Kulit Wajah?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Linderberg, Sara: What Are the Benefits of Using a Face Serum? 2020. Available at: https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum (Accessed: 27 Januari 2022).

Cruel, Jessica. Everything You Need To Know About Face Serum, Explained. 2016. Available at: https://www.self.com/gallery/face-serum (Accessed: 27 Januari 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang