Bantuan

Air Putih dan Soda, Baik Mana?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jul 2021

Bagikan

Air Putih dan Soda, Baik Mana?

Kita semua tentu sudah tahu betul bahwa konsumsi air putih setiap hariminimal 8 gelas dalam sehari adalah sebuah keharusan. Namun, sudahkah Andamengetahui mengenai air putih dan soda, baik mana? Jika Anda dihadapkan denganpertanyaan tersebut, kira-kira apa yang menjadi pilihan Anda?Beberapa mungkin akan menjawab bahwa air putih tentu lebih sehatdibanding minuman bersoda, namun bukan menutup kemungkinan ada pula yangmenjawab bahwa keduanya adalah sama.


Pasalnya, sebagian orang mungkin merasabahwa minuman bersoda dapat menghidrasi sebagaimana air putih menghidrasitubuh. Dalam hal ini, gelembung-gelembung dalam minuman bersoda dianggap lebihefektif dalam mengatasi dehidrasi. Namun benarkah demikian? Untuk mengetahuipenjelasan lebih lanjut, ada baiknya Anda memperhatikan penjelasan berikutini.


Jawaban dari “air putih dan soda,baik mana?”

Untuk pertanyaan, air putih dan soda, baik mana? Jawaban yang palingtepat tentunya adalah air putih. Dalam hal ini, air putih sangatlah dibutuhkanagar tubuh manusia dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Air putih bersifatbebas kalori, dapat menghidrasi, serta memiliki manfaat yang tidak bisa dibelidengan uang.


Sebaliknya, minuman bersoda dipenuhi dengan gula dan juga kalori yangtinggi, serta tidak memiliki dampak positif bagi tubuh dan justru memberikandampak negatif. Lantas apa saja dampak negatif dari kebanyakan minum sodatersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.


  • Obesitas

Jika Anda mengganti air putih dengan minuman bersoda sebagai minumanutama penghilang dahaga, maka risiko obesitas akan membayangi kesehatan Anda.Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa konsumsi sekitar 3500 kalori lebih banyakdaripada yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badansebanyak kurang lebih 0,5 kg. Apabila Anda menjadikan aktivitas minum soda inisebagai kebiasaan harian dan setiap harinya Anda mengonsumsi 5 kaleng sodadengan 100 kalori, maka setiap bulannya Anda akan bertambah berat badan sekitar2 kg.


Berbeda dengan minuman bersoda, air putih yang memiliki 0 kalori dapatAnda konsumsi sepuasnya tanpa harus mengkhawatirkan berat badan bertambah. Agartidak bosan, Anda bisa menambah daun mint, ataupun potongan jeruk dan lemonpada air putih Anda.


  • Dehidrasi

Bermaksud untuk menghilangkan dahaga dengan minuman bersoda? Jika iya,maka tentu Anda telah salah kaprah. Bukannya menghilangkan dahaga, konsumsiminuman bersoda dalam jumlah yang tinggi justru akan membuat Anda dehidrasi.Hal ini karena kandungan kafein dalam minuman bersoda yang dapat menyebabkancairan tubuh terkuras habis melalui air seni. Apabila mengalami dehidrasi ini,Anda bisa merasakan gejala-gejala seperti kelelahan, kehausan, dan beberapagejala dehidrasi lainnya yang cukup mengganggu.


  • Kerusakan gigi

Siapa sangka bahwa minuman bersoda favorit banyak orang ternyata mampumenyebabkan kerusakan gigi bahkan gigi berlubang? Hal ini benar adanyamengingat tingginya kandungan gula dalam minuman bersoda. Kandungan gula inidapat melapisi gigi, gusi, dan juga lidah Anda selama berjam-jam. Efek ini padaakhirnya akan menyebabkan gigi Anda rentan membusuk. 


Untuk menghindari efekini, Anda bisa meminum soda dengan menggunakan selang, di mana dengan cara iniminuman bersoda akan langsung diarahkan pada bagian belakang mulut sehinggamemperkecil efek korosi pada gigi. Meskipun begitu, tentu mengonsumsi air putihmenjadi alternatif yang lebih baik untuk Anda. Selain menyehatkan bagi tubuhsecara keseluruhan, air putih juga mengandung fluoride yang dalam hal inijustru dapat membantu memperkuat gigi Anda.


Selain ketiga dampak negatif di atas, konsumsi minuman bersoda secaraberlebihan juga dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Hal iniakan membuat Anda lebih sensitif, kelaparan, dan jika Anda memiliki riwayatpenyakit diabetes, hal ini dapat menjadi ancaman yang cukup serius. Sebaliknya,air putih dalam hal ini dapat membantu kadar gula dalam darah tetap normalsehingga kesehatan Anda dapat lebih terjaga.


Itulah dia jawaban dari pertanyaan, air putih dan soda, baikan mana?Jawabannya tentu saja air putih. Selain rendah kalori, air putih juga memilikibanyak manfaat bagi tubuh dan oleh karenanya menjadi salah satu hal yang wajibdipenuhi oleh Anda setiap harinya. 


Referensi :

  • Anne, Melodie. 2018. What Happens if You OnlyDrink Soda Vs. Water?-SFGate.https://healthyeating.sfgate.com/happens-only-drink-soda-vs-water-1432.html
  • Boyers, Lindsay. Water vs. Soda Pop.https://www.livestrong.com/article/447071-water-vs-soda-pop/
  • Harvard School of Public Health. The NutritionSource-Sugary Drinks.https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-drinks/sugary-drinks/ 
Bagikan artikel ini