Tingkatkan Kepuasan Pasien Ketika Berobat di Klinik

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 10 Nov 2022

Bagikan

Tingkatkan Kepuasan Pasien Ketika Berobat di Klinik

Pasien datang berobat di klinik umumnya karena rekomendasi kerabat, atau melalui ulasan platform online. Maka dari itu, penting untuk memastikan kepuasan pasien agar dapat memberikan ulasan yang baik di platform online seperti Google Bisnis. Lalu, bagaimana caranya memastikan kepuasan pasien ketika berobat di klinik Anda?

 

Kebanyakan orang hanya berpikir bahwa memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan sesuai dengan pedoman praktik kedokteran sudah cukup. Mengutip Maya Angelou, seorang penyair di Amerika Serikat,

 “people will forget what you said, people will forget what you did, but people will never forget how you made them feel”,

 

yang artinya akan melupakan apa yang Anda katakan dan perbuat, tetapi tidak akan melupakan bagaimana Anda membuatnya merasa.

 

Jadi, penting untuk dokter berempati terhadap pasien, dan petugas kesehatan lainnya untuk memberikan pelayanan yang membuat pasien merasa nyaman. Dari segi sarana dan prasarana, ini yang dapat Anda tingkatkan:

  1. Ruang tunggu yang nyaman

Terkadang pasien menghabiskan waktu lebih banyak di ruang tunggu dibandingkan dengan ruang konsultasi dokter, maka ruang tunggu yang nyaman menjadi salah satu kunci kepuasan pasien. Ruang tunggu dapat didesain agar dapat memiliki tempat duduk yang nyaman, pendingin ruangan dengan suhu sejuk, ruangan bersih, terdapat dekorasi ruangan, serta memiliki televisi, majalah, air minum, stop kontak, atau bahkan Wi-Fi. Tak hanya itu, lahan parkir juga menjadi salah satu pertimbangan pasien datang berobat ke klinik Anda. Pastikan penyediaan lahan parkir yang nyaman untuk pasien yang membawa kendaraan pribadi.

  1. Waktu tunggu yang cepat

Meskipun klinik Anda memiliki ruang tunggu yang nyaman dan fasilitas yang lengkap, menunggu lama dapat menurunkan penilaian pasien terhadap klinik Anda. Pasien dapat mendaftar secara online melalui dashboard pasien yang terhubung dengan sistem informasi manajemen klinik (SIM Klinik) Anda. Tak hanya itu, pasien juga dapat melihat nomor antrean, dan pasien datang ketika nomor antrean sudah dekat. Dengan itu, pasien tidak perlu menunggu terlalu lama di klinik Anda.

  1. Pelayanan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang jelas

Pelayanan kesehatan yang sesuai dengan SOP memastikan pemberian pelayanan yang optimal, menghindari tuntutan pasien dan meningkatkan kepuasan pasien. 

Pelayanan yang rapih dan tersistem membuat pengunjung nyaman, SOP juga dapat memitigasi risiko yang mungkin muncul pada saat operasional klinik.

  1. Komunikasi yang efektif dan ramah

Meskipun pelayanan bisa saja tidak berjalan dengan lancar, komunikasi petugas kesehatan di klinik terhadap pasien sangatlah penting. Komplain pasien yang ditangani dengan baik tidak akan melebar kemana-mana. Bahkan, pasien merasa senang karena komplainnya ditanggapi dengan serius.

  1. Menggunakan SIM Klinik

SIM Klinik yang terintegrasi dengan rekam medis elektronik membantu dokter melihat riwayat pasien sebelumnya, mempercepat proses pencatatan SOAP dan peresepan elektronik, serta proses pembayaran digital. Untuk klinik yang memiliki apotek, SIM Klinik juga membantu manajemen inventaris obat dan pengantaran obat. Selain itu, klinik Anda juga dapat menyediakan fitur telekonsultasi melalui SIMRS.

Solusi Sistem Informasi Manajemen Klinik

Dengan pelayanan kesehatan yang baik, pasien akan merasa puas, dan rating Anda pun baik. Rating yang baik membuat klinik Anda menjadi terpecaya dan pasien dapat merekomendasikan ke teman atau kerabat lainnya.

 

Anda dapat melakukan digitalisasi klinik Anda pelayanan kesehatan menjadi lebih cepat dengan cara menerapkan SIM Klinik yang mengintegrasikan pelayanan pasien mulai dari pasien mendaftar hingga pengambilan obat.


Aido memberikan layanan sistem informasi manajemen untuk rumah sakit maupun klinik yang terintegrasi dengan rekam medis elektronik. Mulai transformasi digital faskes Anda sekarang, hubungi kami.

Bagikan artikel ini