Bantuan
Bantuan

Penumpukan Asam Urat, Apakah Itu Berbahaya?

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Apakah asam urat berlebih sering terjadi?

Hiperurisemia terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam darah Anda. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit, termasuk jenis radang sendi (artritis) yang menyakitkan yang disebut gout. Kadar asam urat yang meningkat juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal.

Mengapa hiperurisemia terjadi?

Asam urat terbentuk saat purin terurai di tubuh Anda. Purin adalah bahan kimia yang ditemukan dalam makanan tertentu. Makanan ini biasanya mencakup:

·         Daging merah

·         Daging organ

·         Makanan laut

·         Kacang polong

Biasanya, tubuh Anda mengeluarkan asam urat saat buang air kecil. Hiperurisemia terjadi ketika tubuh Anda membuat terlalu banyak asam urat atau tidak mampu mengeluarkan cukup banyak asam urat dari tubuh. Ini biasanya terjadi karena ginjal Anda tidak mengeluarkannya dengan cukup cepat.

Kadar asam urat berlebih dalam darah Anda dapat menyebabkan pembentukan kristal. Meskipun ini dapat terbentuk di mana saja di tubuh, mereka cenderung terbentuk di dalam dan di sekitar sendi dan di ginjal Anda. Sel darah putih pertahanan tubuh Anda dapat menyerang kristal ini menyebabkan peradangan dan nyeri.

Gejala yang muncul akibat asam urat berlebih

Hanya sekitar sepertiga orang dengan hiperurisemia mengalami gejala. Hiperurisemia tanpa gejala dikenal sebagai hiperurisemia asimtomatik. Meskipun hiperurisemia bukanlah penyakit, namun jika kadar asam urat tetap tinggi, lama-kelamaan dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Gout

Gout, kadang-kadang disebut artritis gout, terjadi pada sekitar 20 persen penderita hiperurisemia. Penurunan kadar asam urat yang cepat juga dapat memicu asam urat. Gout dapat muncul sebagai serangan (flare) yang terisolasi. Beberapa orang mengalami gout kronis yang melibatkan sejumlah serangan yang terjadi dalam waktu singkat.

Asam urat dapat memengaruhi sendi mana pun di tubuh Anda, tetapi flare sering kali pertama kali muncul di jempol kaki Anda. Kaki, pergelangan kaki, lutut, dan siku juga merupakan tempat umum penyakit asam urat.

Serangan asam urat cenderung terjadi secara tiba-tiba, seringkali pada malam hari. Puncak serangan terjadi dalam waktu sekitar 12 sampai 14 jam. Meski tidak diobati, serangan asam urat biasanya mereda dalam dua minggu.

Gejala asam urat berlebih mungkin termasuk:

·         sakit parah di persendian

·         kekakuan sendi

·         kesulitan menggerakkan sendi yang terkena

·         kemerahan dan bengkak

·         sendi yang cacat

Batu ginjal

Kristal asam urat dapat menyebabkan penumpukan batu di ginjal Anda. Seringkali, batunya kecil dan dikeluarkan melalui urin Anda. Terkadang, batunya bisa menjadi terlalu besar untuk dikeluarkan sehingga menyumbat bagian saluran kemih Anda.

 Gejala batu ginjal meliputi:

·         Nyeri atau nyeri di punggung bawah, samping, perut, atau selangkangan

·         Mual

·         Peningkatan keinginan untuk buang air kecil

·         Nyeri saat buang air kecil

·         Kesulitan buang air kecil

·         Darah dalam urin 

·         Urin berbau busuk

Jika Anda juga mengalami infeksi ginjal, Anda mungkin mengalami demam atau menggigil. Penumpukan urin ini merupakan zona berkembang biak yang ideal untuk bakteri. Akibatnya, infeksi saluran kemih sering terjadi saat Anda menderita batu ginjal.

Siapa yang berisiko mengalami hiperurisemia

Siapa pun dapat mengalami hiperurisemia, tetapi penyakit ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia. Anda juga lebih cenderung mendapatkannya jika Anda berasal dari warisan Kepulauan Pasifik atau Afrika-Amerika.

 Beberapa faktor risiko yang berhubungan dengan hiperurisemia:

·         Penggunaan alkohol

·         Beberapa obat, terutama obat untuk penyakit jantung

·         Paparan timbal

·         Paparan pestisida

·         Penyakit ginjal

·         Tekanan darah tinggi

·         Kadar glukosa darah tinggi

·         Hipotiroidisme

·         Kegemukan

·         Tingkat aktivitas fisik yang ekstrim

Bagaimana hiperurisemia didiagnosis?

Dokter Anda mungkin memerlukan tes darah dan urin untuk mengukur kadar kreatinin, yang menentukan fungsi ginjal, serta kadar asam urat.

Darah biasanya diambil dari pembuluh darah di lengan Anda, biasanya di bagian dalam siku atau di punggung tangan Anda. Asam urat biasanya ditemukan dalam urin Anda saat tubuh Anda mengeluarkannya. Dokter Anda mungkin meminta pengambilan urin 24 jam jika peningkatan kadar asam urat ditemukan dalam darah Anda.

Tes urin ini kemudian diulangi setelah diet terbatas purin, yang membantu dalam menentukan apakah:

·         Anda makan terlalu banyak makanan tinggi purin

·         Tubuh Anda membuat terlalu banyak asam urat

·         Tubuh Anda tidak mengeluarkan cukup asam urat

Jika Anda mengalami gejala asam urat, dokter Anda mungkin ingin memeriksa cairan yang menumpuk di persendian Anda. Ini dilakukan dengan menggunakan jarum halus untuk menarik cairan dari sendi. Cairan ini akan dikirim ke lab untuk diperiksa apakah ada bukti kristal asam urat. Adanya kristal tersebut menandakan asam urat.

Cukup sekian informasi dari tim Aido, semoga bermanfaat. Simak juga artikel kesehatan lainnya hanya di Aido.

Referensi:

1.     George C, Minter DA. Hyperuricemia. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 [cited 2021 Jan 22]. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459218/

2.     Hyperuricemia: Symptoms, Treatment, and More [Internet]. Healthline. 2017 [cited 2021 Jan 22]. Available from: https://www.healthline.com/health/hyperuricemia

Bagikan artikel ini