Mari Ketahui Seluk Beluk Obat Avigan dan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Mari Ketahui Seluk Beluk Obat Avigan dan Manfaatnya

Apakah Anda tahu apa itu Avigan dan manfaatnya? Avigan merupakan obat antivirus yang banyak dibicarakan di pandemi COVID-19. Hal ini karena Avigan dipercaya dapat menangani infeksi yang disebabkan oleh virus Corona. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai Avigan dan manfaatnya. 

Apa Itu Avigan?

Avigan merupakan obat antivirus yang memiliki kandungan bahan aktif favipiravir. Kandungan favipiravir ini dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus Influenza. Selain itu, favipiravir juga dapat berkerja melawan virus RNA dengan cara menghambat enzim pimerase, sehingga membuat virus tidak dapat menggandakan diri. 

Obat Avigan ini merupakan obat yang diproduksi oleh Toyama Chemical yang berasal dari Jepang. Avigan telah melakukan tahap uji klinis sejak tahun 2014 hingga saat ini. Dan pada pandemi COVID-19 ini, Avigan sedang melakukan tahap uji terhadap pengobatan COVID-19. 

Dalam sebuah uji klinis yang telah dilakukan di China, menunjukkan bahwa kandungan favipiravir yang ada di dalam Avigan memilih potensi melawan virus Corona. Tidak hanya itu, Avigan juga memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan obat antivirus lainnya. 

Manfaat Obat Avigan

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa Avigan merupakan obat antivirus. Oleh karena itu, manfaat obat Avigan yaitu melawan virus khususnya yang disebabkan oleh virus Influenza. Sedangkan untuk saat ini, Avigan sedang diuji manfaatnya dalam melawan virus Corona. 

Efek Samping Avigan

Sama halnya dengan obat lainnya, obat Avigan juga dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Selain itu, gejala efek samping dan tingkat keparahannya juga akan bervariasi pada setiap orangnya. Dalam hasil uji coba terdapat beberapa efek samping yang berpotensi ditimbulkan oleh obat ini. Beberapa efek samping tersebut yaitu

  • Gangguan pada testis.

  • Penurunan produksi sel darah merah.

  • Peningkatan kadar alkali fosfat serta transaminase aspartat.

Namun, efek samping tersebut baru sekadar hasil uji coba terhadap binatang. Sedangkan untuk manusia masih dalam proses penelitian. Maka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat yang satu ini. 

Dosis Obat Avigan

Dosis yang dianjurkan oleh Toyama Chemical yaitu 1.600 mg sebanyak 2 kali untuk hari pertama dan 600 mg sebanyak 2 kali perhari untuk hari ke 2 hingga ke 5. Dosis ini untuk orang dewasa dan pemberian obat hanya 5 hari. Akan tetapi, belum ada penelitian pasti yang menjelaskan dosis yang efektif dalam melawan virus Corona. Sedangkan dosis untuk anak-anak belum ditetapkan hingga saat ini.

 

Baca Juga: Benarkah Air Kelapa Dapat Menjadi Obat Covid Untuk Isolasi Mandiri?

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  1. Ibu hamil dan menyusui

Bagi Anda yang sedang hamil ataupun menyusui, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Hal ini karena, di dalam Avigan kemungkinan  memiliki sifat fotogenik sehingga dapat berpotensi menimbulkan efek samping pada ibu hamil. 

  1. Interaksi obat

Sebelum Anda mengonsumsi obat Avigan, sebaiknya Anda memberitahukan kepada dokter mengenai obat yang sedang Anda konsumsi baik obat resep ataupun non resep serta suplemen. Hal ini karena, terdapat kemungkinan beberapa obat dapat berinteraksi dengan Avigan. Interaksi obat dapat meningkatkan potensi efek samping atau membuat obat tidak efektif dalam bekerja.

  1. Perhatikan makanan dan minuman

Beberapa obat tidak dapat dikonsumsi saat makan makanan tertentu karena dapat terjadi interaksi. Sebagai contoh yaitu merokok dan alkohol yang dapat menyebabkan interaksi. Oleh karena itu, Anda bisa bertanya dengan dokter apakah obat bisa digunakan apabila Anda seorang perokok.

Cara Menyimpan Avigan

Cara menyimpan obat Avigan sebaiknya di suhu ruangan dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Sebaiknya Anda menghindari menyimpan Avigan ditempat yang lembab ataupun membekukannya di freezer. Akan tetapi, beberapa merk lain mungkin memiliki aturan yang berbeda, sehingga selalu perhatikan instruksi pada kemasan obat.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai seluk beluk obat Avigan dan manfaatnya. Semoga informasi mengenai obat Avigan dan manfaatnya dapat bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda ingin mengonsumsi obat ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Fujifilm announces the Start of a New Phase III Clinical Trial of Anti-influenza Drug Avigan Tablet in Japan, Targeting COVID-19 Patients (2021) 

information of Avigan Tablet in relation to Covid-19. (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi