Bantuan

Apakah Penggunaan Toner Penting? Ketahui Jawabannya di Sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Mar 2022

Bagikan

toner

Dari beberapa produk yang termasuk dalam rangkaian skincare, produk toner menjadi salah satu yang sering dipertanyakan kegunaannya. Apakah benar penggunaan toner itu penting untuk wajah? Atau justru toner bukan termasuk jenis skincare yang wajib dimiliki? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan di bawah ini.

Overview Toner

Toner adalah salah satu jenis produk skincare yang digunakan setelah penggunaan facial wash. Toner umumnya hadir dalam bentuk yang cair, bahkan bisa dikatakan merupakan jenis skincare yang paling cair jika dibandingkan dengan yang lainnya. 

Ada beberapa jenis toner yang dapat Anda gunakan, yakni exfoliating toner, hydrating toner, dan clarifying toner. Masing-masing jenis toner ini memiliki fungsi yang berbeda dan oleh karenanya juga bekerja dengan caranya masing-masing. Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak penjelasan mengenai masing-masing jenis toner tersebut satu-persatu pada pembahasan di bawah ini. 

  • Exfoliating toner

Jenis toner yang pertama ini kerap menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahan berupa sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Adapun kandungan yang biasa ditemui pada jenis exfoliating toner di antaranya adalah bahan aktif seperti AHA, BHA, dan PHA. 

  • Hydrating toner

Berbeda dengan jenis toner sebelumnya, hydrating toner lebih berfungsi untuk meningkatkan kelembapan kulit hingga menyeimbangkan pH kulit yang sebelumnya telah dibersihkan menggunakan facial wash. Produk toner yang termasuk jenis ini biasa memiliki label moisturizing, calming, hingga hydrating. Adapun kandungan-kandungan yang akan Anda temukan dalam produk hydrating toner di antaranya adalah hyaluronic acid, rosewater, hingga aloe vera.

  • Clarifying toner

Clarifying toner adalah jenis toner yang lebih fokus untuk memberikan kesegaran dan memaksimalkan pembersih wajah. Untuk itulah, jenis toner yang satu ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Dengan penggunaan toner jenis ini, kotoran akan terangkat dengan baik, pori-pori menjadi lebih bersih, dan pada akhirnya jerawat dapat dihindari.

Apakah Penggunaan Toner Penting?

Sebelumnya Anda telah memahami apa itu toner dan apa saja jenis-jenis toner beserta fungsinya. Jika melihat sekilas dari penjelasan di atas, penggunaan toner bukannya tidak memiliki fungsi, justru memiliki fungsi yang cukup penting dalam mengatasi masalah tertentu, seperti hydrating toner yang lebih fokus menghidrasi kulit, exfoliating toner yang mampu mengangkat sel kulit mati, hingga clarifying toner yang baik untuk kulit berminyak. 

Terlepas dari itu, masih banyak yang mempertanyakan apakah penggunaan toner itu penting? Sebenarnya perdebatan mengenai penting tidaknya toner untuk kulit sudah berlangsung sejak lama. Banyak pihak yang menganggap bahwa penggunaan toner itu penting untuk menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan facial wash, tetapi di sisi lain ada pula yang menganggap penggunaan toner tidak terlalu penting sebab sudah banyak facial wash yang lebih gentle dengan pH seimbang. 

Pada pembahasan lainnya, penggunaan toner dianggap penting sebab menjadi semacam kendaraan yang akan mengantarkan bahan aktif yang terkandung dalam skincare yang digunakan selanjutnya. Sebagai contoh, jika setelah penggunaan toner Anda akan menggunakan serum mencerahkan, maka toner ini akan mempersiapkan kulit wajah agar menjadi lebih siap dan mampu memaksimalkan manfaat dari serum pencerah tersebut.

Meskipun begitu, lagi-lagi di sisi lain klaim ini pada dasarnya tidak hanya bisa diperoleh dari toner saja. Dalam artian, sudah ada jenis skincare lainnya yang bisa digunakan untuk menjalankan fungsi mempersiapkan kulit wajah. Beberapa jenis skincare tersebut di antaranya adalah essence, ampoule, masker, dan lainnya. Jadi, jika Anda sudah menggunakan produk tersebut, maka penggunaan toner menjadi tidak begitu diperlukan. 

Pada akhirnya, penting tidaknya penggunaan toner akan dikembalikan lagi kondisi masing-masing. Dalam hal ini, Anda perlu lebih bijak dalam menentukan, apakah Anda benar-benar membutuhkan toner, baik itu karena produk facial wash yang Anda digunakan masih cenderung harsh, maupun karena keperluan hidrasi maksimal. Jika tidak, maka penggunaan toner dapat dipangkas dan lebih baik dialihkan pada penggunaan skincare lain seperti serum yang lebih fokus dalam menyasar permasalahan kulit yang tengah dialami. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Face oil Penting untuk Kulit Wajah? Ketahui Berbagai Manfaatnya di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Draelos, Zoe Diana. 2018. Are facial toners necessary?. https://www.dermatologytimes.com/view/are-facial-toners-necessary-0

Derrick, Julyne. 2022. Do You Really Need a Skin Toner?. https://www.byrdie.com/is-toner-necessary-347122

Nazish, Noma. 2021. Do You Really Need A Face Toner? Here’s What The Derms Say. https://www.forbes.com/sites/nomanazish/2021/03/31/do-you-really-need-a-face-toner-heres-what-the-derms-say/?sh=51c8edc8446f

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang