Apa itu Pemeriksaan MRI dan Mengapa Perlu Dilakukan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jul 2021

Bagikan

Apa itu Pemeriksaan MRI dan Mengapa Perlu Dilakukan?

Tahukah Anda bahwa MRI sangat berguna untuk dokter dalam mendiagnosis suatu keadaan dan menentukan pengobatan yang akan digunakan nantinya?  Pemeriksaan MRI sangat berbeda dengan foto rontgen atau CT scan yang dimana kedua metode tersebut memancarkan radiasi dan untuk pemeriksaan MRI itu sendiri tidak memancarkan radiasi, sehingga aman digunakan untuk kalangan ibu hamil dan juga anak-anak. Sebelum Anda mengetahui mengapa pemeriksaan MRI perlu dilakukan, ada beberapa organ yang diperiksa menggunakan MRI dan perlu Anda ketahui:

Beberapa organ yang diperiksa dengan MRI

Pemeriksaan MRI dilakukan untuk mengetahui kondisi organ dalam seperti tulang dan juga jaringan  tubuh tertentu. Berikut ini adalah beberapa organ dalam tubuh yang diperiksa dengan menggunakan MRI: 

  1. Saraf tulang belakang dan otak

Pemeriksaan MRI pada saraf tulang belakang dan otak bisa dilakukan untuk mendeteksi terjadinya cidera kepala seperti tumor, stroke dan kerusakan pembuluh darah pada otak.

  1. Jantung dan pembuluh darah

Adapun beberapa kondisi tertentu seperti pada jantung dan juga pembuluh darah yang bisa terdeteksi oleh pemeriksaan MRI adalah penyakit jantung, penyumbatan pada aliran darah dan juga kerusakan jantung yang terjadi setelah setelah mengalami serangan jantung.

  1. Sendi dan Tulang

Pemeriksaan MRI juga biasanya dilakukan untuk mendeteksi terjadinya infeksi pada tulang atau kanker tulang, cidera pada sendi dan juga nyeri punggung maupun leher. Selain organ-organ yang sudah disebutkan di atas, pemeriksaan MRI tentunya bisa dilakukan pada payudara, hati dan juga rahim. Tetapi pemeriksaan yang berhubungan dengan otak dan saraf pada tulang belakang umumnya dilakukan dengan pemeriksaan khusus yang bernama functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI). 

4. Pemeriksaan organ dalam

Pemeriksaan MRI juga bisa dilakukan untuk memeriksa keberadaan tumor atau kelainan dari banyak organ di dalam tubuh yang meliputi saluran empedu, ginjal, hati, limpa, pankreas, rahim, ovarium, serta prostat.


Mengapa perlu melakukan MRI?

Pemeriksaan MRI  dilakukan sebagai salah satu penunjang dalam pemeriksaan dan alat bantu untuk beberapa dokter dalam mengetahui jenis penyakit atau masalah kesehatan yang sedang terjadi, karena hasil dari pemeriksaan ini berupa gambar dengan resolusi yang tinggi. Hal ini jelas dibutuhkan dalam bidang kedokteran untuk mengetahui gangguan dan nantinya akan menemukan cara pengobatan yang tepat. Adapun alasan mengapa Anda perlu melakukan pemeriksaan MRI dibandingkan CT scan lainya, diantaranya: 

1. Pemeriksaan MRI merupakan metode pemeriksaan bersifat non-invasif (tanpa pembedahan) dan tanpa radiasi. Pemeriksaan MRI juga menggunakan teknik radiologi tanpa rasa sakit dan memiliki keuntungan menghindari paparan radiasi sinar-x. Selain itu Tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari pemindaian MRI. Namun, bagi Anda yang memiliki bahan logam di dalam tubuh harus memberitahu dokter atau petugas sebelum melakukan  pemeriksaan.

2. Pemeriksaan MRI juga cukup aman digunakan bagi Anda yang memiliki alergi, karena pemeriksaan MRI jarang mengandung zat kontras yang menghasilkan reaksi alergi.

3. Selain itu, hasil pemeriksaan MRI menghasilkan gambar struktur jaringan lunak sangat jelas dan detail dibanding teknik pencitraan lain. Gambar-gambar yang dihasilkan ialah foto digital yang bisa disimpan di komputer dan dicetak untuk dipelajari lebih lanjut. Gambar yang dihasilkan dari pemeriksaan MRI juga cenderung mempunyai hasil lebih detail jika dibandingkan dengan CT- Scan.

4. Melalui pemeriksaan MRI, aliran darah, cairan pada sumsum tulang belakang, serta kontraksi dan relaksasi organ juga bisa dievaluasi. Resolusi gambar yang dihasilkan dari MRI pun jauh lebih tinggi, sehingga bisa memudahkan dokter dalam membaca hasilnya.

5. Pemeriksaan MRI bisa dengan mudah membuat ratusan gambar dari hampir semua arah dan orientasi apa pun. 

6. Pemeriksaan MRI merupakan teknologi magnet dan gelombang radio untuk melihat detail bagian tubuh Anda. Alat ini digunakan sebagai scanner, yang bisa melihat dan memeriksan bagian organ dalam Anda. bahkan hampir semua bagian tubuh bisa

7. Melalui pemeriksaan MRI juga, Anda bisa mengetahui melihat kondisi kanker dan perkembangannya, sehingga dengan pemeriksaan MRI ini diharapkan kanker bisa segera di atasi sedini mungkin dengan mengetahui perkembangan penyebarannya di dalam tubuh. 

Itulah seputar pemeriksaan MRI dan mengapa Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan MRI. Namun, meskipun pemeriksaan MRI memiliki beberapa keunggulan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kesehatan dan mempertimbangkan resikonya terlebih dulu untuk mencegah efek negatif yang tidak diinginkan.


Sumber: 

Mayfield Clinic: MRI (magnetic resonance imaging) and MR angiography 

Diagnostik imaging: Why Do I Need an MRI? (no date).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi