Bantuan

Amankah Konsultasi Dokter Gratis Secara Online?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 26 Apr 2022

Bagikan

konsultasi dokter gratis

Anda dapat memperoleh konsultasi dokter gratis secara online dengan aman. Teknologi yang telah berkembang pesat, sangat membantu aktivitas sehari-hari yang dilakukan masyarakat. Baik dari sisi transportasi, telekomunikasi, bahkan kesehatan terkena dampak positif dari teknologi. Misalnya muncul alat medis yang sudah berkembang karena adanya teknologi, yang mana sangat membantu terapi pengobatan penyakit. Bukan hanya alat medis, teknologi juga memengaruhi layanan kesehatan. Saat ini Anda bisa melakukan konsultasi dokter hanya bermodalkan jaringan internet yang baik. 

Layanan konsultasi dokter secara online akan membuat dokter dan pasien dapat berkomunikasi, tanpa perlu bertemu langsung atau tatap muka. Layanan kesehatan ini tentu saja akan memudahkan pasien dalam menjangkau layanan kesehatan. Sebab pasien bisa melakukan konsultasi secara online, dimana pun dan kapan pun tanpa ada hambatan. Satu hal yang penting yakni jaringan internet yang baik dan stabil. 

Anda dapat melakukan konsultasi online dengan dokter, melalui banyak cara seperti panggilan suara, chat atau panggilan video. Terdapat kelebihan dan juga kekurangan pada setiap metode konsultasi dokter secara online tersebut. Akan tetapi, ketiga metode tersebut akan sangat memudahkan pasien, jika ingin melakukan konsultasi dengan dokter. Terutama jika pasien memiliki lokasi yang jauh dari lokasi dokter. 

Amankah Melakukan Konsultasi Dokter Gratis?

Pertanyaan yang sering kali muncul dalam benak seseorang, ketika mendengar konsultasi dokter gratis secara online adalah aman atau tidak? Jasa konsultasi dokter gratis secara online biasa digunakan saat Anda mengalami gejala-gejala penyakit tertentu. Tentu saja layanan akan mengikuti syarat serta ketentuan kode etik kedokteran itu sendiri. Salah satunya adalah data pribadi kesehatan yang tidak akan disebarkan. Bukan hanya itu, dokter juga akan merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan langsung, jika dokter merasa hal tersebut diperlukan. 

Agar konsultasi dokter gratis secara online yang Anda akan lakukan terjamin aman, maka perhatikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Data diri benar

Tips pertama yang harus Anda lakukan dalam konsultasi dokter gratis online yakni memastikan bahwa data diri sudah benar. Hal ini sebab layanan konsultasi dokter online tidak akan memeriksa langsung data kesehatan. Misalnya adalah seperti tinggi badan dan berat badan. 

  1. Menyampaikan keluhan sejelas mungkin

Konsultasi dokter gratis yang dilakukan secara online, maka Anda harus pastikan bahwa keluhan yang disampaikan adalah jelas. Keluhan yang tersampaikan dengan jelas akan sangat memudahkan dokter serta tenaga kesehatan untuk memahami kondisi apa yang sebenarnya sedang Anda alami. 

  1. Informasikan vitamin yang sedang dikonsumsi

Tahukah Anda bahwa menginformasikan vitamin yang sedang dikonsumsi pada dokter, menjadi hal yang penting? Bukan hanya vitamin, namun obat dan juga suplemen juga tidak kalah penting. Informasi ini penting bagi dokter dan apoteker guna memberikan obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda alami. Hal ini juga akan mencegah terjadinya interaksi obat dalam tubuh Anda. 

  1. Memahami dengan baik penjelasan dokter

Tips penting lainnya dalam melakukan konsultasi dokter gratis secara online yakni memastikan bahwa Anda telah memahami dengan baik penjelasan yang diberikan dokter. Sehingga, pengobatan bisa Anda jalankan lebih cepat dan juga tanpa adanya hambatan. Bila Anda kurang mengerti dengan apa yang dijelaskan dokter, maka jangan ragu untuk meminta dokter menjelaskan dengan bahaya yang bisa dengan mudah dipahami. Tips satu ini tentu akan memudahkan Anda dalam menjalankan pengobatan. Bukan hanya itu, dengan memahami penjelasan dokter dengan baik, maka akan meminimalisir adanya kesalahan informasi. 

Tujuan adanya layanan kesehatan konsultasi online ini, tidak lain adalah guna memudahkan pasien untuk menjangkau layanan kesehatan. Konsultasi dokter gratis secara online, bisa Anda akses menggunakan komputer atau ponsel pintar, dengan adanya dukungan jaringan internet. Jika jaringan internet mendukung, maka layanan konsultasi dokter baik itu melalui chat, panggilan suara, atau panggilan video bisa Anda lakukan. Hal ini akan menyesuaikan dengan layanan kesehatan yang Anda gunakan. 

Di masa pandemi seperti, konsultasi dokter gratis secara online tentu akan sangat membantu kalangan masyarakat. Selain hemat biaya, adanya aturan PSBB juga menjadi alasan mengapa konsultasi dokter online akan sangat membantu semua pihak terkait. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Pandemi Bikin Susah Kemana Aja? Konsultasi Dokter Online Bisa Jadi Solusinya

Tag :
Referensi

Kemenkes

8 Benefits of an Online Consultation with a Doctor

Five Advantages of an Online Doctor Consultation

10 Advantages of Using an Online Doctor Service

Bagikan artikel ini