Bantuan
Free Tele x

Ketoconazole

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 03 Jun 2021

Bagikan

Ketoconazole

Nama Dagang: Formyco Cream, Nizoral Cream, Solinfec Cream, dan Tokasid Cream

Ketoconazole merupakan obat antijamur yang termasuk dalam golongan azol. Obat ini berfungsi mengobati penyakit akibat infeksi jamur dengan cara menghambat pertumbuhan jamur. 


Golongan : Antijamur

Kategori : Obat resep dan bebas

Manfaat : Mengurangi infeksi jamur

Bentuk : Krim, tablet, shampoo

Dikonsumsi oleh : Anak-anak diatas 2 tahun dan Dewasa


Beberapa jenis ketombe, panu, kutu air, kandidiasis vagina, hingga infeksi jamur sistemik seperti histoplasmosis dapat diatasi dengan pemberian Ketoconazole. 

Ketoconazole memiliki banyak nama dagang, di antaranya Dandruffin, Kanazol, Ketoconazolee, dan Profungal. 

Aturan Pakai


Terdapat beragam sediaan Ketoconazole dikarenakan indikasi pemakaiannya yang luas, mulai dari sediaan obat telan (tablet), obat luar (krim), hingga sampo. 

Ketoconazole tablet 


diberikan pada infeksi jamur sistemik (terjadi pada organ-organ tubuh). Konsumsilah sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter, umumnya diminum sekali dalam sehari setelah makan untuk menghindari munculnya rasa tidak nyaman pada perut. 


Jadwalkan konsumsi Ketoconazole tablet dengan waktu yang sama untuk menjaga kadar obat dalam tubuh sehingga meningkatkan efektivitasnya. Apabila ingin mengonsumsi antasida, sebaiknya berikan jeda 2 jam sebelum atau 1 jam setelah konsumsi Ketoconazole karena dapat mengganggu penyerapan obat.

Ketoconazole krim 


Ketoconazole dalam bentuk krim  hanya boleh digunakan pada kulit. Hindari penggunaan pada mata, hidung, mulut, atau kulit yang mengalami luka. Sebelum menggunakan, bersihkan dan keringkan kulit terlebih dahulu. 


Oleskan krim secukupnya pada kulit yang terinfeksi dan daerah sekitarnya. Cuci tangan setelah mengaplikasikan krim dan jangan menutup atau membalut area tersebut kecuali jika diarahkan dokter.

Ketoconazole shampoo


busakan sampo dan ratakan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tunggu selama 5 menit sebelum membilas. Jika tidak sengaja terkena mata, segera bilas menggunakan air bersih.


Ketoconazole, baik tablet, krim, maupun sampo, harus digunakan sesuai dengan waktu dan dosis yang dianjurkan dokter. Penghentian penggunaan Ketoconazole sebelum waktu yang ditentukan, meskipun gejala sudah hilang, dapat menyebabkan kambuhnya infeksi jamur.

Efek Samping


Penggunaan obat luar Ketoconazole (krim/sampo) dapat menimbulkan efek samping berupa rasa tersengat, pembengkakan, iritasi, atau kemerahan. Sementara itu, obat telan Ketoconazole dapat menimbulkan mual dan muntah. 


Meskipun jarang, Ketoconazole juga dapat menimbulkan efek samping serius seperti sakit kepala, gangguan penglihatan, perubahan mental atau perasaan, gangguan fungsi kelenjar adrenal, dan berkurangnya produksi testosteron yang dapat mengakibatkan gangguan fungsi seksual, terutama pada penggunaan dosis tinggi. 

Segera pergi ke dokter apabila timbul gejala berat ataupun gejala ringan yang muncul secara terus-menerus.

Peringatan


Sebelum menggunakan Ketoconazole, beri tahu dokter mengenai kondisi kesehatan Anda seperti riwayat alergi, riwayat kesehatan (terutama riwayat gangguan organ hati, kelenjar adrenal, penurunan produksi asam lambung, dan gangguan irama jantung), obat-obatan yang sedang dikonsumsi,  dan apakah Anda sedang hamil atau menyusui. 


Apabila Anda memiliki riwayat alergi obat-obatan antijamur golongan azol seperti itrakonazol dan flukonazol, sebaiknya hindari penggunaan Ketoconazole. Ketoconazole dapat menyebabkan gangguan hati sehingga sebaiknya hindari konsumsi alkohol selama mengonsumsi Ketoconazole. Selain itu, obat ini hanya boleh dikonsumsi pada kondisi hamil jika sangat dibutuhkan.


Referensi:

  1. Ketoconazole cream [internet]. WebMD; [cited 2020 Nov 25]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75147-1052/ketoconazole-topical/ketoconazole-cream-topical/details 

  2. Ketoconazole [internet]. WebMD; [cited 2020 Nov 25]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-11593/ketoconazole-oral/details 

  3. Ketoconazole [internet]. BPOM RI; [cited 2020 Nov 25]. Available from: http://pionas.pom.go.id/monografi/Ketoconazole

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami