Bantuan

Obat

Imanitib

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Imanitib

Nama Dagang: Glivec, Leukivec, Nivec, Imasoniib

 

Imatinib digunakan untuk mengobati beberapa jenis leukemia (kanker yang dimulai pada sel darah putih) dan kanker serta gangguan sel darah lainnya. Imatinib juga digunakan untuk mengobati beberapa jenis tumor stroma gastrointestinal (GIST; sejenis tumor yang tumbuh di dinding saluran pencernaan dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh). Imatinib juga digunakan untuk mengobati dermatofibrosarkoma protuberans (tumor yang terbentuk di bawah lapisan atas kulit) ketika tumor tidak dapat diangkat melalui pembedahan, telah menyebar ke bagian tubuh lain, atau muncul kembali setelah operasi. Imatinib termasuk dalam kelas obat yang disebut inhibitor kinase. Ia bekerja dengan menghalangi aksi protein abnormal yang memberi sinyal sel kanker untuk berkembang biak. Ini membantu menghentikan penyebaran sel kanker.



Golongan : Penghambat protein kinase

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mengobati kanker darah, leukemia, tumor gastrointestinal

Bentuk : Tablet dan kapsul

Dikonsumsi oleh : Dewasa dan anak-anak



Obat ini digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu (seperti leukemia limfoblastik akut, leukemia mieloid kronis, tumor stroma gastrointestinal, dan penyakit mielodisplastik/mieloproliferatif). Ia bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Imatinib juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem kekebalan tertentu (seperti mastositosis sistemik agresif, sindrom hipereosinofilik).

Peringatan

Sebelum mengonsumsi imatinib, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya atau alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama  masalah pendarahan, masalah jantung (seperti gagal jantung), penyakit ginjal, penyakit hati, atau pengangkatan kelenjar tiroid.

 

Obat ini dapat membuat Anda pusing atau mengantuk atau mengaburkan penglihatan Anda. Alkohol atau ganja (ganja) bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan atau penglihatan yang jelas sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan mariyuana (ganja).

 

Imatinib dapat membuat Anda lebih mungkin terkena infeksi atau memperburuk infeksi saat ini. Hindari kontak dengan orang yang memiliki infeksi yang dapat menular ke orang lain (seperti cacar air, campak, dan flu). Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda telah terkena infeksi atau untuk lebih jelasnya.

 

Tidak melakukan imunisasi/vaksinasi tanpa persetujuan dokter. Hindari kontak dengan orang yang baru saja menerima vaksin hidup (seperti vaksin flu yang dihirup melalui hidung).

Untuk mengurangi kemungkinan terpotong, memar, atau terluka, berhati-hatilah dengan benda tajam seperti pisau cukur dan gunting kuku, dan hindari aktivitas seperti olahraga kontak.

 

Sebelum menjalani operasi, informasikan dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas, dan produk herbal).

 

Obat ini dapat memperlambat pertumbuhan anak. Efek pada tinggi dewasa akhir tidak diketahui. Temui dokter secara teratur agar tinggi dan berat badan anak Anda dapat diperiksa.

 

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama pembengkakan (edema).

 

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menangani obat ini atau menghirup debu dari tablet.

 

Informasikan dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Anda tidak boleh hamil saat menggunakan imatinib. Imatinib dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk rincian lebih lanjut dan untuk mendiskusikan penggunaan bentuk pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan saat menggunakan obat ini dan selama 2 minggu setelah menghentikan pengobatan. Jika Anda hamil saat menggunakan imatinib, bicarakan dengan dokter Anda segera tentang risiko dan manfaat obat ini.

 

Obat ini masuk ke dalam ASI. Karena kemungkinan risiko pada bayi, menyusui tidak dianjurkan selama pengobatan dan selama 1 bulan setelah dosis terakhir Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda dan baca semua panduan pengobatan atau lembar instruksi. Gunakan obat persis seperti yang diarahkan.

 

Ambil imatinib dengan makanan dan segelas besar air. Jangan mengambil imatinib dengan perut kosong.

 

Jika Anda tidak dapat menelan tablet utuh, Anda dapat melarutkannya dalam segelas air atau jus apel untuk membuat pil lebih mudah ditelan. Gunakan sekitar 2 ons cairan untuk setiap tablet 100 miligram, atau 7 ons cairan untuk setiap tablet 400 miligram. Aduk campuran dan minum semuanya segera.

 

Jangan gunakan tablet yang rusak. Obat dari pil yang pecah bisa berbahaya jika masuk ke mulut, mata, hidung, atau kulit Anda. Jika ini terjadi, cuci kulit Anda dengan sabun dan air atau bilas mata Anda dengan air. Tanyakan apoteker Anda bagaimana cara membuang pil yang rusak dengan aman.

 

Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut dengan makanan dan segelas penuh air (8 ons/240 mililiter) seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali atau dua kali sehari. Jangan menghancurkan tablet. Jika Anda kesulitan menelan seluruh tablet, Anda dapat melarutkan tablet dalam segelas air atau jus apel. Jumlah cairan akan tergantung pada dosis Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda untuk petunjuk lebih rinci. Aduk campuran dengan baik sampai tablet larut, dan minum segera.

 

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, respons terhadap pengobatan, dan obat lain yang mungkin Anda pakai. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas, dan produk herbal). Untuk anak-anak, dosisnya juga disesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

 

Hindari makan jeruk bali atau minum jus jeruk bali saat menggunakan obat ini kecuali dokter atau apoteker Anda mengatakan bahwa Anda boleh melakukannya dengan aman. Grapefruit dapat meningkatkan kemungkinan efek samping dengan obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping Anda akan meningkat.

 

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menangani obat ini atau menghirup debu dari tablet.



Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari anak anak dan hewan peliharaan.

 

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika sudah kadaluarsa atau tidak lagi dibutuhkan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat.




Kontraindikasi

Jangan gunakan imatinib jika Anda sedang hamil. Ini dapat membahayakan bayi yang belum lahir atau menyebabkan cacat lahir. Gunakan alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan saat Anda menggunakan imatinib dan setidaknya 14 hari setelah dosis terakhir Anda.

 

Jangan menyusui bayi saat Anda menggunakan obat ini dan setidaknya 1 bulan setelah dosis terakhir Anda.

 

Efek Samping

Sakit perut, mual/muntah, diare, sakit kepala, nyeri otot/sendi, kram otot, pusing, penglihatan kabur, atau mengantuk dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Orang yang menggunakan obat ini mungkin memiliki efek samping yang serius. Namun, dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Pemantauan yang cermat oleh dokter Anda dapat mengurangi risiko Anda.

 

Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk mudah memar/berdarah, kelelahan yang tidak biasa, kenaikan berat badan yang tiba-tiba/tidak dapat dijelaskan, pembengkakan tangan/pergelangan kaki/kaki/perut, pembengkakan di sekitar mata, sesak napas, detak jantung yang cepat, feses berwarna hitam/berdarah, muntah seperti ampas kopi, dan gejala penyakit liver (seperti mual/muntah yang tidak berhenti, kehilangan nafsu makan, sakit perut/perut, mata/kulit menguning, urin berwarna gelap).

 

Obat ini dapat menurunkan kemampuan Anda untuk melawan infeksi. Ini mungkin membuat Anda lebih mungkin terkena infeksi serius atau memperburuk infeksi yang Anda alami. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi (seperti sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang, demam, kedinginan).

 

Imatinib terkadang menyebabkan efek samping karena penghancuran sel kanker yang cepat yaitu sindrom lisis tumor. Untuk menurunkan risiko Anda, minum banyak cairan kecuali dokter Anda mengarahkan Anda sebaliknya. Juga, dokter Anda mungkin meresepkan obat tambahan. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala seperti nyeri punggung/pinggang (nyeri pinggang), tanda-tanda masalah ginjal (seperti buang air kecil yang menyakitkan, urin berwarna merah muda/berdarah, perubahan jumlah urin), dan kejang/kelemahan otot.

 

Imatinib biasanya dapat menyebabkan ruam yang biasanya tidak serius. Namun, Anda mungkin tidak dapat membedakannya dari ruam langka yang bisa menjadi tanda reaksi parah. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami ruam.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

1.         Imatinib: MedlinePlus Drug Information [Internet]. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a606018.html

2.         Imatinib Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-20983/imatinib-oral/details

3.         Imatinib Uses, Side Effects & Warnings [Internet]. Drugs.com. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://www.drugs.com/mtm/imatinib.html

Bagikan artikel ini